Rambut Rusak akibat Penggunaan Air Sadah? Begini Cara Memperbaikinya

ulinulin.com

    32SHARES

Shutterstock

Dream – Sahabat Dream mungkin pernah mendengar istilah air sadah (hard water) dan air lunak (soft water). Tapi, tahukah kamu apa yang menjadikan air bisa disebut sadah/keras dan lunak?

Perbedaan air sadah dan air lunak adalah konsentrasi mineral yang terkandung dalam air. Semakin banyak kalsium dan magnesium maka air semakin keras. Konsentrasi mineral tertentu inilah yang membuatnya disebut air sadah.

© Shutterstock

Topik tentang air sadah sudah banyak dibicarakan khususnya di bidang kesehatan dan juga kecantikan. Banyak perbincangan yang membahas tentang pengaruh air sadah bagi tubuh, terutama rambut.

Lalu, apakah air sadah dapat mempengaruhi kesehatan rambut? Berikut penjelasan yang Dream rangkum dari website Makeup.

Apakah Air Sadah Merusak Rambut?

© Shutterstock.comJ

John Rahmani, seorang penata rambut di Salon Yoshiko di Bergdorf Goodman di New York City mengungkapkan bahwa mineral pada air menyebabkan penumpukan setelah keramas. Penumpukan ini dapat menghalangi kelembaban air untuk masuk ke rambut.

Penumpukan tersebut pun juga dapat mengakibatkan ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala. John juga mengungkapkan, air sadah dapat membuat rambut terasa kering, kusam, dan kusut.

Cara Memperbaiki Rambut dari Penumpukan Air Sadah

© Shutterstock

Untuk memperbaiki efek buruk dari penggunaan air sadah, Sahabat Dream bisa menggunakan clarifying shampoo. Ini adalah shampo yang ditujukan untuk membersihkan sisa-sisa produk dan bahan kimia dari rambut. Sebaiknya menggunakan clarifying shampoo sebanyak 1 kali dalam seminggu ya, Sahabat Dream.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”