Rahasia Makeup Bebas Cakey Saat Pakai Cushion

ulinulin.com

    15SHARES

Memakai Cushion. (Source: Shutterstock)

Dream – Base makeup menjadi kunci makeup natural. Pasalnya, base seringkali terlihat terlalu tebal atau tidak sesuai dengan warna kulit asli. Riasan wajah pun terlihat sangat berbeda dari penampilan aslinya. Kadang malah riasanmu bisa terlihat aneh.

Kini cushion sedang banyak diminati untuk jadi base, karena cenderung ringan. Sayangnya kadang cushion dipakai berlebihan atau tak menempel di kulit sehingga terlihat cakey.

Berikut beberapa tips menggunakan cushion untuk membuat wajah terlihat lebih flawless secara natural dari Beauty Content Creator, Tivanny Prameswara.

Pilihlah cushion yang sesuai dengan warna serta jenis kulitmu agar riasan tampak natural dan tidak mudah luntur. Bila perlu, gunakan cushion yang berformula ringan serta mengandung SPF jika lebih banyak berkegiatan di pagi atau siang hari.

Ambil produk secukupnya agar hasil makeup tidak terlalu cakey. Jika ingin coverage yang lebih tinggi, kamu bisa menambahkan lapisan cushion sedikit demi sedikit agar tetap natural.

© Instagram @tivannyprameswara

Foto: Instagram @tivannyprameswara

Aplikasikan cushion dengan cara ditepuk-tepuk pelan ke seluruh wajah. Jangan menggeser produk agar pengaplikasiannya lebih rapi, merata, serta mudah menyatu dengan kulit.

© Instagram @tivannyprameswara

Foto: Instagram @tivannyprameswara

Tambahkan setting powder dan setting spray setelah selesai merias wajah agar riasanmu lebih tahan lama serta tidak mudah luntur meski berkeringat atau terkena air.

Jangan Buang Kemasan Kosong, Begini Cara Isi Ulang Cushion

Dream – Cukup banyak orang yang suka menggunakan cushion karena lebih praktis dibandingkan foundation, BB cream, serta base makeup lainnya. Cushion bisa diaplikasikan dimana pun hanya dengan membawa satu kemasan yang sama. Kamu tidak perlu menuangkan produk atau membawa kuas maupun spons untuk mengaplikasikannya.

Produk yang digunakan tidak akan tumpah saat diaplikasikan saat berkegiatan. Coverage-nya pun beragam, mulai dari sheer hingga full. Berbeda dengan bedak yang sama praktisnya namun belum tentu mudah merata serta bisa menutupi hiperpigmentasi akibat teksturnya seperti bubuk.

Sayangnya walaupun praktis, cushion lebih cepat habis dan memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Jadi jika ingin menghemat, sebaiknya menggunakan foundation atau BB cream. Namun jika tetap ingin memakai cushion, kamu bisa melakukan trik yang dilakukan oleh Makeup Artist (MUA) @tirzatiffani berikut ini.

Awalnya, ia memiliki cushion yang sudah habis dan kedaluwarsa. Lalu, dia membuang spons di dalam kemasannya untuk diganti baru. Tapi sebelumnya, dia mencuci kemasannya terlebih dulu menggunakan micellar water.

© Instagram @tirzatiffani

Foto: Instagram @tirzatiffani

Dia juga memastikan kebersihannya hingga ke sudut cushion yang sulit dijangkau agar benar-benar higienis. Lalu, tuangkan foundation yang sesuai dengan warna kulit pada wadah cushion.

© Instagram @tirzatiffani

Foto: Instagram @tirzatiffani

Kamu pun bisa mencampur warna dan formulasi foundation agar sesuai dengan keinginan serta kondisi wajah. Jangan tuangkan terlalu banyak foundation agar lebih mudah dihabiskan dan pengemasannya rapi

Aduk rata foundation ke wadah cushion menggunakan spatula makeup atau cotton bud. Lalu, taruh spons cushion baru yang bisa dibeli di e-commerce pada wadah. Tekan-tekan spons hingga pengemasannya rapi.

© Instagram @tirzatiffani

Foto: Instagram @tirzatiffani

Kamu bisa membalik spons agar lebih mudah mendapatkan produknya. Tambahkan face oil jika tekstur foundation di dalam cushion terasa sulit diaplikasikan dan terasa lebih kering.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”