Perlukah Menyewa Jasa Career Coach? Ini Tanda-tandanya

ulinulin.com – Semakin hari, kamu mungkin merasa semakin sulit untuk mengembangkan karier. Kamu merasa ingin membicarakannya dengan orang yang ahli. Akan tetapi, perlukah kamu menyewa jasa career coach untuk hal ini?

Career coach adalah adalah seorang profesional yang membantu pekerja dan pencari kerja untuk mengembangkan kariernya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Perlukah Berkonsultasi dengan Career Coach?

Menurut Vicki Salemi, seorang career coach yang dilansir oleh Business News Daily, waktu yang tepat untuk mulai berkonsultasi dengan seorang career coach adalah saat kamu belum benar-benar membutuhkannya.

Sementara itu, Bustle menyebutkan ada beberapa tanda-tanda kamu membutuhkan career coach.

1. Kamu tidak merasa puas dengan pekerjaanmu saat ini

© moneycrashers.com

Tanda paling jelas untuk diperhatikan saat bertanya perlukah jasa career coach adalah ketika kamu tidak merasa puas dengan pekerjaan saat ini.

Kamu mungkin bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan baik. Mungkin pula kamu memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasanmu. Akan tetapi, kamu merasa tidak nyaman dengan pekerjaanmu tersebut.

Jika kamu merasakan hal ini dan merasa tidak bisa mendiskusikannya dengan atasan, mungkin saran dari seorang career coach dapat membantumu.

Baca Juga: Work Life Balance, Saat Urusan Kehidupan dan Pekerjaan Terpenuhi

2. Kamu terpaksa bekerja di posisi yang tidak kamu inginkan

© spin.atomicobject.com

Pertanda kedua kamu memerlukan career coach adalah ketika terpaksa menerima pekerjaan yang sebenarnya tidak diinginkan.

Mungkin pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Akan tetapi, kamu tetap mengambil pekerjaan tersebut karena berbagai alasan.

Jika kamu ingin mengubah arah kariermu sesuai dengan apa yang diinginkan, kamu bisa berkonsultasi dengan career coach terlebih dahulu.

3. Kamu merasa perkembangan kariermu saat ini terhambat

© Freepik.com

Ketika bertanya perlukah career coach kepada diri, kamu harus memperhatikan tanda berikut ini.

Kamu merasa kariermu saat ini tidak berkembang. Kamu merasa harusnya saat ini kamu telah mendapatkan promosi. Akan tetapi, nyatanya kariermu tidak berkembang sesuai dengan harapanmu.

Oleh karena itu, kamu ingin mengubah arah karier atau membawa kariermu ke tingkat berikutnya. Sayangnya, kamu tidak tahu harus mulai dari mana atau bagaimana mewujudkannya.

Saat itulah kamu membutuhkan career coach. Career coach akan membantumu membuat rencana pengembangan karier sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Bekerja Sesuai Passion atau Gaji Besar?

4. Kamu memiliki banyak keinginan perihal karier

© Freepik.com

Apakah kamu adalah orang yang memiliki passion di banyak hal? Jika ya, tentu kamu merasa sedikit kebingungan menentukan arah karier.

Hal ini dikarenakan kamu memiliki banyak keinginan di dalam karier. Kamu ingin mencoba banyak hal sehingga akhirnya karier malah tidak berkembang.

Career coach akan membantu untuk menganalisis berbagai passion yang kamu miliki untuk membuat rencana karier yang efektif untukmu.

5. Kamu sudah cukup lama menganggur

© Pexels.com

Kamu sudah melamar kerja ke berbagai tempat, melalui berbagai job portal. Akan tetapi, kamu tetap belum mendapatkan pekerjaan.

Jika kamu mengalami hal ini, kamu bisa menggunakan jasa seorang career coach. Career coach akan membantumu mempersiapkan diri untuk melamar kerja.

Hal tersebut meliputi penulisan CV, cover letter, portofolio, hingga pelatihan untuk interview kerja.

Menggunakan jasa career coach akan membantu menemukan arah karier dan mengembangkannya sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.

Baca Juga: Menganggur Akibat Virus Corona? 6 Hal Ini Bisa Membuatmu Tetap Produktif

Itulah sejumlah tanda yang harus diperhatikan saat bertanya perlukah jasa career coach.

Jika kamu memiliki budget dan ingin mendapatkan saran profesional mengenai karier, kamu bisa menemui career coach.

Di luar itu, kamu bisa membaca berbagai informasi dan tips seputar karier dari Glints.

Setiap minggunya, Glints akan mengirimkan berbagai artikel pilihan seputar dunia kerja langsung ke inbox-mu.

Yuk, sign up dan dapatkan newsletter dari Glints!

Sumber

    Should You Hire a Career Coach?

    15 Signs You Need A Career Coach, According To Experts

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”