Rangkuman Hari Ke-242 Serangan Rusia ke Ukraina: Rudal Moskwa Gempur Fasilitas Energi | Pengumuman Evakuasi Kherson

ulinulin.com – Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-242 pada Minggu (23/10/2022) sejak dimulai pada 24 Februari.

Berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-242, sebagaimana dilansir Reuters.

Konflik

Rudal-rudal Rusia menggempur fasilitas energi dan perumahan Ukraina, menyebabkan pemadaman di beberapa daerah dan menghancurkan sebuah blok apartemen.

Sementara itu, otoritas pendudukan Rusia di Kota Kherson mendesak warga sipil untuk mengungsi.

Sebuah serangan rudal menghancurkan sejumlah apartemen di sebuah blok di kota produsen kapal yang dikuasai Ukraina, Mykolaiv.

Sebuah pesawat militer Rusia menabrak sebuah bangunan tempat tinggal di Kota Irkutsk, Siberia. Dua pilot tewas dalam kecelakaan itu, lapor media Rusia.

Otoritas pendudukan Rusia di Kota Kherson menuturkan, evakuasi diumumkan karena alasan situasi militer yang tegang saat pasukan Ukraina bergerak maju.

Rusia mengatakan, pasukannya menangkis upaya Ukraina untuk menerobos garis kendalinya di wilayah Kherson.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, serangan Rusia pada sektor infrastruktur berada pada skala yang sangat luas.

Zelensky berjanji bahwa militernya akan meningkatkan rekor yang sudah baik dalam menjatuhkan rudal dengan bantuan dari mitranya.

Diplomasi

G7 mengutuk penculikan yang dilakukan Rusia terhadap para pemimpin Ukraina di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia.

G7 juga menyerukan agar Rusia segera mengembalikan kendali penuh PLTN itu ke Ukraina.

Iran mengecam keras seruan Perancis, Jerman, dan Inggris agar PBB menyelidiki tuduhan bahwa Rusia telah menggunakan drone buatan Teheran untuk menyerang Ukraina.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”