Rekomendasi 4 Situs Penulis Lepas yang Bisa Menambah Penghasilanmu

ulinulin.com – Apakah kamu hobi menulis? Jika iya, ada berbagai pilihan situs penulis lepas yang bisa kamu manfaatkan, lho!

Kamu bisa menyalurkan hobimu, terus berlatih, sekaligus mendapatkan bayaran atas tulisanmu.

Tidak perlu khawatir jika saat ini statusmu telah bekerja. Siapa pun bisa menulis di situs penulis lepas, sebab tidak ada ikatan antara kamu dengan mereka.

Penasaran situs apa sajakah itu? Yuk, simak rekomendasi Glints berikut ini!

1. IDN Times

© idntimes.com

Rekomendasi situs penulis lepas yang pertama adalah IDNTimes.com.

Situs berita mainstream Indonesia ini meluncurkan IDN Times Community pada Februari 2017. Siapa pun yang ingin menulis di IDN Times bisa bergabung dengan komunitas tersebut.

IDN Times memiliki target pembaca generasi milenial. Oleh karena itu, berita dan gaya bahasa yang digunakan juga disesuaikan dengan target pembaca tersebut.

Ada berbagai topik tulisan yang bisa kamu kirimkan ke IDN Times, seperti makanan, sains, teknologi, travel, hingga KPop.

Hingga artikel ini tayang, sudah ada lebih dari 28.000 penulis yang bergabung dengan situs yang berada di bawah naungan IDN Media Company ini.

Jika artikelmu berhasil tayang di IDN Times, kamu akan mendapat reward 1 poin setiap 100 views. Selain itu, IDN Times juga selalu membuat event bonus poin setiap bulan.

Sebagai contoh, pada Juli 2020, situs ini memberikan bonus 500 poin jika 2 artikel food-mu dinaikkan oleh editor.

Minimum jumlah poin yang bisa dicairkan adalah 2.500 poin atau sama dengan Rp250.000.

2. UC News

© gizmologi.id

UC News adalah situs dan aplikasi aggregator berita yang membuka sistem pengisian konten oleh kontributor. Situs ini merupakan anak dari perusahaan e-commerce raksasa dunia, yaitu Alibaba.

Ada berbagai topik yang bisa kamu tulis di UC News, antara lain hiburan, gaya hidup, Bollywood, hingga politik.

Sebelum menulis di UC News, kamu wajib mendaftar terlebih dahulu di aplikasi smartphone. Dua hal yang harus kamu sertakan adalah foto KTP dan foto diri.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan approval dalam 48 jam. Jika akunmu sudah disetujui, barulah kamu bisa menulis.

Ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menulis di UC News sebab ada berbagai ketentuan yang mereka tetapkan untuk kontributor.

Singkatnya, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menulis artikel di situs penulis lepas ini.

Pertama, kamu harus terikat dengan menulis minimal 20 artikel per bulan. Kedua, kamu akan mendapatkan bagi hasil dari iklan di artikelmu tersebut.

Namun, bagi kontributor pemula, UC News menetapkan batas 1 artikel per hari.

Setiap artikelmu sudah mendapatkan 1.000 views, kamu bisa memonetisasi akun yang berarti kamu akan mendapatkan bagi hasil dari iklan di artikelmu.

3. Geotimes

© geotimes.co.id

Berbeda dengan dua situs sebelumnya, Geotimes lebih berfokus pada artikel dan opini panjang.

Sesuai motonya yaitu actual, critical, dan inspiring, Geotimes membuka kesempatan untuk kamu menulis artikel teraktual tentang tokoh dan kebijakan publik.

Ada berbagai isu yang bisa kamu tulis di situs penulis lepas tersebut, antara lain ekonomi, sosial, politik, agama, dan media. Artikel tersebut harus terdiri atas 750-1.000 kata.

Sebelum diterbitkan, artikelmu akan melalui proses screening oleh redaksi. Apabila dianggap layak, artikelmu akan naik dalam waktu paling lambat 2 minggu setelah pengiriman.

Sebagai tips, artikel yang kamu tulis untuk Geotimes harus memiliki argumentasi yang kuat. Kamu juga bisa menyertakan tesis dan call for action.

Adapun honor yang kamu terima bisa mencapai Rp350.000 setiap artikel. Jika Geotimes menganggapmu ahli dalam bidang yang kamu tulis, honormu bisa mencapai Rp1 juta.

4. Voxpop.id

© voxpop.id

Dikutip dari situsnya, Voxpop mengklaim diri sebagai rumah besar para penulis, komikus, dan fotografer Indonesia.

Di situs penulis lepas tersebut, kamu bisa menulis opini tentang sosial, ekonomi, politik, olahraga, hingga gaya hidup. Konten-konten di Voxpop menggunakan bahasa sehari-hari.

Oleh karena itu, sebagai tips, kamu bisa membuat tulisan dengan gaya santai, segar, dan diselingi humor.

Untuk menjadi kontributor di situs penulis lepas yang satu ini, kamu hanya perlu mengirimkan artikel ke [email protected] Kemudian, sertakan identitas dan biodata singkatmu.

Honor yang kamu terima adalah sekitar Rp250.000 per artikel.

Itulah 4 rekomendasi situs penulis lepas dari Glints. Jadi, apakah kamu tertarik?

Jika kamu juga sedang mencari pekerjaan freelance dan tetap dalam bidang penulisan, ada banyak sekali lowongan pekerjaan penulis di Glints, lho!

Dengan demikian, kamu bisa bekerja sebagai penulis sekaligus menambah penghasilanmu dengan menulis di berbagai rekomendasi situs yang sudah Glints paparkan.

Yuk, buat akunmu sekarang agar tidak ketinggalan informasi lowongan pekerjaan lainnya!

Sumber

    IDN Times

    UC News

    Geotimes

    Voxpop

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”