Pesawat Korean Air Tergelincir di Filipina, Bandara Internasional Cebu Ditutup

ulinulin.com – Pesawat Korean Air dengan nomor penerbangan KE631 tergelincir di landasan pacu saat mendarat di bandara internasional Cebu, Filipina , Minggu (23/10/2022).

Insiden ini menyebabkan luka ringan, kemudian otoritas setempat menutup bandara tersibuk kedua di Filipina itu

Semua 173 penumpang dan awak penerbangan Korean Air KE631 dari Incheon, Korea Selatan, dievakuasi dengan selamat setelah pesawat Airbus A330 tergelincir di landasan pacu pada Minggu, kata laporan Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP) dikutip dari kantor berita AFP.

Para korban luka ringan dirawat di klinik bandara.

Asisten manajer umum bandara Glenn Napuli pada Senin (24/10/2022) mengatakan, bandara akan ditutup hingga tengah malam dan pihak berwenang berupaya dapat menyelesaikan pekerjaannya hari ini.

“Kami berharap besok kami bisa mengeluarkan pesawat itu,” kata Napuli di konferensi pers.

Investigasi sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu, lanjut Napuli.

Presiden Korean Air Woo Kee-hong meminta maaf atas insiden tersebut dan berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh oleh otoritas Filipina dan Korea.

“Kami selalu memprioritaskan keselamatan dalam semua operasi kami, dan kami benar-benar menyesali stres serta ketidaknyamanan yang dialami penumpang kami,” kata Woo di situs web perusahaan.

Sebelumnya pada 2018, pesawat Xiamen Airline tergelincir dari landasan pacu di bandara Manila, memaksa lebih dari seratus pembatalan penerbangan hingga pesawat China itu ditarik dari lumpur setelah lebih dari sehari.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”