"/> Punya Peran Vital, Berikut Tips Merawat Radiator

Punya Peran Vital, Berikut Tips Merawat Radiator

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/02/03/NaRYWXKq/0208-1-f4e6.png”>

Merawat radiator sebenarnya bukan hal yang sangat sulit. Salah satu hal penting dalam merawatnya adalah mengetahui tiga komponen yang ada dalam sistem radiator. Mulai dari upper tank (tangki atas), radiator core ((inti radiator) dan lower tank (tangki bawah). Meski satu-kesatuan, ketiga komponen ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Bila tangki atas berfungsi untuk menampung air yang telah panas dari mesin, inti radiator bertugas menyerap panas pada air pendingin. Air yang telah panas akan didingin oleh kipas dan udara luar ketika mobil dalam keadaan melaju. Inti radiator pun mengalirkan air dari tangki atas ke tangki bawah.

Tangki atas pada radiator berfungsi menampung air yang telah panas dari mesin

Tangki bawah telah dilengkapi saluran air dan saluran pembuangan yang berfungsi membuang atau menguras air radiator. Fungsi dari tangki bawah sendiri adalah menampung air yang sudah dingin melalui inti radiator untuk disalurkan ke mesin. Adapun penyaluran air tersebut melalui water pump.

Dari berbagai macam kerusakan radiator, ada dua jenis kerusakan yang umum terjadi. Seperti korosi di bagian dalam dan kebocoran. Penyebab dari karat sendiri karena kebiasaan pemilik mobil mengisi radiator dengan air keran yang seharusnya dihindari.

Gunakan air radiator yang tepat untuk mencegah korosi pada komponen radiator

Penggunaan radiator coolant bisa mencegah karat dan sesuaikan dengan kebutuhan mobil. Di pasaran sudah banyak yang menjual radiator coolant dan pilih yang memiliki kandungan zat glycol dimana zat ini berfungsi meningkatkan titik didih dan menurunkan titik beku.

Tidak bisa dipungkiri semakin tua usia mobil maka akan ada komponen yang aus. Seperti halnya kebocoran pada sistem radiator salah satu penyebabnya adalah usia mobil. Selain faktor usia, kotoran yang mengendap juga menjadi penyebabnya. Maksud dari kotoran ini adalah ketika Anda mengisi air radiator, terkadang ada kotoran seperti batu kerikil atau benda keras yang bisa merusak tangki atas dan menyebabkan kebocoran. Maka saat pengisian harus secara hati-hati dan memperhatikan sekitar.

Bila tidak dirawat dengan baik dan radiator rusak, mobil akan overheat

Namun ada satu komponen yang juga bisa merusak radiator dan letaknya diluar dari sistem. Adalah motor fan atau kipas, bila rusak maka radiator bisa lebih cepat rusak karena menjadi lebih cepat panas serta membuat kebocoran. Pastika . kipas dekat radiator berfungsi dengan baik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”