Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/21/Ay6TmsFs/extreme-tech1-8110.jpg”>

Ketiga produsen mobil dan sub merek mereka berencana untuk menghadirkan sistem infotainment berbasis Android pada pelanggan mulai tahun 2021. Sistem operasi Android ini akan mengintegrasikan banyak fitur Android langsung ke sistem infotainment kendaraan, termasuk Google Maps, akses ke Google Play Store untuk beragam aplikasi, dan Google Assistant hanya dengan fitur perintah suara.

Fitur Renault-Nissan-Mitsubishi langsung menggunakan Android (Foto: Extreme Tech)

“Dengan integrasi platform Android ke dalam sistem infotainment kami, kami menambahkan tingkat kecerdasan baru ke kendaraan kami yang terhubung,” kata Kal Mos, Wakil Presiden Global dari Alliance Connected Vehicles di Renault-Nissan-Mitsubishi. “Di masa depan, Asisten Google, yang menggunakan teknologi AI terkemuka dari Google, dapat menjadi cara utama pelanggan berinteraksi dengan kendaraan mereka, bahkan tanpa menggunakan tangan.”

Maps akan menyediakan navigasi terakurat milik Google sementara pemilik bisa mengunduh aplikasi baru dari Play Store. Google Assistant memungkinkan penumpang menjawab panggilan dan SMS, mencari informasi, mengelola fungsi kendaraan serta mengontrol media menggunakan suara.

Sistem infotainment Renault-Nissan-Mitsubishi akan gunakan Google Assistant (Foto: Autocar India)

Kemitraan ini juga akan fokus pada pengintegrasian sistem berbasis clouds, yaitu Alliance Intelligent Cloud, dan konektivitas kendaraan untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Alliance Intelligent Cloud dapat membantu pengelolaan data dan memperbaharui bersama dengan aplikasi dari Google dan pengembang tambahan lainnya.

“Kami sedang membangun pengalaman onboard / off-board yang terhubung mulus dan kuat ke dalam kendaraan kami di samping fitur aplikasi dan layanan Google yang banyak digunakan pengguna lainnya, termasuk Google Maps, Asisten Google, dan Google Play Store,” tambah Hadi Zablit, Wakil Presiden Senior Pengembangan Bisnis di Renault-Nissan-Mitsubishi.

Apple CarPlay sudah mengambil ancang-ancang untuk memasukan Google Maps (Foto: The Verge)

Volvo dan Google juga memiliki kemitraan serupa yang diumumkan awal tahun ini. Namun Volvo tidak menentukan kapan kendaraannya akan mendukung sistem infotainment berbasis Android dan sistem operasi yang didukung langsung ke kendaraan. Dengan masuknya Google Maps ke sistem terbaru Apple CarPlay, akan ada lebih banyak kendaraan yang menggunakan teknologi dari raksasa buatan Larry Page ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”