Pesona Curug Naga, Menikmati Sensasi & Serunya Body Rafting di Bogor

ulinulin.com – Mau liburan menantang tidak hanya sekedar menonton pemandangan? Curug Naga Bogor ini pilihannya. Curug artinya dalam Bahasa Sunda yaitu air terjun. Mendatangi air terjun ini wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan kegiatan berenang dan bermain air tapi juga permainan seru Body rafting.

Kegiatan Body rafting memang menjadi favorit pengunjung yang datang ke curug cantik ini. Kompleks air terjun ini punya air terjun lain yang masih berada di satu kawasan yaitu Air Terjun Panjang, Air Terjun Bulao, Air Terjun Orok dan Air Terjun Periuk.

Banyak aktivitas seru alam yang bisa dilakukan oleh wisatawan, untuk mencapai lokasi Curug Naga pun terbilang sangat mudah karena destinasi ini sangat terkenal di Kota Bogor. Bagaimana tertarik untuk mendatangi curug indah ini. Sebelum itu simak ulasannya berikut ini

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Naga

1. Pesona Curug Naga

Curug setinggi 28 meter ini punya kedalaman kolam penampungan sampai 12 meter yang diapit oleh tebing-tebing yang tinggi. Tebing ini jadi tempat favorit pengunjung untuk melakukan loncatan bebas ke air. Free Falling atau terjun bebas dilakukan dari ketinggian sekitar 7-8 meter.

Air di curug eksotis ini merupakan aliran dari Sungai Cirangrang. Kondisi airnya sangat jernih, bersih dan juga menyegarkan. Warna airnya hijau kebiruan, saking jernihnya pengunjung bisa langsung melihat dasar kolam. Debit airnya pun sangat deras diselimuti rimbunnya pepohonan membuat hawa lingkungan di sana menjadi sejuk dan menenangkan.

2. Pepohonan yang Lebat

Area sekitar Curug ditutup dengan rimbunya pepohonan, pengunjung yang datang harus dibantu dengan jasa pemandu untuk bisa menemukan spot curug cantik ini. Sebelum sampai ke lokasi biasanya pengunjung akan diajak untuk jalan kaki menyusuri hutan yang jalannya belum rata.

3. Body Rafting

Daya tarik utama dari Curug Naga adalah paket kegiatan body rafting. Kegiatan ini berupa mengarungi sungai dengan aliran yang deras menggunakan tubuh secara langsung. Kegiatan susur sungai tentunya akan dipandu oleh orang yang sudah pengalaman.

Pengunjung juga akan diberikan fasilitas keamanan seperti pelampung jaket dan helm. Rangkaian body rafting ini akan memberikan pengalaman liburan yang seru dan penuh tantangan.

4. Body Jumping

Setelah susur sungai dan sampai di area curug menawan ini pengunjung bisa bermain air dengan cara body jumping atau melompat dari atas tebing menuju kolam. Kedalaman kolam yaitu 12 meter cukup dalam dan asik dijadikan tempat untuk meloncat.

5. Camping Ground

Satu paket wisata Curug Naga nan indah ini juga menawarkan kegiatan camping. Ada camping ground yang disediakan oleh pihak pengelola. Kegiatan camping ground akan semakin seru bila dilakukan ramai-ramai bersama keluarga. Ada berbagai paket perjalanan camping yang bisa dipilih oleh pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Curug Naga lokasinya sangat unik karena untuk bisa sampai ke air terjun ini harus melalui curug lain terlebih dahulu. Secara administrasi air terjun ini berada dalam satu kompleks dengan 4 air terjun lain yang berlokasi di Desa Citamiang, daerah Kecamatan Megamendung, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rute untuk menuju curug indah ini jika dari Ciawi langsung menuju Puncak, setelah itu ketemu Masjid Megamendung ambil belokan kiri. 2 KM dari sebuah papan arah jalan kemudian bawa kendaraan menuju pintu gerbang curug.

Butuh waktu 1.5 jam perjalanan bila menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan bila pengunjung berasal dari Jakarta bisa naik KRL kemudian turun di Bogor dan melanjutkan perjalanan ke curug dengan naik angkot. Sopir angkot di Bogor sudah tau rute menuju curug eksotis ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk untuk bisa sampai ke Curug Naga pengujung harus melakukan reservasi terlebih dahulu kemudian bisa memilih paket perjalanan yang diinginkan. Ada banyak jenis paket perjalanan dengan harga yang bervariasi pula.

Meskipun buka setiap hari namun pengujung tidak bisa langsung kesana karena mengingat kondisi medan curug yang masih tersembunyi dan perlu ada pendampingan untuk sampai kesana.

Paket perjalanan yang disediakan pihak pengelola antara lain:

    Paket Naga Tipe 4 sebesar Rp. Rp. 145.000/ orang minimal reservasi untuk 5 orang. Tempat yang dikunjungi yaitu Curug Priuk, Naga dan Barong.

    Paket Naga tipe B harga tiketnya Rp. Rp. 130.000,- per orang minimal rombongan 5 orang dengan tempat tujuan air terjun Naga dan Baron.

