Power Window Bermasalah, Cek Tiga Hal Ini

ulinulin.com

Cara kerja power window cukup sederhana, di mana sebuah motor dan regulator menggerakkan kaca naik dan turun mengikuti tombol yang ditekan oleh orang di dalam mobil. Seiring dengan umur penggunaan, biasanya timbul masalah di mana power window macet, dan menyebabkan kaca tak bisa naik atau turun secara lancar.

Anda bisa memeriksa tiga hal ini saat power window bermasalah

Jika power window bermasalah, Anda bisa memeriksa tiga bagian di bawah ini:

Sekering

Sekring mempengaruhi berbagai fungsi kelistrikan pada mobil, termasuk power window

Hal pertama yang bisa dicek saat power window macet adalah sekeringnya, namun jika sudah diganti dan masih bermasalah atau putus lagi, bisa jadi ada bagian lain yang bermasalah, kemungkinan terjadi korslet.

Ini dikarenakan fungsi sekering adalah pemutus arus listrik dan meminimalisir terjadinya korsleting. Jika sekering rusak, bisa jadi seluruh power window tak berfungsi atau macet.

Kelistrikan & Saklar Power Window

Jika sekering telah diganti namun tak power window masih macet, coba cek kelistrikannya. Cek tengangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal sementara aki tidak bermasalah, kemungkinan saklarnya yang harus diganti.

Hal ini dikarenakan korsleting yang membakar saklar power window, dan membuatnya tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Motor dan Regulator power window

Motor dan regulator punya peran penting dalam mekanisme power window

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca yang menghubungkan motor dengan kaca. Jika regulator bermasalah, maka kaca tidak akan bisa turun ataupun naik.

Jika kelistrikan dan saklar normal, komponen selanjutnya yang bisa Anda cek adalah motor atau regulatornya. Regulator yang mengalami aus di gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas membuat kaca tak bisa naik dan turun sebagaimana mestinya.

Itulah tiga hal yang harus dicek saat power window macet, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi atau bengkel khusus power window untuk memperbaikinya. Ingin lihat tips & trik otomotif lainnya, klik link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”