Puncak Watu Jengger, Destinasi Alam yang Indah Favorit Pendaki di Mojokerto

ulinulin.com – Indonesia memang dikenal sebagai negeri sejuta pesona. Oleh sebab itu, sangatlah mudah untuk dapat menemukan beragam destinasi wisata yang tersebar di berbagai daerah. Pada umumnya, masyarakat di Indonesia lebih memilih wisata alam. Hal ini terjadi karena keindahan alam di Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Tak hanya itu, beragam spot wisata alam di negeri ini juga turut menawarkan pengalaman berwisata yang sangat menarik serta tak terlupakan, sehingga berhasil menarik minat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung.

Banyak sekali jenis destinasi wisata alam yang sangat diminati oleh masyarakat, mulai dari pantai, danau, hingga gunung atau perbukitan. Saat ini, kita dapat melihat ada banyak sekali tren wisata alam yang banyak dilakukan, salah satunya yaitu hiking, atau mendaki. Aktivitas mendaki sudah menjadi salah satu aktivitas wisata yang paling popular di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Kini, masyarakat dapat mendapatkan informasi mengenai berbagai destinasi wisata seperti gunung ataupun perbukitan yang menyediakan jalur pendakian.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Watu Jengger

Puncak Watu Jengger merupakan sebuah bukit yang berada di Kawasan Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur. Daya Tarik utama dari tempat wisata terkenal di jawa timur ini adalah pemandangannya yang sangat indah di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Ketika sampai di puncak bukit, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan dari hijaunya perbukitan yang indah, serta kabut menyelimuti area perbukitan yang membuat wisatawan merasa bak di negeri awan.

Kawasan wisata Puncak Watu Jengger ini berada di area Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa destinasi wisata yang terkenal satu ini turut menyuguhkan pemandangan beragam vegetasi yang asri dan menawan. Daya Tarik lainnya yang dapat dinikmati di kawasan wisata yang indah ini adalah hawa perbukitannya yang sangat sejuk, sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati pemandangan saat sampai di puncak bukit.

Jalur pendakian di area perbukitan ini juga cukup mudah jika dibandingkan dengan jalur pendakian gunung lainnya, sehingga sangat cocok bagi para pendaki pemula. Untuk dapat mencapai puncak bukit, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih dimulai dari area pos pengecekan. Meskipun memiliki jalur yang relatif lebih mudah, pengunjung tetap harus berhati-hati dalam mendaki, karena terdapat beberapa jalur yang tergolong licin dan terjal, serta didominasi bebatuan. Untuk itu, ada baiknya bagi pengunjung untuk tidak melakukan pendakian seorang diri, lebih baik melakukan pendakian bersama anggota tim ataupun pemandu wisata.

1. Spot Foto dengan Latar Belakang yang Menakjubkan

Banyak sekali wisatawan yang memilih untuk mengabadikan keindahan alam dengan berfoto-foto di lokasi Puncak Watu Jengger. Wisatawan sudah tidak perlu bingung mencari spot foto yang bagus, karena terdapat fasilitas tempat berfoto dengan latar belakang yang cukup menarik, dilengkapi dengan bendera serta papan lokasi di puncak bukit.

2. Air Terjun Cantik

Aktivitas wisata tidak berhenti sampai situ saja. Pasalnya, di kawasan wisata ini terdapat spot wisata lain yang tak boleh dilewatkan, yakni Curug atau Air Terjun Watu Jengger. Lokasi air terjun berada cukup dekat dengan lokasi puncak ini, dan hanya membutuhkan pendakian atau perjalanan lanjutan dalam waktu singkat.

Pemandangan alam yang disuguhkan di lokasi air terjun ini juga tak kalah menarik, serta sangat seru terutama bagi para wisatawan yang hendak memacu adrenalin dengan melompat dan berenang di area curug ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Puncak Watu Jengger ini lokasinya terletak di Nawangan, Tawangrejo, Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur. Untuk dapat menuju ke area tersebut, caranya sangatlah mudah. Untuk sampai lokasi, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Kecamatan Trowulan (candi tikus) , kemudian mengakses kawasan wisatanya melewati rute tujuan Jatirejo, Wonosalam menuju persimpangan Desa Lebak.

Apabila sudah sampai di persimpangan Desa Lebak, wisatawan dapat melakukan perjalanan menuju ke Desa Nawangan. Perjalanan tidak berhenti sampai di situ, karena sesampainya Desa Nawangan, wisatawan masih harus melakukan perjalanan melewati banyak tanjakan dan juga turunan. Kondisi jalan di daerah ini masih kurang bagus serta belum diaspal, sehingga dibutuhkan kehati-hatian ekstra dalam berkendara. Jika sudah sampai ke lokasi, wisatawan akan dapat langsung melihat area perdesaan yang menyediakan tempat parkir bagi para pendaki.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi destinasi Puncak Watu Jengger yang terkenal ini, tak lain adalah karena harga tiket masuknya yang sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 11.000 per orang untuk hari biasa, dan Rp 16.000 per orang di hari libur atau akhir pekan untuk memasuki kawasan pendakian menuju puncak Bukit Watu Jengger.

Biaya tiket masuk ini belum termasuk tarif sewa peralatan pendakian, seperti penyewaan jas hujan, tenda, ataupun tongkat mendaki. Apabila membutuhkan jasa porter ataupun jasa pemandu wisata, wisatawan dapat menyiapkan biaya tambahan dalam jumlah tertentu untuk memperoleh layanan tambahan ini.

