Rem Blong, Truk Tronton Tewaskan 18 Orang di Balikpapan

ulinulin.com – BALIKPAPAN – Kecelakaan fatal yang melibatkan truk tronton dengan belasan kendaraan roda dua dan empat terjadi hari ini (21/1/2022) di Balikpapan, Kalimantan Timur, pukul 06.30 waktu setempat. Tercatat terdapat 18 korban meninggal dunia dan 16 lainnya mengalami luka berat dan belasan kendaraan rusak akibat kecelakaan tersebut. Selain itu, truk tronton tersebut juga merusak beberapa fasilitas umum seperti lampu lalu lintas dan pagar pembatas di sekitar lokasi.

Kejadian tersebut langsung ditangani oleh Dirlantas Polda Kaltim dan telah mengamankan supir dari truk tronton tersebut. Dari keterangan supir truk, kecelakaan tersebut disebabkan oleh tidak berfungsinya sistem pengereman truk atau rem blong. Akibatnya truk tronton tersebut meluncur tanpa kendali dan menabrak kendaraan yang tengah mengantri di lampu merah Muara Kapak, Balikpapan.

Truk tronton tersebut diketahui tengah mengangkut muatan berisi kapur pembersih air dengan berat 20 ton yang hendak dikirim ke Kampu Baru, Balikpapan Barat. Namun di sekitar KM 0,5, sport truk mulai mengurangi kecepatan dan menurunkan transmisi 4 ke 3. Saat ingin mengoperasikan rem, sang sopir sudah merasakan rem tersebut tidak bekerja alias blong.

Kejadian nahas tersebut tidak dapat dihindarkan, terlihat dalam video pemantau truk pertama kali menabrak pemotor yang kemudian dilanjutkan ke kendaraan lainnya hingga melewati batas lampu lalu lintas tersebut.

Akibat kejadian tersebut beberapa fasilitas umum yang berada di sekitar lokasi kecelakaan juga ikut berimbas. Menurut laporan polisi truk tersebut juga sempat menabrak lampu lalu lintas, lampu jalan hingga pagar pembatas jalan raya. Hingga saat ini supir tersebut masih diperiksa insentif oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Timur.

Kecelakaan yang disebabkan oleh tidak berfungsinya rem pada kendaraan pengangkut bukan pertama kali di Indonesia. Kurangnya perhatian pemilik truk terhadap perawatan dan pemeliharaan kendaraan adalah faktor utama dari hilangnya fungsi rem di jalan raya. Padahal pemeliharaan kendaraan seperti pengecekan kelayakan spare part dan fungsi lainnya adalah hal yang wajib dilakukan pada semua jenis kendaraan.

Polda Kaltim sendiri tengah melakukan pengembangan terkait masalah yang terjadi pada truk tronton tersebut. Selain itu, Polisi juga menduga sang sopir truk tronton tersebut juga melakukan pelanggaran terkait larangan kendaraan pengangkut melewati area Simpang Rampak pada jam sibuk 06.00 – 24.00 WITA. Selain melakukan penanganan terhadap kasus tersebut, Polisi juga tengah menangani para korban dengan membawanya ke rumah sakit terdekat di antaranya RSU Khanujoso dan RSU Beriman, Balikpapan.ALVANDO NOYA / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”