Rumah Hobbit Songgo Langit, Destinasi Wisata Alam Hits di Bantul

ulinulin.com – Sampai saat ini Jogja masih menjadi destinasi yang begitu banyak dikunjungi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang ada banyak destinasi menarik di kota ini. Salah satunya berada di daerah Bantul yang dikenal dengan Rumah Hobbit Songgo Langit. Keindahan alam yang disandingkan dengan wisata kekinian membuatnya banyak dikunjungi wisatawan.

Sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati tempat asri, terutama jika anda penggemar Film Lord Of The Rings. Hobbit menjadi makhluk dalam film ini yang begitu kondang. Karakternya yang kecil, dengan rumah rumah yang juga kecil. Dibuka dari 2017, replika rumah hobbit ini begitu terkenal dan banyak dijadikan tujuan untuk menghabiskan liburan di Jogja.

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Hobbit Songgo Langit

1. Berada di Kawasan Asri

Daya tarik utamanya yang membuatnya banyak dikunjungi yakni lokasinya yang berada di kawasan yang asri. Pengunjung akan menikmati suasana khas pegunungan dengan hutan pinus yang mengelilinginya. Lokasi Rumah Hobbitnya sendiri memang berada di tengah hutan pinus. Sehingga anda bisa merasakan udara yang sejuk dan suasana yang menenangkan.

Cocok untuk anda yang ingin mendinginkan kepala dari penat aktivitas harian. Anda bisa mengajak keluarga untuk singgah di Rumah Hobbit Songgo Langit ini. Hutan pinus yang subur memang begitu menarik perhatian wisatawan, terutama yang butuh suasana jauh dari keramaian. Dan destinasi hits Jogja ini termasuk dalam kawasan Seribu Batu Songgo Langit.

2. Suasana Negeri Dongeng yang Kental

Selain suasana yang asri, begitu anda menginjakkan kaki di sini anda seakan akan sedang berada di negeri dongeng. Tema yang diusung memang tema negeri dongeng, sehingga selama perjalanan menuju Rumah Hobbitnya, anda sudah akan menemukan spot spot pendukung. Elemen yang paling menonjol yakni elemen kayu yang membuatnya lebih unik.

Elemen kayunya juga memberikan kesan menyatu dengan alam. Anda akan menyusuri jalur trekking berupa jembatan kayu dengan pagar yang juga dibuat dari kayu. Pepohonan yang teduh serta hawa yang dingin menambah suasana yang khas. Anda akan menemukan beberapa patung, bangku serta spot spot yang menarik lainnya.

3. Menawarkan Spot Foto Berlimpah

Tidak hanya akan membuat anda lebih tenang, anda juga akan menemukan banyak spot foto di area Rumah Hobbit Songgo Langit ini. Setidaknya anda akan menemukan rumah unik yang jumlahnya sekitar tiga buah. Bangunannya memiliki bentuk lingkaran khas serta atap yang juga pendek. Di depan bangunan ini ditambahkan patung patung manusia kerdil.

Membuat kesan Rumah Hobbitnya semakin terasa jika anda mendekat. Sebenarnya kawasan wisata ini menduplikasi dari yang ada di Selandia Baru yang menjadi lokasi syuting film Lord Of The Rings. Spot foto yang berada di kawasan wisata ini juga tidak hanya rumah unik saja. Maka dari itu tidak heran jika pengunjungnya tidak pernah sepi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bagi anda yang tertarik untuk singgah di Rumah Hobbit Songgo Langit, tentu anda harus mengetahui alamatnya. Anda hanya perlu menuju Jalan Hutan Pinus Nganjir yang berada di Mangunan, Dlingo Bantul. Secara administratif termasuk dalam kawasan Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Lokasi wisata hits Jogja ini memang dekat dengan Hutan Pinus Mangunan maupun Kebun Buah Mangunan.

Inilah mengapa tidak sulit bagi wisatawan untuk menjangkaunya. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua juga roda empat untuk menuju wisata Bantul ini. Bagi anda yang memulai perjalanan dari pusat kota Jogja, maka anda harus mengarahkan kendaraan menuju arah Ringroad Selatan lebih dahulu.