Sebelum melakukan pendakian, wisatawan pastinya harus memarkirkan kendaraannya terlebih dahulu di area parkir yang terletak di pedesaan tempat memulai pendakian. Tarif parkir mobil di area parkir ini akan sebesar Rp 15.000 untuk mobil, dan Rp 5.000 untuk motor per malamnya. Para wisatawan sudah tidak perlu khawatir soal keamanan kendaraan yang terparkir, karena pengelola Kawasan wisata secara rutin melakukan kontrol serta pengawasan yang ketat di area parkir kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Watu Jengger

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisatawan tidak perlu takut bosan ketika mengunjungi destinasi wisata hits ini, karena ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan

1. Hunting Foto Keren

Dengan berbagai keindahan dan keunikan yang disajikan oleh tempat wisata yang populer ini, kita dapat dengan mudah mendapatkan pemandangan atau view yang dapat kita abadikan sebagai dokumentasi atau sekedar update di media sosial.

2. Camping

Bagi Anda yang ingin bersantai serta menikmati keindahan alam lebih lama, camping merupakan pilihan yang sangat tepat. Banyak sekali pendaki yang kini memilih Kawasan Puncak Watu Jengger untuk bermalam dan memasang tenda camping. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hawa di kawasan wisata paling hits di jatim ini sangatlah sejuk, membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Tak hanya itu, hawanya yang sejuk ini juga sangat cocok untuk kegiatan camping bersama.

3. Tracking Ke Area Air Terjun

Beberapa dari wisatawan yang datang ke tempat wisata paling indah ini karena ingin melakukan perjalan ke air terjun di daerah tersebut, karena banyak sekali pemandangan yang indah dengan suasana sejuk nan asri yang akan memanjakan mata dan hati para penikmatnya.

4. Mengendarai Sepeda Gunung

Aktivitas menarik lainnya yang juga banyak dilakukan oleh para wisatawan di kawasan wisata ini adalah mengendarai sepeda gunung. Meskipun dirasa sulit, namun sudah banyak wisatawan terutama dari kalangan komunitas sepeda yang telah berhasil mengendarai sepeda gunungnya untuk sampai ke puncak bukit. Biasanya, kegiatan bersepeda ini tidak dilakukan secara penuh, karena diselingi dengan menuntun sepeda terutama di beberapa jalur yang terjal.

Fasilitas yang Tersedia yang Kawasan Wisata

Banyak sekali fasilitas yang tersedia di Kawasan wisata Puncak Watu Jengger ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu fasilitas utama yang disediakan di Kawasan ini adalah spot foto yang menarik di area puncak bukit. Spot foto ini dilengkapi dengan ornamen-ornamen foto yang cantik, sehingga menambah keindahan tersendiri pada setiap jepretan foto yang diambil.

Fasilitas lain yang tersedia dalam kawasan wisata paling hits ini adalah area parkir yang dapat dimanfaatkan untuk memarkirkan kendaraan selama pendakian. Selain itu, ada juga kamar mandi dan toilet yang tersedia pada area parkir ini. Kini, pengunjung sudah tidak perlu lagi takut kelaparan, karena terdapat beberapa warung dan tempat makan yang tersedia di area parkir, sehingga menjadi solusi yang tepat untuk mengisi tenaga sebelum ataupun sesudah pendakian.

Bagi wisatawan yang hendak melakukan camping, tersedia tempat penyewaan alat-alat camping seperti tenda, sleeping bag, alas tidur, dan masih banyak lagi. Namun, ada baiknya pendaki juga menyediakan peralatan yang dibutuhkan dari rumah, agar pendakian semakin aman dan nyaman, serta dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Berkunjung ke Puncak Watu Jengger

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, kami telah merangkum beberapa tips yang dapat dipersiapkan agar kegiatan wisata Anda dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Menjaga Kondisi Fisik dan Mental yang Baik

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaki, ada baiknya Anda memulai kegiatan pendakian di jalur pegunungan ataupun perbukitan dengan tingkat kesulitan yang rendah. Salah satu contoh destinasi wisata yang masuk ke dalam kriteria ini adalah Puncak Watu Jengger. Untuk dapat mempersiapkan diri sebelum mendaki, ada baiknya Anda menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Caranya sangatlah mudah, yakni dengan menjaga pola makan dan istirahat yang sehat, serta melakukan olahraga sederhana agar tubuh siap melakukan pendakian.

2. Mempersiapkan Peralatan yang Lengkap

Tips kedua ini memang cukup penting, terutama bagi Anda yang membutuhkan obat-obatan ataupun peralatan khusus dalam mendaki. Meskipun terdapat fasilitas penyewaan, ada baiknya masing-masing wisatawan menyiapkan peralatan pendakian yang dibutuhkan sebelum berangkat.

3. Mengecek Informasi Pendakian

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan agar semakin siap untuk mendaki sampai ke puncak bukit adalah dengan mengecek informasi mengenai jalur pendakian, mulai dari kondisi medan, cuaca, ataupun suhu udara. Hal ini sangat penting untuk menghindari kondisi cuaca serta medan yang kurang baik yang dapat menghambat kegiatan pendakian.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai salah satu destinasi alam paling popular di Jawa Timur, yakni Puncak Watu Jengger. Sebagai wisatawan yang baik dan bertanggung jawab, ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihan serta sikap yang baik selama berada di kawasan wisata terbaik ini, sehingga keindahan alam di daerah ini dapat terus lestari dan terjaga keasliannya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”