Sakit Punggung Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?

ulinulin.com – Sakit punggung adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan.

Gejala sakit punggung biasanya datang secara tiba-tiba di salah satu bagian tubuh.

Terkadang sakit punggung terasa di sebelah kiri, kanan, atas, bawah.

Rasa sakitnya bisa datang dari tulang, persendian, ligamen, sampai otot.

Melansir dari Penn Medicine, berikut penyebab sakit punggung hanya terasa di satu bagian tubuh saja:

1. Cedera jaringan

Penyebab paling umum sakit punggung adalah cedera jaringan.

Cedera jaringan tulang belakang umumnya menimbulkan gejala sakit punggung bagian kanan atau kiri.

Cedera jaringan ini dapat terjadi di otot, persendian, atau bagian lain di tulang belakang. Cedera ini jamak disebabkan olahraga atak kecelakaan.

Selain itu, penyebab lain cedera jaringan juga bisa dipicu postur duduk yang buruk.

Untuk mencegah cedera karena postur tubuh yanhg buruk, biasakan selalu duduk dengan posisi tubuh membentuk sudut 90 derajat bersama bagian kaki.

2. Masalah tulang

Masalah tulang seperti artritis sampai penyempitan tulang belakang dapat menyebabkan sakit di salah satu bagian punggung.

Gangguan pada tulang dapat membuat rasa sakit dari punggung menjalar sampai ke kaki.

Saat penderita artritis mengalami nyeri pinggul kanan, cara berjalanya otomatis ikut berubah untuk mencegah nyeri semakin parah.

Akibat postur yang tidak pas tersebut, otot di bagian punggung kiri tertarik dan bisa mengalami cedera dan sakit.

3. Gangguan organ dalam

Sakit punggung bagian kiri atau kanan juga bisa jadi tanda adalah masalah organ dalam, misalkan ginjal, pankreas, usus besar, atau rahim.

Sakit punggung bisa jadi gejala infeksi, peradangan, atau iritasi di organ tersebut.

Misalkan, sakit yang dirasakan penderita batu ginjal cenderung menjalar dari punggung bagian samping sampai ke pangkal paha.

Lain lagi dengan infeksi ginjal. Sakit punggung diikuti gejala lain seperti sakit saat kencing, mual, dan demam.

Sementara untuk masalah nyeri panggung akibat endometriosis atau fibroid, sakit punggung terasa di sebelah kanan bagian bawah.

Tak hanya sakit punggung, masalah di organ reproduksi wanita bisa ditandai dengan gejala lain seperti haid tak normal, sering kencing, sampai nyeri saat berhubungan seksual.


Penyebab sakit punggung bisa beragam. Namun, Anda perlu bergegas ke rumah sakit saat sakit punggung diikuti gejala nyeri tulang belakang, nyeri disertai bengkak, sampai sakit perut dan dada.

Selain itu, konsultasikan dengan dokter apabila sakit pungung tidak kunjung hilang dengan istirahat atau obat penghilang rasa sakit.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”