Jika anda sampai di perempatan terminal Giwangan, anda tinggal mengambil arah untuk menuju Jalan Imogiri Timur. Ikuti saja jalan yang ada sampai nantinya anda akan menemukan arah menuju Pasar Imogiri. Rute menuju Rumah Hobbit Songgo Langit dilanjutkan dengan mengambil arah menuju Desa Mangunan saat tiba di pertigaan pasar Imogiri, Daerah Istimewah Yogyakarta.

Nantinya anda akan menemukan jalan yang terbilang menanjak dengan beberapa kelokan. Sehingga pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima dan tetap berhati hati. Anda akan menemukan petunjuk untuk menuju Seribu Batu Songgo Langit, cukup ikuti petunjuk yang ada. Jika anda kesulitan, anda juga bisa memanfaatkan gps yang terpasang pada smartphone.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Menikmati keindahannya, anda perlu menyiapkan budget sebagai tiket masuk menuju lokasi wisata hits ini. Harga tiket masuk Rumah Hobbit Songgo Langit termasuk ramah kantong anda. dimana anda hanya perlu menyiapkan budget mulai Rp 5 ribu. Bahkan tiket masuk ini sudah termasuk dengan asuransi pengunjung, sangat terjangkau bukan?

Tentu saja pengunjung masih harus menyiapkan budget untuk membayar biaya parkir. Dan tiket masuk juga akan berubah sewaktu waktu. Sementara jam operasionalnya mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Dari pukul 05.00 pagi sampai dengan pukul 22.00 WIB, sehingga anda bisa datang kapan saja tanpa takut tutup.

Menjadi bagian dari wisata Seribu Batu Songgo Langit, waktu paling tepat untuk menikmati keindahannya yakni pada pagi atau sore hari. Anda akan mendapatkan suasana yang lebih sejuk, mengingat saat siang hari cukup panas. Jika ingin lebih sepi, anda juga bisa datang ke Rumah Hobbit Songgo Langit ini pada saat hari biasa saja, akhir pekan atau liburan biasanya ramai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Rumah Hobbit

1. Trekking

Sebelum menuju lokasi, anda memang harus trekking terlebih dahulu. Aktivitas menarik ini tentu akan membuat liburan anda semakin menyenangkan. Tidak akan terasa begitu lelah, karena pemandangan sekitarnya yang begitu indah. Lokasinya memang dalam bentuk bukit, sehingga anda harus berjalan kaki yang nyaman untuk semua kalangan dan medan yang mudah.

2. Bersantai dan Menikmati Keindahan

Dengan alam yang begitu indah, rasanya sayang jika anda tidak mencicipi keindahannya. Udaranya yang sejuk juga akan membuat anda ingin menghabiskan waktu lebih lama. Bersantai sekedar duduk sembari menikmati keindahannya tentu bukanlah ide yang buruk. Sepanjang mata memandang, anda akan dimanjakan dengan pesona hutan pinus yang menyejukkan mata.

Mengajak orang tersayang tentu akan semakin menyenangkan. Rumah Hobbit Songgo Langit sendiri termasuk wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga, pasangan ataupun teman teman. Sembari bersantai anda bisa mengobrol di gazebo atau tempat duduk yang disediakan. Rasanya tidak akan puas jika hanya sebentar di kawasan wisata indah ini.

3. Camping

Karena berada satu kawasan dengan Seribu Batu Songgo Langit, anda bisa melakukan aktivitas camping di Puncaknya. Bermalam di sini, anda bisa menikmati suasana tenang dan dekat dengan alam. Selain itu, anda juga bisa berkesempatan untuk menilik indahnya sunrisenya. Hamparan awan dengan cahaya kekuningan memiliki daya magis tersendiri.

Atau jika anda tidak ingin camping dengan membawa peralatan sendiri, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas glampingnya. Di dalam tenda tenda yang ada, anda sudah bisa menemukan fasilitas yang memadai, mulai dari tv, tempat tidur dan lainnya. Glamping di kawasan wisata hutan pinus Bantul ini, akan memberikan pengalaman yang berbeda.

