Rute ke Seruni Point, Spot Panorama Unggulan di Gunung Bromo

ulinulin.com – da banyak spot panorama di kawasan Gunung Bromo . Salah satunya adalah Seruni Point .

Spot panorama ini tidak berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), sehingga wisatawan tidak perlu booking online.

Salah satu keunikan Seruni Point adalah, adanya bangunan berupa pura dengan panorama terbuka ke arah selatan.

Dari Seruni Point, pemandangan ke arah Lautan Pasir Bromo terbentang luas. Tampak Gunung Batok, Kawah Gunung Bromo, hingga Puncak Mahameru di ujung.

Jika ingin ke Seruni Point, wisatawan bisa membayar tiket langsung di pos retribusi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Lokasi Seruni Point

Adapun Seruni Point tepatnya berada di Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Dari pusat Kota Probolinggo, jarak tempuh menuju Seruni Point adalah sekitar 47 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Karena lokasinya yang ada di Kabupaten Probolinggo, maka wisatawan bisa menjangkaunya melalui pintu masuk ke Bromo via Probolinggo.

Jika masuk melalui Malang, Lumajang, atau Pasuruan, wisatawan harus melalui lautan pasir yang luas terlebih dahulu dan naik ke dinding kaldera sisi utara yang terdapat Seruni Point.

Sementara itu jika dari pintu masuk Probolinggo, menuju Seruni Point bisa dilakukan tanpa harus turun terlebih dahulu ke lautan pasir.

Lokasi Seruni Point adalah sebelum Pos Registrasi Taman Nasional Bromo (TNBTS), belok kanan. Sudah ada plang petunjuk jalan menuju Seruni Point.

Cukup ikuti jalan yang hanya satu, maka area parkir kendaraan ke Seruni Point nantinya ada di ujung jalan. Selanjutnya, menuju Seruni Point harus dilakukan dengan jalan kaki atau kuda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”