Perhatikan 4 Aspek Penting Perawatan Ban Mobil!

ulinulin.com – Mobil dengan mesin yang tangguh dan canggih akan terasa sia-sia jika tidak diseimbangi dengan kondisi ban yang prima. Ban merupakan aspek penting dalam menggerakkan mobil Anda, untuk itu, jika ban mobil Anda sudah menunjukkan kondisi tidak baik sebaiknya diganti saja. Namun, umur ban mobil sebenarnya bergantung pada cara merawat dan mengemudi Anda lho.

Cara merawat ban mobil yang baik bukan hanya bagus untuk dompet Anda, tetapi juga pengalaman berkendara Anda. Bayangkan jika Anda hendak keluar kota dengan mobil lalu mengalami hal-hal yang mengganggu seperti setir yang tidak balance dan oleng pada jalan yang licin karena ban gundul. Sudah berbahaya, tidak nyaman pula.

Untuk itu, yuk simak 4 aspek penting perawatan ban mobil berikut :

Rotasi Ban

Terdengar sepele dan sering terlupakan, namun sebenarnya angka rotasi ban sangatlah penting untuk diperhatikan. Pada dasarnya, semakin sering roda berputar dan melewati jalan, semakin terkikis karet yang ada pada ban. Pengecekan rotasi ban pun penting untuk menyamaratakan tingkat keausan pada tiap ban.

Umumnya, pengecekan rotasi ban bisa dilakukan setiap 5000 – 10.000KM di bengkel atau toko ban mobil. Selain itu, Anda juga perlu tahu apakah tipe ban mobil Anda uni-direction atau bi-direction, karena setiap jenis ban mobil memiliki arah rotasi dan cara perawatan yang berbeda.

Kondisi Angin

Ah, belom kempes-kempes amat. Aman ini dia! — salah satu ungkapan yang salah. Kondisi angin yang kurang selain menguras BBM dan memberatkan laju mobil, juga bisa mengikis umur ban secara perlahan. Selain, ban mobil yang kurang angin / kempes bisa mengakibatkan overheat pada ban yang bisa berujung pada pecah ban. Berbahaya bukan? Untuk itu, khususnya Anda yang akan bepergian jauh, selalu cek kondisi angin pada ban mobil untuk memperlama umur ban tersebut.

Spooring dan Balancing

Pernah merasakan setir atau jok Anda bergetar ketika berkendara? Itu pertanda ban mobil Anda sudah tidak balance. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Anda harus segera ke bengkel untuk balancing. Pada proses balancing, velg ban mobil akan diberi tambahan beban (timah) agar tidak timpang antar satu ban dengan yang lainnya. Balancing penting untuk menghindari kerusakan pada bearing dan shockbreaker akibat dari ban yang sudah tidak seimbang.

Sedangkan jika mobil Anda sudah terasa berat sebelah (oleng ke kanan atau kiri), maka Anda perlu service spooring. Pada proses spooring, ban mobil akan diatur agar tetap tegak lurus sehingga tidak mengacaukan orientasi stir. Seperti pengecekan rotasi ban, kedua proses ini sebaiknya dilakukan setiap 5000 – 10.000KM.

Cara Mengemudi

Salah satu aspek yang paling penting dalam perawatan ban mobil adalah cara Anda mengemudikan mobil Anda. Cara mengemudi yang ekstrim dan tidak beraturan (permainan gas yang tidak halus, manuver tajam pada akselerasi tinggi, serta mengemudi di jalur yang tidak seharusnya) akan menuakan umur ban mobil dengan cepat. Untuk itu, agar kondisi ban mobil Anda tetap terjaga, Anda juga harus memperhatikan gaya mengemudi Anda.

4 Aspek penting perawatan ban mobil di atas meski seringkali luput dari ingatan, ternyata berperan besar dalam menjaga kondisi ban mobil. Memang kelihatannya sulit untuk dilakukan secara rutin, tetapi di akhir Anda akan merasa bersyukur karena perawatan mobil di atas bisa memangkas pengeluaran Anda. Siapa tahu uang Anda bisa dikumpulkan untuk upgrade mobil Anda dengan mobil second yang ada di Momobil.Id bukan?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”