4. Menjajal Flying Fox

Jika anda ingin sekalian menantang adrenalin, di Rumah Hobbit Songgo Langit anda bisa mencoba meluncur dari atas ketinggian dengan flying fox. Hanya saja permainan ini masih disediakan untuk anak anak saja. Membuat wahana ini menjadi cara melatih keberanian di kecil. Tentu meluncur dari atas ketinggian ini sudah dilengkapi dengan keamanan yang memadai.

5. Mengelilingi kawasan dengan Mobil Jeep

Seperti yang disinggung sebelumnya, rumah hobbit menjadi bagian dari Seribu Batu Songgo Langit. Sehingga anda juga bisa menyewa jeep untuk mengelilingi hutan pinusnya. Tentu saja akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan begitu saja. Selama berkeliling ini, anda akan didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman dan terlatih.

6. Mengambil Foto Kekinian

Aktivitas seru yang tidak boleh diabaikan berikutnya yakni mengambil foto kekinian. Ada banyak spot yang bisa anda jadikan sebagai background untuk berfoto cantik. Tentu saja anda harus berfoto dengan rumah hobbit sebagai latar belakang. Di depan rumah ini terdapat tangga dari batuan yang biasanya menjadi spot favorit bagi wisatawan.

Bukan hanya itu, anda juga bisa mengambil foto di spot spot yang lainnya. Misalnya dengan mengambil foto di jembatan kayu yang ada. Atau bisa singgah di Rumah Kayu Purba yang jumlahnya sekitar 7 buah. Taman Bunga Toempah juga menjadi spot yang tidak boleh anda abaikan. Jarak antar spot ini tidak jauh, anda bisa menjangkaunya dengan jalan kaki.

7. Kulineran

Untuk membuat liburan anda di Rumah Hobbit Songgo Langit semakin lengkap, anda bisa mencicipi kulinernya. Terdapat Gubug Kuliner yang menawarkan banyak menu menarik. Tenang saja makanan yang dijual juga tidak dibanderol dengan harga yang mahal. Mengingat prinsip para pedagang yakni ada rasa ada harga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Bukan hanya bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik, pengunjung juga akan menemukan fasilitas pendukung. Sehingga bisa dipastikan jika anda akan sangat nyaman liburan di wisata hits Bantul ini. Fasilitas pertama yang bisa ditemukan di Rumah Hobbit Songgo Langit yakni area parkir kendaraan yang terbilang luas.

Sehingga bisa menampung semua kendaraan pengunjung dengan aman. Selain itu, anda juga bisa menemukan mushola untuk tempat ibadah. Soal toilet, anda juga tidak perlu khawatir karena ada beberapa toilet umum yang bisa anda temukan. Mushola ataupun Toilet dalam kondisi yang bersih dan juga memadai digunakan pengunjung.

Anda juga akan menemukan beberapa tempat duduk ataupun gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk anda beristirahat. Papan Informasi di beberapa titik juga akan memudahkan pengunjung dalam menjelajah setiap sudutnya. Tidak ketinggalan banyaknya spot foto yang bisa anda temukan di Rumah Hobbit Songgo Langit ini.

Bagi anda yang tidak sempat membawa makanan atau bekal, anda juga bisa menemukan warung warung makan yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Anda juga bisa berlama lama menghabiskan waktu di sini, karena terdapat fasilitas glamping yang nyaman. Anda akan dimanjakan dengan fasilitas glamping yang membuat anda semakin betah berlama lama.

Menghabiskan waktu di Rumah Hobbit di Bantul ini tidak akan membuat anda merasa bosan. Mengingat ada banyak spot yang bisa anda kunjungi dan lokasinya juga saling berdekatan. Termasuk destinasi yang hits, pastikan anda menyiapkan memori penyimpanan untuk foto yang melimpah. Karena ada banyak spot foto kekinian yang jangan sampai dilewatkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”