Pintu Mobil Tidak Bisa Tertutup Rapat? Cek 3 Komponen Ini

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/18/ZXn5Pos1/pintu-mobil-tidak-bisa-tertutup-rapat-4-e67c.jpg”>

Memiliki mobil dengan usia lebih dari lima tahun memang mulai muncul berbagai permasalahan. Ini wajar mengingat usia komponen pada mobil rata-rata 5 tahun. Setelah itu harus ada perbaikan atau penggantian komponen.

Satu dari beberapa masalah yang muncul dari mobil-mobil yang sudah berusia lebih dari lima tahun adalah pintu mobil tidak bisa tertutup rapat. Kondisi pintu mobl seakan ada celah meskipun Anda sudah menutup pintu dengan cara dibanting.

Pintu mobil seolah mental saat sedang ditutup. Bahkan, tak jarang pintu mobil kembali terbuka saat sudah berhasil ditutup. Apabila hal tersebut terjadi, Anda harus segera memperbaikinya karena jika dibiarkan, pintu mobil tidak bisa tertutup rapat akan menimbulkan masalah baru pada komponen mobil lainnya.

Yuk baca sampai habis cara memperbaiki pintu mobil yang tidak bisa tertutup rapat berikut ini.

1. Door Lock

Door lock aus akibat usia mobil yang tidak lagi muda

Jika pintu mobil Anda sulit untuk ditutup rapat, coba periksa bagian door lock alias pengait dari pintu tersebut. Kemungkinan bagian ini sudah aus akibat usia mobil yang tidak lagi muda. Selain itu, besar kemungkinan door lock pintu mobil rusak karena dahulu Anda sering menutup pintu dengan cara membantingnya dengan keras.

Penyebab lainnya adalah adanya air yang masuk ke door lock. Saat mobil dicuci dengan tekanan air yang tinggi dan pintu tidak tertutup rapat, tentu bisa saja menyebabkan air masuk ke perangkat tersebut. Akibatnya, door lock akan mengering sehingga menjadi seret saat daun pintu ditutup

2. Engsel Pintu

Sering membiarkan pintu terbuka membuat engsel pintu turun

Pintu mobil tidak bisa tertutup rapat juga dapat disebabkan engsel pintu turun. Jika usia mobil sudah lebih dari lima tahun atau bahkan lebih dari sepuluh tahun, kondisi ini sangat mungkin terjadi. Hal tersebut karena pintu telah dibuka dan ditutup ratusan ribu kali.

Namun kalau hal ini terjadi pada mobil dengan usia relatif muda, kondisi engsel pintu turun karena kebiasaan pemilik mobil yang membiarkan pintu mobil terbuka dan menggantung terlalu lama. Bobot pintu akan membuat engsel pintu bergeser. Meskipun hanya seperempat atau setengah milimeter, jika daun pintu terlalu lama dibiarkan menggantung, pergeseran dan penurunan engsel akan bertambah.

3. Karet Pintu

Sebaiknya pakai karet pintu original biar presisi

Karet yang bergeser atau penggantian karet dengan ketebalan yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebab pintu mobil sulit tertutup dengan rapat. Persoalan karet pintu mengeras terjadi seiring dengan usia pakai mobil yang sudah di atas lima tahun.

Sebaiknya jika karet pintu sudah getas, ganti dengan karet pintu original sesuai tipe mobil. Hal ini untuk menghindari pintu mobil tidak bisa tertutup rapat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”