Penyebab CVT Skutik Overheat Saat Dipaksa Nanjak

ulinulin.com – >

SEMARANG, KOMPAS.com – Meski nyaman digunakan, namun tak jarang pemilik sepeda motor matik alias skutik juga mengalami masalah.

Contoh kasus seperti skutik yang terasa berat atau bahkan tak kuat saat diajak melintasi jalan menanjak dan turunan curam.

Dampak dari memaksakan skutik melintasi jalan ekstrem, girboks bahkan sampai ada yang rusak hingga keluar asap atau overheat.

Banyak pengguna skutik akhirnya bertanya-tanya apakah harus ganti komponen transmisi jika hal itu terjadi?

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, asap yang keluar dari girboks skutik sumbernya dari kampas kopling ganda matik yang terbakar.

“Kampas kopling matik tugasnya menyalurkan tenaga mesin sampai roda, karena beban berat malah selip dan hangus. Jika terus dipaksa nanjak kampas bisa habis dan kendaraan mogok,” kata Nurhadi kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Nekat membiarkan kampas kopling matik menipis dampaknya bertambah buruk. Konsekuensi nomor satu menurut Nurhadi, komponen v-belt jadi gampang selip dan tenaga makin loyo.

Bila sudah demikian, tentu pemilik bakal mengalami kerugian yang cukup besar lantaran biaya perbaikan yang membengkak.

“Jika sejak awal tanjakan terasa kedodoran, mending penumpang diturunkan. Asap ngebul dari transmisi menandakan adanya komponen yang terkikis. Performa yang turun signifikan menandakan bahwa kerusakan terlanjur parah,” kata dia.

Untuk itu, Nurhadi mengingatkan, jika skutik menunjukkan gejala kesulitan menanjak jangan sampai dipaksa.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”