Sederhana & praktis, ini cara membuat pempek lezat tanpa ikan

ulinulin.com

Makanan khas Provinsi Sumatera Selatan ini memang sudah sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak abad ke-16. Nama pempek sendiri diambil dari kata empek-empek, atau pek-pek yang menjadi sebutan laki-laki tua pada pria Tionghoa.

Tak perlu harus ke Palembang untuk menikmati cita rasa makanan yang identik dengan rasa ikan ini lho, hampir di seluruh kota Indonesia menjual pempek. Harga pempek sendiri biasanya di bandrol Rp 12.000 – Rp 20.000 tergantung bentuk dan banyaknya ikan dalam pempek.

Nah kalau kamu tak menyukai ikan atau ingin membuat pempek dengan budget yang lebih ringan, kamu juga bisa membuat pempek lezat tanpa ikan. Penasaran?

Yuk simak cara membuat pempek lezat tanpa ikan, yang brilio.net lansir dari cookpad, Jumat (19/1).

Bahan:1. 500 gram tepung tapioka2. 250 gram tepung terigu3. 1 butir telur4. 1 sdm minyak goreng5. 1 bks royco ayam atau penyedap lainnya6. 2 sdt garam7. 500 ml air hangat

Isian:Sesuai selera, bisa menggunakan sayur pepaya atau menggunakan telur puyuh dan telur ayam.

Cara membuat:1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, garam, royco, telur dan minyak goreng dalam satu wadah.

2. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit.

3. Aduk adonan hingga tercampur rata.

4. Uleni adonan hingga kalis.

5. Bentuk adonan sesuai selera. Bila kamu ingin membuat pempek kapal selap, kamu bisa menambah telur ayam rebus, atau telur puyuh saat membentuk adonan seperti kapal selam.

6. Rebus dalam air mendidih. Tunggu sampai adonan mengapung lalu angkat dan dinginkan.

7. Setelah dingin, goreng dengan api sedang hingga kecokelatan.

8. Angkat dan sajikan dengan kuah cuka. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan mie kuning.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website briliofood.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”