Sanghyang Kenit, Pesona & Mitos Dibalik Keindahannya di Bandung Barat

ulinulin.com – Bandung memiliki berbagai jenis wisata alam yang mengagumkan seperti Goa alami. Terdapat beberapa goa eksotis di Bandung yang terkenal seperti Sanghyang Heleut, Sanghyang Tikoro, Goa Sanghyang Poek, dan Sanghyang Kenit. Walaupun masih tergolong lokasi baru, goa ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Goa yang terletak di daerah Rajamandala ini mempunyai segudang daya tarik. Tak hanya keindahan alam disekitar lokasi, namun tempat ini juga menyimpan cerita unik dibaliknya. Bila anda berkunjung ke Bandung Barat, anda wajib memasukkan wisata alam Sanghyang Kenit ke dalam list perjalanan petualangan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Sanghyang Kenit

1. Aliran Sungai Citarum Purba

Pemandangan alam Sungat Citarum memang menarik perhatian. Walaupun kondisi sungai ini sudah tak alami lagi dan banyak terjadi pencemaran, namun ternyata terdapat aliran tersembunyi yang terselubung keindahan alam yang memukau. Pemandangan aliran sungat Citarum ini ditambah dengan barsan bukit dan dinding batu yang begitu megah.

Pemandangan yang indah ini menurut cerita adalah terbuat secara tidak sengaja secara alami. Jajaran batuan, tebing hingga Goa yang terkenal ini sebenarnya muncul karena air dari Waduk Saguling surut. Air dari Waduk Saguling menuju aliran Sungai Citarum ini kemudian akan dialihkan ke PLTA Rajamandala.

Tak hanya para wisatawan, namun lokasi Sanghyang Kenit juga sering dikunjungi oleh peneliti dan banyak komunitas pecinta alam. Walaupun sudah ada sejak lama, namun lokasi wisata Goa ini baru diresmikan untuk kebutuhan wisata baru sejak Juni 2021 yang lalu. Pembukaan lokasi wisata langsung diresmikan oleh Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata setempat.

2. Cerita Mitos Dibalik Keindahannya

Sanghyang Kenit tak hanya indah namun juga menyimpan cerita mitos dibaliknya. Terdapat dua cerita mitos yang berkembang di masyarakat terkait nama Goa di Bandung satu ini. Walaupun mitos ini tidak mempunyai dasar bukti yang jelas, namun penduduk sekitar masih mempercayai cerita dibaliknya.

Sanghyang sendiri perpaduan dari kata Sang dan Hyang mempunyai arti sesuatu yang dianggap agung dan juga luhur. Sedangkan untuk arti kata Kenit atau Kedit mempunyai arti yaitu melingkar. Hal ini karena Goa ini mempunyai bentuk unik yang melingkar dan bulat. Bahkan arus Sungai Citarum sendiri berbentuk lingkaran dan berputar.

Mitos lainnya yang berkembang di masyarakat adalah tentang keturunan wali yang mempunyai nama Eyang Wastu Lingga. Wali ini suatu saat menyembelih hewan kendit sebagai tumbal. Kendit sendiri adalah seekor kambing yang berwarna putih seperti sabuk pinggang namun badannya hitam. Kambing ini kemudian disembelih untuk persembahan.

Berbagai macam mitos yang berkembang dan dipercaya masyarakat sekitar tersebut boleh anda percaya boleh tidak. Namun cerita tentang asal usul nama Sanghyang Kenit cukup menarik untuk disimak dan dijadikan cerita. Mitos yang beredar ini juag bisa menarik banyak wisatawan untuk berkunjung karena penasaran.

3. Keindahan Tersembunyi

Banyak kegiatan alam yang aman dilakukan di lokasi wisata satu ini. Pengelola menyediakan berbagai permainan yang menarik seperti susur goa Sanghyang Kenit hingga arum jeram. Namun kegiatan bersama alam ini akan bisa dilakukan sesuai dengan keadaan alam dan cuaca pada hari itu. Sehingga bila beruntung anda akan bisa menikmatinya.

