Sama-Sama Bermanfaat untuk Jerawat, Bolehkah Benzoyl Peroxide dan Retinoid Dipakai Bersamaan?

ulinulin.com

    7SHARES

Memakai Skincare. (Source: Shutterstock)

Dream – Ketika berbicara produk skincare yang dapat melawan jerawat, benzoil peroksida seringkali dijadikan pilihan bahan aktif utama. Selain itu, retinol atau retinoid juga kerap menjadi pilihan bahan aktif untuk membantu penyembuhan jerawat.

Tapi sebelum menggunakan keduanya, kamu perlu mengetahui cara tepat untuk memakainya. Sehingga, perawatan yang dilakukan benar-benar efektif.

Dilansir Skincare.com, berikut hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan kedua bahan aktif tersebut secara rutin.

Bolehkah Menggunakan Benzoil Peroksida dan Retinoid Bersamaan?

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Benzoil peroksida dan retinoid sama-sama produk yang efektif untuk melawan jerawat maupun bekasnya. Hanya saja, cara kerja keduanya berbeda. Retinoid dapat mencegah tersumbatnya pori-pori. Sementara benzoil peroksida membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi produksi minyak.

Meski bisa mengatasi jerawat, namun keduanya tidak disarankan untuk dipakai dalam waktu yang sama. Pasalnya, gabungan kedua bahan aktif dapat membuat salah satu di antaranya kurang efektif dan iritasi.

Bagaimana Cara Menggunakan Keduanya ke Rutinitas Skincare?

Boleh saja menggunakan benzoil peroksida dan retinoid, asal tidak digunakan dalam satu waktu. Dokter Kulit, Elizabeth Houshmand menyarankan untuk menggunakan sabun cuci muka dengan kandungan benzoil peroksida berkonsentrasi rendah di pagi hari dan membilasnya. Kemudian, menggunakan retinoid secukupnya beberapa kali seminggu di malam hari.

Perlu diingat bahwa rutinitas tersebut bisa terasa terlalu berat bagi beberapa jenis kulit. Itu artinya, kamu masih bisa mengalami kulit kemerahan, bersisik, sensitif, perih, kering, atau pecah-pecah.

Kamu bisa mencoba menggunakan benzoil peroksida dan retinoid di hari yang berbeda atau mengontrol jumlah pemakaian produk untuk mengetahui kemampuan kulitmu.

Perhatikan juga frekuensi penggunaan kedua bahan tersebut. Jangan lupa hidrasi kulit menggunakan pelembap bebas minyak dan tabir surya setiap pagi untuk menghindari efek samping pemakaian retinol serta mengoptimalkan perawatan wajah.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Acne Patch VS Spot Treatment, Mana yang Lebih Baik untuk Mengatasi Jerawat?

Dream – Munculnya jerawat bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Cara mengatasinya pun tidak selalu mudah. Bahkan, sebagian orang memiliki wajah berjerawat yang tidak pernah benar-benar bisa dihilangkan meski telah melakukan perawatan secara intens.

Meski begitu, jerawat tetap bisa diatasi dengan berbagai cara. Kamu pun tidak selalu harus berkonsultasi ke dokter kulit untuk bisa mengatasinya. Mulailah mencari produk yang tepat untuk mengatasi jerawat terlebih dulu.

Produk skincare yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat terbagi menjadi dua, yaitu acne patch dan spot treatment. Walaupun memiliki fungsi serupa, tapi keduanya memiliki cara kerja berbeda. Efektivitasnya pun berbeda-beda pada setiap orang. Dilansir dari Skincare.com, berikut beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum menggunakan kedua produk tersebut.

Perbedaan Acne Patch Jerawat dengan Spot Treatment

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Acne patch merupakan stiker kecil yang biasanya terbuat dari hidrokoloid dan ditempelkan di atas jerawat. Biasanya, acne patch juga mengandung bahan aktif lainnya yang mampu membantu proses penyembuhan jerawat.

Pemakaian acne patch bisa membantu mencegah kontaminasi bakteri yang bisa memperparah kondisi jerawat. Selain itu, acne patch juga membantu menyerap sisa minyak serta kotoran dari jerawat. Sehingga, jerawat akan lebih cepat teratasi dan kamu pun tidak akan bisa memencetnya.

Berbeda dengan acne patch, spot treatment atau obat totol memiliki tekstur seperti skincare biasa. Namun, kamu hanya bisa membaurkannya di area kulit yang berjerawat. Biasanya, spot treatment mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, cortisone, atau sulfur.

Apakah Acne Patch dan Spot Treatment Berfungsi Pada Semua Jenis Jerawat?

Setiap jenis jerawat memerlukan perawatan yang berbeda. Acne patch umumnya bekerja pada jerawat dangkal di dekat permukaan, seperti whiteheads atau pustula. Sedangkan pemakaian spot treatment bergantung pada kandungannya dan bisa mengatasi jerawat yang meradang.

Acne patch bisa mungkin menjadi pilihan yang baik untuk orang yang memiliki kulit sensitif, karena tidak membuat kulitmu kering dibandingkan ketika memakai spot treatment. Berbeda dengan acne patch, spot treatment dapat digunakan sebelum jerawat muncul di atas permukaan.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”