Alat"/> Plus Minus Cat Duco Untuk Mobil

Plus Minus Cat Duco Untuk Mobil

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/15/z4XgHune/0-1992.jpg”>

Alat yang digunakan terbilang sederhana dan bisa dibawa ke mana-mana

Bagi Anda yang tinggal di Ibukota dan pernah melewati kawasan Salemba, Jakarta Pusat, rasanya sudah tidak asing dengan sekumpulan orang berompi berderet di sepanjang bahu jalan sembari melambaikan tangan yang tengah membawa tulisan cat duco. Sebenarnya, mereka sedang jualan jasa seperti apa?

Sesuai dengan lokasi mangkal di pinggir jalan atau lahan kosong, bengkel cat duco menawarkan solusi kilat bagi pemilik mobil dengan keluhan ringan seperti baret atau penyok kecil. Peralatan mereka pun terbilang sederhana, tidak seperti ketika membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perawatan.

Istilah cat duco sendiri berasal dari produk pewarna dari DuPont. Berjenis nitrocellulose (NC), Duco juga digunakan sebagai cat finishing furnitur serta tembok rumah dengan metode penyemprotan beberapa lapis, sesuai dengan kebutuhan. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan cat duco pada mobil? Berikut beberapa di antaranya.

Plus: Lebih Cepat dan Murah

Cukup minggir di bawah pohon rindang, baret-baret pun hilang

Solusi cat duco bisa menjadi pilihan bagi pemilik mobil yang tengah diburu waktu dan tidak sempat mendatangi bengkel resmi. Waktu pengerjaanya sekitar dua hingga empat jam, tergantung seberapa besar kerusakan pada bodi. Hasil akhir metode cat duco bervariasi, tergantung orang yang mengerjakannya. Bila dikerjakan di bengkel pinggir jalan, tarifnya bisa lebih hemat, yakni Rp 150-250 ribuan tergantung luas area pengerjaan.

Minus: Gampang Pudar

Kualitasnya tidak sebaik pengerjaan di bengkel

Bahan NC terbilang gampang kering sehingga sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan bengkel kilat cat duco. Namun kualitasnya masih kalah dibanding bahan lainnya seperti polyurethan (PU), yang mampu mempertahankan warna lebih lama dibanding NC. Seperti disebutkan sebelumnya, perlu dilakukan pelapisan beberapa kali hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Pun demikian kiranya sebanding bila dibandingkan dengan menunggu waktu kering cat PU.

Itulah tadi plus minus cat duco untuk mobil. Setelah mengetahuinya, Anda tentu bisa menimbang-nimbang lagi, mau pengerjaan kilat nan murah tapi gampang pudar, atau menunggu di bengkel dengan tarif lebih untuk hasil lebih baik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”