Respons KPI Soal Desakan Boikot Lesti dan Rizky Billar di Televisi

ulinulin.com

    32SHARES

Lesti Dan Rizky Billar

Dream – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjawab desakan pengguna media sosial yang meminta lembaganya menyerukan stasiun televisi untuk memboikot kehadiran pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar di layar kaca.

Imbauan boikot ini mulai menggema di platform Twitter semenjak pihak Lesti memutuskan untuk mencabut laporan kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) ke Polres Metro Jakarta Selatan yang dikabarkan dibuat oleh ayah dari penyanyi asal Cianjur, Jawa Barat itu.

Banyak netizen yang kecewa dengan keputusan tersebut menggunakan tagar BoikotLeslar di kolom komentar dari akun Instagram KPI.

Nuning Rodiyah selaku Komisioner KPI menilai tuntutan publik untuk memboikot figur publik agar tak muncul di televisi menandakan kesadaran masyarakat sudah mulai terbentuk.

” Munculnya tuntutan publik atas apa yang sedang dilakonkan oleh public figure adalah indikator masyarakat kita semakin memiliki kesadaran kritis yang bergerak secara masif,” kata Nuning di Jakarta, Senin, 17 Oktober 2022.

© DREAM.CO.ID

Menurut Nuning, desakan itu menandakan makin banyak masyarakat yang berpikiran terbuka terkait pelaku KDRT yang tak perlu diberikan ruang lagi di depan publik.

” Seperti, bahwa KDRT itu salah. Kalau terjadi KDRT harus lapor, dan idealnya semua proses penegakan harus berproses sampai selesai untuk memberi efek jera bagi pelaku,” ucapnya.

Nuning pun berterima kasih kepada masyarakat yang sudah sadar bahwa pelaku KDRT tak perlu mendapat pembelaan, meski seorang publik figur.

” Terima kasih atas dukungan dan masukan publik tentang ‘tidak memberi ruang pada pelaku KDRT’,” tuturnya.(Sah)

Rizky Billar dibebaskan menjadi tahanan kasus Kekerasan Rumah Dalam Tangga (KDRT) terhadap Lesti Kejora. Ia dikeluarkan dari tahanan usai Lesti Kejora mengajukan penangguhan penahanan dan mencabut laporannya kepada polisi.

Ditemani kuasa hukumnya, Hotma Sitompul dan Philipus Sitepu, Rizky Billar menemui awak media di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat, 14 Oktober 2022, malam.

Ia pun akhirnya buka suara mengenai masalahnya dengan Lesti, setelah sebelumnya bungkam.

” Yang pertama kali ingin disampaikan saya sangat mencintai istri saya. Saya selalu ingin menjadi imam untuk keluarga saya,” ujar Billar seperti dikutip dari laman kapanlagi.com, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Billar pun menyatakan kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan kepada Lesti adalah sebuah kesalahan.

” Sebagai manusia tidak pernah luput dari kekhilafan dan kesalahan, dan itu, apapun kesalahan dan kekhilafan yang saya lakukan terhadap istri saya, saya ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada istri saya. Serta saya sudah meminta maaf kepada istri saya dan keluarga besar, dan juga masyarakat,” lanjut Billar.

Ia berharap hal ini bisa menjadi sebuah pelajaran di masa depan.

” Mudah-mudahan dengan kejadian ini bisa menjadi pembelajaran berharga bagi saya kedepannya. Mudah-mudahan kejadian ini bisa membuat rumah tangga kami semakin kokoh, semakin kuat, tidak terpengaruh dengan hal apapun dan siapapun. Mudah-mudahan kami selalu dikelilingi oleh orang yang tulus. Dan terakhir terima kasih kepada pihak kepolisan yang sudah bekerja dengan sangat baik,” kata Billar.

Sementara itu pengacara Billar yang diwakili oleh Philipus Sitepu menyatakan kliennya sudah berdamai dengan Lesti.

Kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan.

” Menyelesaikan cukup sampai di sini dan tidak akan menuntut hal lain di kemudian hari. Dan hari ini Billar boleh keluar. Restorative justice akan dipenuhi dalam beberapa hari ini karena harus ada beberapa materi yang dipenuhi untuk mencapai restorative justice dan keadilan mereka berdua.

Sebagai informasi, restorative justice mengandung arti yaitu keadilan yang direstorasi atau dipulihkan. Masing-masing pihak yang terlibat dalam suatu tindak pidana diberikan kesempatan untuk bermusyawarah.

Restorative justice menekankan pada kesejahteraan dan keadilan.

” Karena di sini keadilan yang perlu diperjuangkan, mereka sudah mendapat keadilan dengan berdamai. Dengan berdamai dan sudah merasa hubungan mereka bakal lebih baik lagi ke depan,” ujar Philipus Sitepu.

Usai mencabut laporannya terhadap Rizky Billar, Lesti Kejora memastikan akan tetep mempertahankan rumah tangganya dengan sang suami yang telah memberinya seorang anak. Lesti hanya berdoa agar pernikahannya tetap berjalan dengan lebih baik.

” Kan enggak ada pisah, doain aja,” kata Lesti Kejora di Mapolres Jakarta Selatan, Jumat, 14 Oktober 2022.

Meski telah melaporkan Rizky Billar karena tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) ke polisi, Lesti menegaskan tak pernah memiliki niat untuk berpisah dari suaminya tersebut.

Pedangdut yang biasa disapa Dedek itu juga yakin Rizky Billar sudah bertobat dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Terlebih Lesti telah membuat surat perjanjian dengan suaminya tersebut.

© dream

” Insyallah. Allah itu maha membolak balikan hati manusia, kita serahkan semua, saya berserah sama yang punya,” ucapnya.

Di sisi lain, Lesti yang masih menerima dan memaafkan Rizky Billar tetap menilai suaminya itu sebagai sosok ayah yang baik terutama untuk putranya.

” Hati suami saya, mau bagaimanapun dia orang tua terbaik bagi anak saya,” tuturnya.

Dream – viral di sosial media. Dalam unggahan video yang dibuat instagram @lambe_turah, pelantun ‘Kulepas dengan Ikhlas’ itu terlihat sudah akrab dengan sang suami yang dilaporkannya melakukan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT).

Lesti yang mengenakan kemeja putih dan kerudung coklat terlihat tengah berbincang dengan Rizky Billar ditemani kuasa hukum sang suami, Hotma Sitompul.

Dari video tersebut juga terlihat momen ketika Lesti berbisik-bisik kepada Hotman yang berusaha mendekatkan telinganya. Tak terdengar jelas pembicaraan apa yang dilakukan ketiga orang tersebut.

© instagram

Setelah berbicara bertiga di ruangan yang juga disaksikan banyak orang tersebut, Lesti, Rizky Billar dan Hotma Sitompul langsung pindah ke ruangan lain.

” Sudah ada pencabutan,” terdengar suara seorang pria dalam rekaman video tersebut.

Postingan video ini langsung mengundang beragam komentar netizen.

” Aduh ga abis pikir laki2 kek gitu masih dimaafin,” kata akun defiarosmaniar.

” Lain kali klw si RB kdrt sm selingkuh lg,dnikmati aj ya dek gk usah lapor2 lg mw sakit mw mati netizen gk peduli lg,sekolah pinter2 pas bucin jd goblok segoblok2nya,” sahut akun dhita_arka.

” Kok orang-orang malah ngerasa kena prank sih.. padahal apa yg dilalui Lesti pasti berat, apalagi keputusan yg diambil Lesti pasti sdh dipikirkan resikonya. Kita doakan aja yuk, semoga keduanya bisa konseling, apapun kelanjutan kisah merek,” kata akun qianandamaudy.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”