Sah! Toyota GR Supra Sekarang Punya Transmisi Manual

ulinulin.com – NAGOYA – Saat Toyota GR Supra resmi diluncurkan pada awal 2019 lalu, kehadirannya disambut oleh antusiasme dan juga kekecewaan dari para fanatik. Kekecewaan disebabkan oleh Toyota yang tidak menyediakan opsi transmisi manual untuk Supra terbaru. Namun hal itu kini telah direspons secara nyata oleh Toyota.

Akhirnya setelah menjadi rumor selama ini, GR Supra resmi mendapatkan transmisi manual. Yang lebih menggembirakan lagi mungkin bagi para purist Supra, transmisi manual ini dibuat sendiri oleh Toyota, bukan lagi mengadopsi milik BMW. Sama seperti pendahulunya, transmisi manual di generasi baru ini memiliki 6-percepatan.

Toyota menjelaskan bahwa transmisi manual ini dirancang khusus secara spesifik untuk mesin bawaan GR Supra, yaitu 6 silinder inline 3.0 liter turbo yang memiliki tenaga 382 hp dan torsi 497 Nm. Tentunya ada serangkaian ubahan yang harus dilakukan pada sistem drivetrain, demi membuat gearbox baru cocok dengan mesin.

Lebih lanjut dijelaskan kalau tim engineer Toyota mengubah ruma transmisi bawaan, driveshaft dan gear set serta melepas komponen yang tidak diperlukan. Yaitu seperti kemasan akustik yang setelah dilepas membuat bobot menjadi lebih ringan. pabrikan menambahkan kopling berdiameter besar dengan pegas diafragma yang telah diperkuat material dan konstruksinya.

Lebih lanjut, ubahan dan peningkatan yang diterapkan ke Supra manual ini juga meliputi rasio gir yang lebih pendek untuk meminimalisir start pelan dan feeling akselerasi lemah di putaran rendah. Gearbox juga didukung software untuk optimalkan performa, yang berperan memaksimalkan torsi mesin saat kopling menggigit dan dilepas saat pindah ke gigi atas. Namun jika software ini dirasa tidak sesuai selera atau mengganggu kesenangan berkendara, bisa dimatikan saat menggunakan mode Sport.

Pabrikan melakukan kalibrasi ulang untuk fitur traction control, stability control, dan sistem anti-roll agar sesuai dengan karakter transmisi baru. Pilihan mode berkendara Track hadir yang sekaligus memudahkan aksi drifting dengan GR Supra. Lalu kini hadir mode baru, yaitu Hairpin+, dikembangkan untuk optimalkan kontrol torsi mesin yang memungkinkan perbedaan lebih besar pada putaran antara roda kanan dan kiri.

GR Supra manual hadir dengan kode seri A91-MT, yang bukan sekadar mendapatkan transmisi manual. Toyota sekaligus melakukan penyegaran untuk sportscar kembaran BMW Z4 ini. Untuk varian mesin 3.0 liter dapat suspensi dan shock breaker yang disetel ulang, demi berikan keseimbangan ayunan dan kenyamanan suspensi. Power steering dan active rear differential juga ditingkatkan fungsinya demi performa lebih asik.

Toyota akan lebih dulu melansir GR Supra manual untuk pasar Amerika Serikat, yang kemudian disusul oleh negara lain. Indonesia seharusnya tidak terkecuali, mengingat Supra juga sudah resmi dipasarkan sejak 2019. Banderol harga untuk varian manual baru akan diumumkan secara resmi pada musim panas mendatang.(WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”