Rumah Estetik Hemat Energi, Lihat Desain Kerennya

ulinulin.com

    7SHARES

Foto: Instagram @rumahnaganara

Dream – Rumah dengan konsep hemat energi saat ini tengah banyak diminati. Hal ini mengingat biaya listrik yang selalu naik tiap tahunnya. Sebisa mungkin, Sahabat Dream pasti ingin biaya listrik bisa ditekan.

Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan pencahayaan alami atau matahari. Penerangan matahari di negara tropis seperti Indonesia tentunya terjadi sepanjang tahun. Untuk itu buatlah ruangan yang terbuka dan memungkinkan cahaya matahari bisa masuk dengan optimal.

© @rumahnaganara

Foto: Instagram @rumahnaganara

Seperti yang diterapkan pemilik akun Instagram @rumahnaganara pada huniannya. Konsep rumahnya dibuat terbuka dengan pintu kaca dengan list, agar cahaya bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah dan tak perlu banyak lampu. Biar tak terasa panas, disiasati dengan pemilihan unsur dekorasi yang tepat.

© @rumahnaganara

Foto: Instagram @rumahnaganara

Open Concept

” Dekoratif dan warna, pemilihan tanaman hidup dan dekorasi kayu berperan penting untuk menciptakan rumah terlihat lebih teduh meskipun berlimpah cahaya matahari, tentunya ditambah dengan pemilihan warna earth tone menambah keselarasan di dalamnya,” tulis sang pemilik.

© @rumahnaganara

Foto: Instagram @rumahnaganara

Untuk memberi efek sejuk, dipasang kisi-kisi di area garasi agar panas tak terlalu menyengat di siang hari. Sang pemilik juga membuat taman mungil di samping rumah agar jadi pemandangan.

© @rumahnaganara

Foto: Instagram @rumahnaganara

Rumah ini menerapkan open concept, dengan ukuran 8×25, rumah ini jadi terkesan luas. Area dapur, ruang keluarga, ruang makan semuanya tanpa sekat.

© Instagram @rumahnaganara

Foto: Instagram @rumahnaganara

Sliding Door Kaca Bikin Rumah Terang Maksimal, Cari Tahu Biayanya

Dream – Matahari merupakan sumber penerangan alami yang bisa dimanfaatkan maksimal. Bagi Sahabat Dream yang ingin membuat rumah hemat listrik, dengan tak banyak lampu dan mendapat sumber cahaya alami, bisa dengan memasang sliding door kaca.

Pintu ini biasanya dipasang berbatasan langsung antara ruang keluarga dan taman. Hal ini agar pemandangan dari dalam rumah tetap memanjakan mata.

Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @mommy.etha, yang membuat sliding door kaca di area ruang keluarga. Pintu geser ini berdesain modern dan clean. Berbatasan langsung dengan taman samping, membuat pemandangan ruang keluarga jadi begitu cantik.

© Instagram.com @mommy.etha

Sang pemilik pun membagikan biaya yang dikeluarkannya untuk membuat sliding door kaca tersebut. Pintu memiliki list putih dengan kaca jendela setebal 10 mm. Untuk ukuran panjang 13,6 meter kusen aluminium menurut @mommy.etha, dibutuhkan biaya Rp2.516.000.

Lalu material kaca dengan panjang 5 m, harganya Rp2.050.000. Ditambah pintu kaca 10mm 2 pcs, Rp3.400.000. Total biaya yang dibutuhkan untuk sliding door kaca ini sekitar Rp7.966.000.

Sahabat Dream ingin juga membuat pintu kaca di rumah?

Kunci Rumah Open Concept Terlihat Rapi dan Estetik

Dream – Umumnya ruangan di dalam rumah dibatasi dengan sekat untuk membedakan fungsi. Sekat yang dibangun bisa berupa tembok, partisi kayu atau pembatas lainnya.

Adanya sekat memang bisa membuat rumah terlihat rapi karena ruangan yang berantakan bisa tertutup dengan baik. Sayangnya, efek yang muncul adalah suasana rumah jadi cenderung terasa lebih sempit.

Untuk menyiasati hal ini, ada yang bisa dilakukan, yaitu menerapkan open concept. Penataan rumah open concept ini adalah dengan tidak membangun sekat tegas untuk membedakan fungsi tiap ruangan. Seperti yang diterapkan pemilik akun Instagram @enoughomey.

© Instagram @enoughomey

Foto: Instagram @enoughomey.

Ia menata rumahnya dengan open concept dan lay out yang sangat menarik. Beberapa trik dibagikannya agar tampilan open concept jadi lebih menarik. Hal pertama adalah memilih furnitur yang tepat.

” Penataan furnitur jadi kekuatan visual untuk menegaskan tiap zona atau ruangan,” ungkapnya.

Minimalis dan Warna Netral

Kedua, terapkan konsep minimalis agar rumah tak terlalu berantakan. Tumpukan barang di satu satu juga berdampak pada keseluruhan suasana ruangan.

” Seleksi memilih dan menempatkan barang serta rutin decluttering,” tulisnya.

© Instagram @enoughomey

Foto Instagram @enoughomey.

Ketiga, pilihlah warna-warna netral untuk dekorasi rumah. Warna yang tepat yang membuat kesan lebih lapang.

” Pemilihan warna netral seperti putih dan cokelat yang dominan akan menciptakan ilusi ruangan yang terkesan luas,” pesannya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”