Bila anda melakukan susur Goa bersama rombongan, maka anda akan disuguhi pemandangan dalam Goa yang menarik dan unik. Terdapat kolam air dengan setinggi perut manusia yang aman bila anda jadikan tempat bermain air. Semakin jauh anda menyusuri Goa, anda akan menemukan beberapa Goa lainnya yang berjajar indah.

Warna yang indah akan terpantul oleh cahaya matahari dari dalam Goa. Hal ini akan membuat suasana dalam Goa terasa lebih cantik dan indah. Warna semburat seperti pelangi ini kerap diabadikan menjadi objek foto alam yang menarik. Sehingga para fotografer alam akan menjadikan lokasi ini cocok untuk perburuan foto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi wisata Goa ini terletak di daerah Rajamandala, Bandung, Jawa Barat. Bila anda berkendara dari luar kota Bandung, maka jalur yang bisa anda pilih adalah dengan keluar Tol Padalarang dan menuju daerah Rajamandala. Setelah itu anda bisa berbelok menuju ke arah PLTA Saguling. Bila menggunakan rute ini akan dibutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga tiba di lokasi.

Anda yang bukan warga asli Bandung juga tak perlu kuatir, karena papan petunjuk jalan menuju Saguling sudah ada dan sangat jelas. Namun bila anda kesulitan menentukan arah, anda juga bisa menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi Goa. Rute menuju ke arah Goa Sanghyang Kenit sama seperti rute menuju arah Goa Sanghyang Heleut, Poek dan Tikoro.

Bila sudah sampai di lokasi Goa, maka kendaraan motor akan diparkir tak jauh dari lokasi. Jarak lahan parkir hingga lokasi Goa tidaklah jauh dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Namun anda juga harus berhati hati menyusuri jalur tersebut karena masih terjal dan sempit bahkan licin bila musim hujan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Wisata alam Sanghyang Kenit ini membebankan biaya tiket masuk yang terjangkau. Anda tak perlu menyiapkan anggaran yang banyak bila berkunjung ke destinasi alam ini. Untuk harga tiket masuknya per orang hanya dikenakan Rp 8.000 saja dan juga untuk tarif parkir kendaran sekitar Rp 2.000. Murah bukan?

Untuk jam operasionalnya memang tidak dicantumkan. Hal ini karena lokasi wisata ini terbuka setiap hari dan juga kapan saja untuk keperluan camping. Sehingga untuk waktu berkunjung, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perjalanan anda. Tunggu apalagi, segera persiapkan peralatan untuk menjelajah anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sanghyang Kenit

1. Menikmati Keindahan Alam Sungai Citarum

Sungai Citarum memang sudah tercemar dan kondisinya saat ini sudah tidak alami seperti dulu. Namun keindahan dibaliknya tetap tidak bisa disembunyikan. Keindahan alam yang sudah ada sejak jaman dahulu ini akan membuat anda merasa nyaman dan betah berlama lama menikmatinya di sekitar Goa Sanghyang Kenit.

Aliran air yang tidak terlalu deras ditambah dengan pemandangan dinding tebing yang terlihat menakjubkan akan membuat pengalaman liburan anda begitu menarik. Hamparan bebatuan yang sudah ada sejak jaman purba ini memang harus dilestarikan karena batuan yang membentang disepanjang sungai tersebut menjadi lokasi yang mempunyai daya tarik sendiri.

2. Hunting Foto Estetik

Berburu foto estetik wajib dilakukan oleh masyarakat saat ini. Bila di lokasi wisata eksotis, tak lengkap rasanya bila tidak berfoto di spot yang estetik. Begitu juga bila berkunjung ke Sanghyang Kenit, akan sayang bila anda melewatkan panorama alamnya yang bisa menjadi latar belakang foto yang cantik.

Selain foto dengan latar belakang pepohnan yang rindang, sungai yang cantik anda juga bisa memanfaatkan jajaran bebatuan eksotis di dekat tebing. Namun walaupun memang hasilnya cantik, anda tetap harus mengedepankan keselamatan ya. Hindari berfoto di area yang yang sulit terjangkau manusia.

