Pentingnya Sistem Pengereman Darurat Otomatis: Mengurangi Tabrakan 43 Persen!

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/12/03/Ay6TmsFs/302959bf-forward-collision-warning-1-768×576-5dd8.jpg”>

Dalam penelitian terbaru, Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya memeriksa seberapa efektif peringatan tabrakan depan dengan sistem pengereman darurat otomatis. Hasilnya cukup mengesankan karena mereka menunjukan teknologi secara drastis dapat mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi setiap tahun.

Sementara penelitian terbaru melihat pada kendaraan General Motors keluaran 2013 hingga 2015, penelitian tersebut menemukan model yang dilengkapi dengan sistem peringatan tabrakan depan dengan fungsi pengereman darurat otomatis mengalami 43 persen lebih sedikit tabrakan depan-ke-belakang dibandingkan tanpa teknologi tersebut.

Kurangnya angka kecelakaan dengan dan tanpa teknologi pengereman otomatis

Pasalnya, ketika terjadi tabrakan dari depan ke belakang yang mampu mengakibatkan cedera bagi pengemudi, kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi ini mampu 64 persen lebih baik dibandingkan mobil tanpa teknologi tersebut.

Bahkan model yang lebih mendasar, dengan hanya sistem peringatan tabrakan depan atau tanpa pengereman otomatis, secara signifikan lebih baik daripada kendaraan tanpa teknologi. Dengan teknologi tersebut, tabrakan depan-ke-belakang turun 17 persen, sementara tabrakan depan-ke-belakang dengan cedera turun 30 persen.

Selain mengurangi jumlah kecelakaan secara keseluruhan, teknologi ini secara signifikan mengurangi tabrakan yang menyebabkan cedera. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa pengemudi telah diperingatkan tentang kemungkinan tabrakan dan bisa memperlambat sehingga bisa menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi.

Penelitian terbaru dibangun berdasarkan penelitian sebelumnya yang melihat kendaraan Acura, Mercedes-Benz, Subaru, Fiat Chrysler, Honda, dan Volvo. Dalam penelitian tersebut, sistem peringatan tabrakan depan dengan pengereman darurat otomatis mengurangi tabrakan depan-ke-belakang sebesar 50 persen, dan tabrakan depan-ke-belakang yang melibatkan cedera turun 56 persen.

Sistem pengereman darurat otomatis pada dasbor mobil

Sebagaimana diungkapkan oleh penulis penelitian tersebut, Jessica Cicchino, “Bukti telah menunjukkan bahwa pencegahan tabrakan depan bekerja, dan itu bekerja lebih baik ketika itu tidak hanya bergantung pada respons dari pengemudi.”

Meskipun sistem pengereman darurat otomatis sudah menjadi standar teknologi pada banyak kendaraan, namun masih banyak yang belum menggunakannya. Namun semua itu akan berubah pada September 2022 karena 20 pembuat mobil berjanji untuk membuat teknologi ini standar pada hampir setiap kendaraan baru yang mereka jual.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”