Rebutan Startup Sampai BUMN, Ini Gaji Profesi Keamanan Siber

ulinulin.com – Banyak peluang karier di era industri 4.0, salah satunya sebagai profesi keamanan siber atau cybersecurity.

Kebutuhan tenaga seorang spesialis dalam cybersecurity terus meningkat. Sayangnya jumlah SDM dengan keahlian ini masih minim. Karena itu gaji yang ditawarkan pada profesi ini cukup tinggi.

CEO & Co-Founder Horangi Paul Hadjy merinci data gaji untuk profesi ini. gaji rata-rata untuk profesional keamanan siber tingkat pemula adalah sekitar sekitar US$599 atau sekitar Rp 9 juta per bulan.

Sedangkan untuk seorang profesional keamanan siber yang memiliki pengalaman 3-4 tahun bisa mendapatkan sekitar US$987 – US$1,315 atau sekitar Rp 15 – 20 juta per bulan

“Kami percaya bahwa gaji rata-rata talenta keamanan siber akan meningkat karena semakin banyak organisasi teknologi bersaing untuk mendapatkan talenta demi meningkatkan keamanan siber perusahaan,” kata Paul kepada CNBC Indonesia, Senin (24/10/2022).

Lebih lanjut Paul menjelaskan bahwa rata-rata perusahaan teknologi membayar lebih untuk talenta keamanan siber.

Menurutnya semakin banyak organisasi yang sadar akan kebutuhan keamanan siber setelah beberapa insiden keamanan siber tingkat tinggi di negara ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”