Pilihan Mobil Medium MPV: Hyundai H-1 2013 vs Nissan Serena 2013

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/18/radrgpyy/hyundai-h1-vs-nissan-serena-cfc4.jpg”>

Meski tidak sepopuler LMPV, segmen medium MPV juga memiliki daya Tarik tersendiri. Mekanisme pintu baris kedua sliding, yang dapat membantu saat berada di lahan parkir yang sempit menjadi poin yang patut diperhitungkan.

Ditambah lagi banyak pilihan medium MPV memiliki dimensi yang cukup besar, seperti Toyota Alphard, Hyundai H-1, VW Caravelle, dan Nissan Serena. Hal ini jelas memberi keleluasaan Anda dalam mengangkut keluarga dan barang-barang saat mengunjungi sanak saudara di kampung halaman.

Untuk Anda yang memiliki budget tidak lebih, atau maksimal 200 juta, kami memiliki dua pilihan medium MPV yang patut Anda pertimbangkan, dan menemani Anda sekeluarga berlebaran, Hyundai H-1 2013 vs Nissan Serena 2013.

Mana lebih bagus, simak komparasi pilihan medium MPV antara Hyundai H-1 2013 vs Nissan Serena 2013.

1. Eksterior

Hyundai mengusung desain sangat sederhana untuk H-1

Meski sama-sama bermain di kelas medium MPV, nyatanya kedua mobil mengusung desain eksterior yang berbeda. Hyundai H-1 mengusung desain sederhana namun elegan, terlihat dari tampilan fascia depan yang minim lekukan-lekukan tegas, membuatnya tampak minimalis.

Tampilan Nissan Serena C26 tampak lebih futuristik ketimbang Hyundai H-1

Di sisi lain, Nissan Serena 2013, yang merupakan generasi keempat MPV mewah lansiran Nissan itu mengusung desain eksterior lebih modern. Desain headlamp dibuat lebih berkelas, dengan grill yang terlihat semakin premium dengan balutan krom yang lebih dominan dari versi sebelumnya.

2. Interior

Masuk ke dalam mobil, desain interior H-1 sangat fungsional

Beralih ke bagian interior, Hyundai H-1 menawarkan fungsionalitas dashboard dengan panel yang tertata dan dikemas rapih dengan desain Convenient Control Centre. Di sisi lain, Serena menawarkan desain dashboard yang lebih futuristik dengan display yang lebih canggih ketimbang rivalnya yang asal Korea Selatan itu.

Di sisi lain, sentuhan futuristik juga ada di bagian dashboard Nissan Serena

H-1 memiliki tiga varian dengan peruntukan berbeda, varian XG difungsikan lebih seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 7 orang. Sementara itu, model Elegance dapat masuk 11 orang sehingga lebih menonjolkan fungsi komersial. Beda halnya dengan varian Royale, yang hanya memiliki kapasitas tamping tujuh orang demi ruang kabin lebih lega. Untuk varian XG dan Royale, kursi baris kedua dapat diputar 180 derajat.

Varian Elegance memiliki kursi empat baris, yang memungkinkan 12 orang masuk ke dalam mobil

Sementara itu, konfigurasi kursi mobil Serena tampak semeprti LMPV 7 seater, namun dengan ruang kabin yang lebih lega. Nissan juga mengadopsi konfigurasi kursi tengah yang cukup unik, smart multicenter seat. Fitur ini dapat mengubah kursi tengah baris kedua menjadi console box, ataupun handrest, bisa juga digeser ke depan sehingga sejajar dengan kursi depan.

3. Mesin

Untuk urusan dapur pacu, Hyundai H-1 unggul ketimbang Nissan Serena, pabrikan Korea Selatan itu memberikan dua opsi mesin, yakni mesin bensin berkapasitas 2.4 Liter dengan teknologi Multi Point Injection (MPI) serta mesin diesel berteknologi CRDi berkapasitas 2,5 liter.

Opsi mesin Hyundai H-1 juga lebih menjanjikan dengan adanya varian diesel

Sementara itu, Nissan Serena hanya memberikan satu opsi mesin, MR20 berkapasitas 1997 cc dengan tenaga maksimal 145 dk pada 5600 rpm, dan torsi 206Nm pada 4400 rpm.

4. Harga

Berdasarkan daftar listing Cintamobil.com, harga Hyundai H-1 2013 dibanderol antara 140-235 juta, dengan rata-rata harga berkisar antara 170-180 juta. Sementara itu, rentang harga Nissan Serena 2013 lebih luas, antara 105-225 juta, dengan rata-rata 160-180 juta. Tentu, kondisi mobil mempengaruhi harga jualnya.

5. Kesimpulan

Meski memiliki desain lebih sederhana, Hyundai H-1 punya segudang poin positif yang membuatnya lebih menarik untuk diboyong ketimbang Nissan Serena. Namun jika Anda hanya membutuhkan MPV besar dengan desain kekinian tanpa memikirkan opsi mesin dan fitur, Nissan Serena dapat dijadikan pilihan.

Namun, kami menyarankan Anda menyisihkan uang sekitar 15-20 juta untuk mengantisipasi perbaikan yang harus dilakukan pasca membeli mobil pilihan medium MPV Anda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”