Sabun Cuci Mobil? 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Membersihkan Mobil dengan Cepat

ulinulin.com

Tak hanya satu jalan ke Roma. Jika Anda tidak memiliki shampoo maupun sabun cuci mobil, ternyata ada beberapa bahan yang sering ditemukan di dalam rumah untuk membersihkan mobil dengan cepat. Dalam keadaan terdesak, seperti kaca mobil yang mengganggu visibilitas, Anda bisa menggunakan bahan-bahan rumahan di bawah ini.

1. Baking soda

Baking soda bisa membantu Anda membersihkan mobil

Baking soda merupakan salah satu bahan rumahan yang dipercaya mampu membersihkan mobil. Caranya cukup mudah, hanya dengan menuangkan ¼ cangkir soda kue dan tambahkan ¼ cangkir cairan pencuci piring. Tambahkan 1 cangkir cairan ke dalam ember berisi ar bersih dan tambahkan air hangat. Aduk, dan cairan tersebut bisa Anda gunakan untuk membersihkan mobil.

2. Minuman bersoda

Anda bisa membersihkan mobil dengan cepat dengan minuman bersoda

Selain enak untuk diminum, Anda bisa menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan kaca depan, terlebih untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran bekas air hujan. Namun yang paling penting, lindungi kap mobil terlebih dahuu dengan handuk. Pasalnya, kandungan asam dalam minuman bersoda mampu mengikis kotoran yang menempel pada kaca mobil.

3. Tisu bayi

Gunakan tisu bayi untuk membersihkan kaca

Kaca mobil terkesan buram namun Anda tak cukup waktu untuk membersihkannya? Gunakan tisu bayi untuk alat darurat membersihkan kaca mobil. Memang tak bisa dibandingkan ketika Anda membersihkan kaca menggunakan air dan sabun, namun cukup untuk membuat kaca terlihat bersih ketika berkendara.

4. Conditioner

Conditioner mampu membersihkan kotoran pada mobil

Selain membersihkan rambut, ternyata conditioner bsa digunakan untuk membersihkan mobil Anda. Untuk hasil yang lebih baik, pilih conditioner yang memiliki kandungan lanolin. Namun hindari selalu membersihkan mobil dengan conditioner. Karena kandungannya memang tak dikhususkan sebagai pencuci mobil.

5. Vodka

Vodka bisa digunakan untuk pengganti washer fluid

Vodka bisa digunakan sebagai bahan utama untuk washer fluid, atau air wiper. Anda bisa menggunakan vodka jenis apa saja, tanpa memandang merek maupun harga. Cukup campur 3 cangkir vodka dengan 4 gelas air ditambah 2 sendok makan sabun cuci piring. Lalu kocok dan tuangkan ke dalam tabung air wiper mobil Anda.

6. Pembalut

Dalam keadaan emergency, pembalut bisa membersihkan kaca mobil

Tak banyak yang mengetahui bahwa pembalut bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Jika Anda tidak menemukan bahan-bahan lain yang disebutkan di atas, pembalut bisa bekerja sebagai pembersih kaca yang lumayan manjur. Tak perlu tambahan bahan lainnya, Anda cukup membersihkan kaca dengan bagian tengah pembalut.

7. Minyak Tanah

Minyak tanah mampu mencegah karat pada mobil

Di musim hujan, resiko mobil berkarat karena tercampur air hujan dan lumpur menjadi lebih besar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencampur 1 cangkir minyak tanah dengan air. Lalu gunakan spons lembut yang poles mobil dengan seksama. Setelah itu, tak perlu membersihkan mobil dengan bahan lainnya.

8. Krim Tartar

Gunakan krim tartar untuk membersihkan kotoran berminyak pada mobil

Terkadang membersihkan kotoran yang memiliki unsur minyak tak cukup dengan menggunakan air. Untuk itu, Anda bisa menggunakan krim tartar di atas kaca mobil, setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan air dan sabun. Jangan lupa untuk mengelap dan mengeringkan kaca mobil untuk menjaga kaca bersih sempurna.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”