Sebelum Memboyongnya, Baca Dulu Tips Lengkap Membeli Datsun GO+ Panca Bekas

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/11/19/6kDubyiR/datsun-go-7-3347.jpeg”>

Kehadiran mobil LCGC menjadi solusi untuk masyarakat yang ingin berpindah dari sepeda motor ke mobil atau pembeli mobil pertama. Harga yang terjangkau membuat mobil ini mendapat respon positif dari publik. Salah satunya adalah Datsun GO+ Panca yang diawal kemunculannya mendapat animo positif dari konsumen. Mobil ini pun menjadi pionir untuk mobil LCGC dengan 3 baris bangku. Ketika Toyota Calya dan Daihatsu Sigra meluncur, popularitas Datsun GO+ Panca semakin menurun.

Saat ini Datsun GO+ Panca pun semakin banyak ditemui di pasar mobil bekas. Meski popularitasnya menurun, tetapi soal kualitas tidak terlalu buruk untuk sebuah mobil LCGC. Harga bekasnya rata-rata dibanderol Rp 90 jutaan hingga Rp 100 jutaan untuk tahun produksi 2015. Sementara bila Anda mengincar usia yang lebih muda, tahun 2016 dibanderol sekitar Rp 120 jutaan hingga Rp 130 jutaan. Harga tersebut cukup terjangkau mengingat saat ini untuk sebuah mobil baru LCGC berkisar Rp 140 jutaan hingga Rp 170 jutaan.

Datsun GO+ Panca mempunyai dimensi lebih panjang dari GO Panca karena mampu menampung 7 penumpang

Mesin berkapasitas 1.198 cc berkonfigurasi 3 silinder sudah cukup untuk lalu lintas dalam kota. Salah satu keunggulannya ialah torsinya yang cukup besar yakni 104 Nm pada 4.000 rpm. Saat mobil melaju, putaran bawahnya cukup besar sehingga respon mesin cukup sigap. Namun ketika putaran atas atau lebih dari 4.000 rpm, kekuatan terasa datar atau menurun. Tidak seresponsif saat diputaran bawah. Selain itu keunggulan dari mesin 3 silinder adalah efisiensi bahan bakarnya yang lebih baik dengan kapasitas cukup. Lantas bagian apa saja yang harus dicek dan diperhatikan saat ingin membeli Datsun GO+ Panca bekas?

Teknis

Pada bagian teknis, ada beberapa catatan bila Anda berencana memboyong Datsun GO+ Panca bekas. Bagian knuckle dan cakram pada mobil ini rentan akan karat. Memang karat yang terlihat ini bila belum terlalu parah tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja rem. Namun secara estetika, mobil seperti terlihat tidak terawat. Ada baiknya juga Anda lakukan test drive terlebih dahulu sebelum membelinya, pastikan rem berfungsi dengan baik. Mengingat rem adalah komponen vital pada mobil.

Ruang mesin menjadi bagian penting untuk diperiksa dan pastikan tidak ada kebocoran oli atau rembesan air

Saat test drive, tidak hanya komponen rem yang harus Anda perhatikan. Rasakan putaran mesin apakah masih responsif atau tidak. Pabrikan Datsun merekomendasikan GO+ Panca menggunakan bahan bakar beroktan 92. Cukup banyak pemilik sebelumnya yang menggunakan bahan bakar RON 90 atau dibawahnya. Efek yang cukup terasa umumnya gejala menggelitik dan gas yang kurang responsif. Sementara jangka panjang, komponen filter dan usia mesin menjadi lebih pendek.

Setelah melakukan test drive, periksa ruang mesin mobil. Pastikan tidak ada rembesan oli yang menjadi indikasi ada kebocoran. Bila Anda menemukan kebocoran, segera minta pemilik sebelumnya untuk memperbaikinya terlebih dahulu atau negosiasi harga. Komponen terakhir yang tidak kalah penting adalah kaki-kaki. Pastikan tidak ada karat dan bantingan masih nyaman. Datsun GO+ Panca mempunyai karakter bantingan yang pas, tidak keras tapi juga tidak terlalu empuk. Sehingga masih nyaman ketika melalui kontur jalan rusak atau polisi tidur.

Lantai kabin Datsun GO+ Panca tidak terlalu baik dalam meredam suara bising jalanan

Non-teknis

Pada sektor non-teknis, konsekuensi ketika Anda membeli Datsun GO+ Panca adalah kualitas peredaman kabin yang tidak terlalu baik. Pabrikan hanya memberi lapisan karpet tipis pada lantai kabin sehingga suara ban ketika jalan terdengar jelas. Beruntung bila Anda membeli kondisi bekas dimana pemilik sebelumnya sudah menambahkan peredam sebagai solusinya. Bila belum, Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 5 jutaan untuk menambah peredam pada lantai kabin.

Datsun GO+ Panca produksi 2015 belum dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang sudah umum digunakan pabrikan lain. Seperti airbag dan rem ABS yang tidak disematkan pada Datsun GO+ Panca ini. Sehingga Anda harus lebih waspada dan berhati-hati. Selain itu sabuk pengaman 3 titik juga hanya tersedia pada baris depan untuk pengemudi dan penumpang depan. Sementara baris kedua dan ketiga belum tersedia.

Fitur keselamatan tidak terlalu lengkap dengan absennya airbag dan ABS

Komponen lain yang juga harus Anda perhatikan adalah karet-karet pada pintu. Meski masih berusia muda, tidak ada salahnya memeriksa bahwa karet-karet yang menjadi peredam saat menutup pintu tersebut masih dalam kondisi baik. Karena bila ada air mengendap bisa membuat karet lebih cepat getas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”