Review Epson WorkForce DS-310: Bisa Kartu Plastik dan Tanpa Adaptor

ulinulin.com – Sebagai perangkat pemindai yang mengusung konsep portabel, DS-310 memiliki fisik yang ringkas dan bisa digenggam dengan satu tangan orang dewasa. Saat hendak digunakan, Anda tinggal membuka bagian cover yang ternyata merupakan tempat penyangga kertas. Selain penyangga, disini juga terdapat feeder kertas yang mendukung ADF dan mampu menampung hingga 20 lembar kertas A4.

Di bagian dalam terdapat panel yang terdiri dari beberapa tombol fungsi serta switch. Panel di sisi kanan terdiri dari tombol power, indikator error dan feeding mode, tombol stop, dan fungsi scan. Selanjutnya di bagian kiri ada switch untuk mengubah piihan kertas yang akan dipindai (feed selector). Feed selector ini mendukung pemindaian kertas mulai dari jenis pain paper A4 sampai kertas plastik seperti kartu nama atau KTP. Namun khusus untuk kartu plastik tersebut, Anda mesti memasukkannya ke slot kartu yang berada di posisi bawah dan bukannya di bagian feeder.

Pemindai ini menggunakan pickup roller dan separation pad terpisah. Agar hasil pemindaian maksimal, disarankan Anda mesti menggantinya setelah penggunaan hingga beberapa kali. Menurut manualnya, dua bagian terpisah ini mesti diganti setelah penggunaan hingga 100.000 kali untuk roller dan 10.000 kali untuk pad.

Untuk memindai dokumen kertas A4, Anda bisa memindai secara bolak balik. Prosesnya gegas dan hanya memakan waktu 7 detik hingga proses selesai. Ini berlangsung ketika kami memindai dokumen A4 warna secara duplex dengan resolusi 300 dpi. Sedangkan proses memindai KTP, Anda mesti memasukkannya ke slot kartu. Dorong sedikit sampai secara otomatis kartu akan tertarik ke dalam. Waktu yang ditempuhnya pun sama dengan saat memindai kertas A4.

Dianjurkan untuk koneksi ke laptop atau komputer menggunakan USB3.0. Karena dengan menggunakan koneksi ini, pemindai bisa langsung digunakan tanpa perlu menggunakan adaptor. Sedangkan jika Anda hanya menggunakannya melalui USB2.0 atau USB1.1, pemindai mesti menggunakan adaptor.

Kesimpulan

Epson WorkForce DS310 tawarkan pemindai ringkas untuk kebutuhan perkantoran. Tawarkan keunggulan berupa kinerja gegas dan dukung pindai bolak balik dengan sekali proses, dukungan kartu plastik, serta penggunaan tanpa adaptor menggunakan koneksi USB3.0.

Plus: Desain portabel, ada slot khusus untuk kartu plastik, kinerja gegas, dengan USB3.0 bisa tanpa adaptor.

Minus: Bentuknya ringkih.

Spesifikasi

Epson Scan 2: JPEG, TIFF, Multi-TIFF, PDF, Searchable PDF, BMP, PNG

Document Capture Pro (Win): JPEG, BMP, PDF, Searchable PDF, TIFF, Multi-TIFF, PNG, DOCX, XLSX, PPTX

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”