3. Menjelajahi Goa

Sanghyang Kenit ini cocok untuk orang yang mempunyai jiwa petualang. Hal ini karena lokasi wisata ini mempunyai akses jalan yang cukup menantang. Menyusuri Goa di dalamnya akan menjadi pengalaman berwisata yang tak akan terlupakan. Namun bila anda ingin melakukan susur Goa maka akan disarankan berombongan dan tidak boleh sendiri.

Namun tak perlu kuatir, tiap rombongan akan dijaga oleh guide yang akan memberi alat keselamatan untuk masing masing orang di dalam rombongan. Alat keselamatan tersebut antara lain adalah helm dan pelampung. Untuk tarif yang dikenakan untuk susur Goa adalah sekitar Rp 150 ribu per orangnya.

Susur goa akan membuat anda melewati jalur di antara celah celah Goa yang cenderung licin dan sempit. Bahkan di beberapa jalur masih ada genangan air dengan tinggi perut orang dewasa. Genangan air ini juga dihuni beberapa jenis ikan seperti ikan baung dan ikan gabus. Kegiatan ini akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

4. River Tubing

Kegiatan satu ini juga bisa anda coba bila berkunjung ke lokasi wisata Goa. Namun kegiatan menantang satu ini hanya bisa anda lakukan bila waktunya tepat dan tidak bisa dilakukan setiap saat. Bila aliran sungai sedang tinggi, maka pihak pengelola akan membuka kegiatan River Tubing dari jalur Sanghyang Tikoro menuju Sanghyang Kenit. Tentunya kegiatan ini lebih menantang dan membuat libur Anda lebih seru.

5. Camping di Sanghyang Kenit

Lokasi wisata alam daerah Goa ini mempunyai panorama yang indah. Sehingga tak jarang banyak orang yang bisa melakukan Camping di daerah ini. Lokasi sekitar wilayah Goa sudah disediakan oleh pihak pengelola, yaitu area camping dengan lahan yang nyaman. Anda bisa merencanakan dan membawa pealatan anda sendiri disini.

Namun, kalau anda tidak membawa peralatan camping sendiri dan bermaksud melakukan camping secara dadakan, maka pihak pengelola lokasi wisata juga menyediakan persewaan alat camping. Alat camping tersebut meliputi tenda, Kompor, Sleeping bag, Flysheet, Matras, Hammock hingga Headlamp dengan harga sewa yang terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Goa

Karena lokasi Sanghyang Kenit ini masih sangat alami dan belum banyak diketahui wisatawan, maka akses ke lokasi dan fasilitas yang tersedia juga masih dalam tahap pengembangan. Bila anda berkunjung ke lokasi wisata ini, akses menuju Goa masih terbatas dengan jalan yang masih belum dibangun rapi. Sehingga sedikit akan memberi tantangan kepada wisatawan.

Fasilitas seperti kamar mandi dan tempat makan bisa anda temui di sekitar lokasi Goa. Beberapa warung di sekitar lokasi wisata tersebut juga menyediakan beberapa paket makanan dengan es kelapa untuk para wisatawan. Sehingga anda tidak perlu kuatir bila ingin beristirahat makan siang sejanak setelah menyusuri Goa.

Kawasan goa ini juga memiliki pemandu wisata yang handal. Walaupun pemandu wisata ini adalah warga lokal sendiri, namun bila anda membutuhkannya maka mereka akan membantu dengan baik. Tarif pemandu lokasi wisata ini tidak menerapkan tarif khusus, sehingga anda bisa membayar mereka sesuai dengan keihklasan saja.

Wisata alam selalu diminati dan digemari banyak orang hingga kini. Hal ini karena wisata alam dipercaya mampu mengurangi tingkat kepenatan sejanak dari padatnya aktifitas sehari hari. Indonesia terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis, termasuk Sanghyang Kenit di Bandung Barat. Namun selama berlibur hendaknya selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang. Selamat berlibur.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”