    Paket Naga Tipe C harga tiketnya Rp. 90.000,- per orang dengan minimal peserta 5-10 orang, tipe ini berupa tracking di Curug Barong saja.

    Paket Naga Tipe D harga tiketnya Rp. 160.000,- per orang dengan minimal peserta 10 orang, tempat yang dikunjungi Naga dan Barong plus mendapatkan 1x makan.

Semakin banyak rombongan maka harga tiket masuknya menjadi lebih murah selain itu tempat yang bisa dikunjungi pun menjadi lebih banyak dengan begitu kegiatan yang bisa dilakukan juga semakin seru.

Sedangkan harga tiket masuk untuk pengunjung yang ingin sekalian camping di Curug Naga sebesar Rp 375.000,- dengan fasilitas yang akan didapat berupa tempat camping ground, tracking di 3 curug, makan sebanyak 3x dan 1 kali snack time, fasilitas keamanan serta pemandu. Minimal untuk bisa camping ground ini 5 orang. Harga tiket sudah termasuk dengan biaya asuransi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Naga

1. Body Rafting di Curug Priuk

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama berada di Curug Naga ini merupakan satu rangkaian perjalanan yang bisa dirasakan oleh pengujung. Pertama setelah melakukan persiapan memakai alat pengaman, pemanasan dan briefing pengunjung akan memulai dengan body rafting di Curug Priuk.

Curug Priuk bentuknya seperti centong nasi dengan tinggi 5 meter. Airnya berwarna hijau dengan arus yang cukup deras. Pengunjung akan berjalan menuruni bukit setelah 100 meter sudah sampai di Curug Priuk.

Di Curug Priuk pengunjung bisa bersantai terlebih dahulu dengan free jamping namun tidak boleh mendekati palungnya karena palung Curug Priuk punya arus balik yang cukup kuat.

2. Menyusuri Sungai untuk Sampai Curug Naga

Setelah puas berada di Curug Priuk kemudian pengunjung dipandu untuk susur sungai supaya sampai ke Curug. Arus dari sungai akan membawa badan meluncur melewati bebatuan yang ada. Setelah sampai di titik pemberhentian kemudian peserta akan diajak menepi untuk kembali melakukan perjalanan naik bukit.

Bukit yang akan dilalui punya kondisi bebatuan yang cukup licin sehingga pengujung perlu melewatinya dengan bantuan tali. Diperlukan kerjasama antar pengunjung disini supaya tidak jatuh dan terpeleset. Setelah melalui jalur tebing yang mendebarkan pengunjung akan disambut dengan keindahan curug yang ada dibawahnya.

3. Free Jumping, Renang, dan Main Air

Setelah sampai di curug kedua yaitu Curug Naga peserta boleh melakukan lompatan dari tebing, berenang, menyelam, dan main air disini. Keindahan curug akan membuat peserta melupakan ekstrimnya perjalanan naik turun bukit tadi.

4. Lanjut Perjalanan Menuju Curug Baron

Curug Barong letaknya lebih tersembunyi dibandingkan dua curug lain. Curug ini punya kondisi lingkungan yang lebih tenang dan hijau karena pada tebingnya ditutupi dengan vegetasi liar. Tinggi air terjun adalah 20 meter. Suhu di Curug Baron juga lebih dingin karena adanya tetesan air alami dari akar pepohonan.

Dari Curug Naga pengujung harus kembali melanjutkan perjalanan menyusuri sungai yang punya kedalaman lebih tinggi. Arus sungainya juga lebih deras sehingga pengujung harus terus berpegangan pada tali yang sudah disediakan setelah susur sungai kemudian menepi untuk melalui jalan setapak.

Jalur setapaknya tidak terlalu licin dan curam namun pengujung harus tetap berhati-hati supaya tidak jatuh terpeleset. Setelah melalui jalur kurang lebih 100 meter kemudian dilanjutkan dengan susur sungai kembali sampai ke Curug Baron. Rangkaian kegiatan selama di curug ditutup di Curug Baron ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas umum yang disediakan pihak pengelola Curug Naga, ada area parkir yang aman bisa juga untuk menitip kendaraan bagi pengunjung yang sedang camping. Warung makanan dan minuman di area dekat pintu masuk yang menyediakan makanan berat dan snack.

Ada pula fasilitas Kamar mandi umum sebagai tempat buang air, mandi dan ganti baju. Lalu ada pula penyewaan pelampung dan peralatan rafting (jika memilih paket body rafting dan trekking sudah disediakan fasilitas secara gratis).

Camping ground juga tersedia disini, paket camping pun sudah dilengkapi dengan fasilitas makanan. Camping dilakukan selama 2 hari 1 malam. Fasilitas yang paling penting di curug cantik ini adalah adanya pemandu dan juga tim keselamatan.

Demikian ulasan mengenai Curug Naga, paket perjalanan alam di suatu kawasan yang mempesona, lengkap dan tentunya memacu adrenalin. Sekali melakukan perjalanan 3 curug didatangi. Perjalanan alam ini cocok dilakukan untuk pengunjung yang ingin berlibur di alam dengan suasana yang berbeda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”