Punya Wajah Berminyak? Inilah 10 Faktor Penyebabnya!

ulinulin.com – Pernah merasa gerah dengan kulit wajah berminyak? Wajar saja, kulit wajah yang berminyak memang menunjukkan kesan “kotor” meskipun kamu baru saja mencuci muka dengan sabun. Sudah mencoba berbagai produk perawatan untuk kulit wajah berminyak tapi belum ada hasilnya? Hmm.. Mungkin kamu belum menghindari faktor penyebab kulit wajah berminyak.

Sama seperti penyebab jerawat, ada beberapa faktor penyebab wajah berminyak yang bisa dihindari maupun yang tidak bisa dihindari. Jika kamu ingin mengetahui faktor-faktor penyebab kulit berminyak yang bisa dihindari, simak informasi lengkap dari Kamini berikut.

1. Hormonal

* sumber: www.beautycrew.com.au

Ketidakseimbangan hormon merupakan pemicu kenapa kulitmu berminyak. Hal ini kerap muncul pada saat pubertas atau ketika sedang hamil. Apabila seseorang memiliki hormon dihidrotestosteron (DHT) berlebih, maka kelenjar minyak akan bekerja secara lebih aktif.

Faktor penyebab wajah berminyak karena ketidakseimbangan hormon ini memang sulit dihindari. Pasalnya, setiap orang tentu memiliki kadar hormon yang berbeda-beda di dalam tubuhnya.

2. Keturunan

* sumber: www.skinstore.com

Tak ada penjelasan khusus mengenai kulit berminyak yang disebabkan oleh keturunan. Akan tetapi, faktor keturunan memang menjadi salah satu alasan mengapa seseorang memiliki kulit yang berminyak.

Jika kamu memiliki ayah atau ibu yang punya kulit wajah berminyak bisa jadi itu adalah alasan mengapa kamu memiliki kulit berminyak juga. Sama seperti faktor hormonal, faktor keturunan ini juga sangat sulit dihindari. Namun, setidaknya kamu bisa mengurangi minyak di wajah dengan memakai skin care atau make up khusus untuk jenis kulit berminyak.

3. Lingkungan

* sumber: www.skinnyrunner.com

Perubahan suhu udara di sebuah lingkungan juga berpengaruh pada kadar minyak di kulit wajah. Sebagai contoh, saat berada di tempat yang lembab, kulit jadi memproduksi keringat dan minyak lebih banyak. Selain di tempat lembab, tempat dengan udara yang sangat panas juga berpotensi membuat kulit jadi berkeringat.

Solusi untuk penyebab yang satu ini sebenarnya sangat mudah. Kita memang harus rajin-rajin membersihkan muka, minimal mengelap minyak di wajah dengan kertas khusus untuk menyerap minyak di kulit (oil control film). Di samping itu, penggunaan produk perawatan kulit berminyak juga cukup membantu mengurangi kelebihan minyak di wajahmu.

4. Konsumsi Makanan Tertentu

* sumber: www.thisisinsider.com

Ada sejumlah makanan yang merupakan penyebab wajah berminyak, seperti makanan manis, makanan berminyak, sampai dengan makanan berlemak tinggi. Buat kamu yang masih bingung mengenai hubungan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari dengan kulit wajahmu yang berminyak, biarkan Kamini memberikan penjelasan singkat.

Makanan berminyak dan berlemak akan disimpan oleh tubuh menjadi lemak. Semakin banyak lemak yang kamu konsumsi, maka tubuh akan berusaha mengeluarkannya melalui pori-pori, yakni melalui keringat dan sebum. Sementara konsumsi makanan manis juga memberikan dampak yang sama karena glukosa dalam makanan manis akan meningkatkan insulin yang memperbanyak kelenjar minyak.

Apakah kamu harus benar-benar menghindari makanan penyebab wajah berminyak itu? Kalau bisa, mengapa tidak? Namun, jika tidak bisa, kamu harus mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.

5. Stres

* sumber: www.today.com

Bagi kamu yang sering dilanda stres di kehidupan sehari-hari, mungkin stres yang kamu alami itulah yang menjadi penyebab kulit wajah berminyak. Hormon kortisol meningkat produksinya ketika kamu sedang stres, begitu pula dengan produksi minyak pada kulitmu. Stres juga ternyata bisa memicu bertambahnya minyak pada wajahmu, maka dari itu sebisa mungkin hindari stress berlebihan ya.

Belajarlah untuk mengelola stres dengan refreshing atau meditasi. Selain itu, apabila kulit wajahmu memang cenderung berminyak, cobalah menggunakan skin care maupun make up yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak.

6. Pemakaian Kosmetik yang Tidak Tepat

* sumber: www.self.com

Memilih kosmetik yang salah pastinya menjadi salah satu pemicu mengapa wajahmu berminyak. Jika kamu merasa memiliki kulit berminyak, pilihlah produk khusus kulit berminyak karena produk tersebut pastinya sudah dirancang khusus untuk menutupi kekuranganmu.

Dewasa ini, sangat mudah mendapatkan kosmetik yang diformulasikan untuk kulit wajah berminyak. Jadi, tak ada alasan untuk tidak memakai kosmetik khusus yang sesuai jenis kulitmu, ya!

7. Terlalu Sering Mencuci Muka

* sumber: www.cosmo.ph

Pemilik kulit wajah berminyak memang harus selalu menjaga kebersihan kulit wajahnya. Akan tetapi, apabila kamu terlalu sering mencuci muka, maka kulitmu bisa jadi semakin berminyak, lho. Apa sih yang menyebabkan kulit berminyak karena terlalu sering mencuci muka?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”