PHK di Mana-Mana, Philips Pangkas 4.000 Pekerja

ulinulin.com – Pemutusan hubungan kerja (PHK) terus terjadi di sejumlah perusahaan besar dunia. Terbaru adalah produsen perangkat medis Belanda, Philips.

Dalam pengumuman Senin (24/10/2022), perusahaan mengaku akan memangkas 4.000 pekerja. Produk respiratornya yang gagal di pasar menjadi penyebab perusahaan mengalami kerugian.

“Penghapusan 1,3 miliar euro (Rp 19 triliun) untuk mesin yang rusak mendorong perusahaan ke dalam kerugian bersih dengan jumlah yang sama,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dimuat AFP.

Ini menjadi hantaman baru untuk perusahaan yang sebelumnya bergerak di bidang elektronik konsumen tersebut. Philips sendiri, baru masuk ke medis selama 12 tahun.

“Prioritas langsungnya adalah … untuk meningkatkan eksekusi sehingga kami dapat mulai membangun kembali kepercayaan pasien, konsumen dan pelanggan, serta pemegang saham dan pemangku kepentingan kami yang lain,” tegas Kepala Eksekutif Roy Jakobs.

“Ini termasuk keputusan yang sulit tetapi perlu untuk segera mengurangi tenaga kerja kami, sekitar 4.000, secara global,” tambahnya.

Philips sendiri saat ini mempekerjakan hampir 80.000 orang. Mereka tersebar di 100 negara.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”