Sejarah Sumpah Pemuda, Lengkap dengan Teks dan Tokoh Utamanya

ulinulin.com – Hari Sumpah Pemuda diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Tapi, sudah tahukah sejarah Sumpah Pemuda bagi fondasi kemerdekaan Republik Indonesia? Ceritakan pada Si Kecil yuk!

Pada 49 tahun silam atau tepatnya di tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda di seluruh Indonesia berkumpul untuk mengadakan rapat penting membahas kondisi negara yang kala itu dalam penguasaan penjajahan Belanda.

Hari Sumpah Pemuda sendiri bukan hanya sebagai perayaan sejarah. Ada beragam makna yang bisa digali dari peristiwa tersebut.

Peristiwa Sumpah Pemuda mengisyaratkan kepada seluruh warganegara Indonesia untuk selalu meningkatkan semangat pantang menyerah dalam melakukan sesuatu. Semangat ini pun tercermin dari para tokoh yang memprakarsai lahirnya Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda merupakan momentum yang sangat berpengaruh terhadap perjalanan bangsa Indonesia. Hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu bukti perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan.

Alasan Sumpah Pemuda penting dalam sejarah Indonesia

Melihat dari buku Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan susunan Tim Ganesha Operation, Sumpah Pemuda memiliki arti yang penting bagi masyarakat Indonesia. Momen ini menjadi wujud nasionalisme pada pemuda dalam mengupayakan kemerdekaan dan terlepas dari penjajahan.

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan jumlah penduduk yang tersebar di seluruh wilayahnya. Tanpa persatuan dan kesatuan, Indonesia tidak mungkin merdeka.

Dengan latar belakang ini, diperlukan sarana untuk mempersatukan setiap daerah demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda pun menjadi salah satu sarana tersebut.

Sejarah perumusan sumpah pemuda

Ketika masih dalam masa penjajahan Belanda, para pemuda dari kelompok pelajar di Indonesia sepakat untuk mendirikan organisasi bernama Indonesische Student Bond atau PPPI pada tahun 1926.

Kelompok ini terdiri dari pemuda terpelajar yang menempuh pendidikan di Stovia, Techniche Hoogeschool te Bandoeng (THS) dan Rechtshogeschool te Batavia (RHS). Mereka memiliki visi misi sama untuk menyingkirkan para penjajah yang mengekang Indonesia.

1. Kongres Pemuda I

Pada 30 April hingga 2 Mei 1926, Kongres Pemuda mulai digelar, Bunda. Ini merupakan pertemuan kelompok para pemuda Indonesia dalam skala nasional.

Pertemuan ini disebut sebagai Kongres Pemuda 1 dan berlangsung di Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta. Maksud dan tujuan dari pertemuan ini adalah untuk membahas strategi serta menyampaikan gagasan terkait cara membebaskan diri dari penjajah. Mereka juga mempertimbangkan hal lain seperti permasalahan perempuan, agama, hingga bahasa persatuan bagi Indonesia.

2. Kongres Pemuda II

Kongres Pemuda I belum menemukan titik terang sehingga pertemuan berlanjut ke Kongres Pemuda II pada 27 sampai 28 Oktober 1928, Bunda. Pertemuan kali ini diselenggarakan di tiga tempat dengan pembahasan yang berbeda.

Rapat pertama, Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Mengutip dari laman resmi Museum Sumpah Pemuda, rapat pertama dilakukan pada Sabtu, 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongelingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Kongres ini diharapkan bisa memperkuat semangat dalam sanubari para pemuda.

Rapat kedua, Gedung Oost-Java Bioscoop

Rapat kedua digelar pada Minggu, 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop. Kali ini, rapat membahas masalah pendidikan dengan pembicara Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro. Mereka berpendapat bahwa anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah secara demokratis.

Rapat ketiga, Gedung Indonesische Clubhuis Kramat

Pada sesi berikutnya, pembicara Soenario menjelaskan tentang pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan pembicara Ramelan mengemukakan gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional.

Sebelum kongres ditutup, lagu Indonesia Raya karya W.R. Supratman didengarkan untuk pertama kalinya dan disambut meriah oleh para peserta kongres. Kongres kemudian ditutup dengan mengumumkan hasil kongres yang disebut Sumpah Pemuda.

Lantas seperti apa teks Sumpah Pemuda dan siapa saja tokoh utamanya? Simak selengkapnya di laman berikutnya ya, Bunda!

    45 Lagu Nasional Lengkap dengan Lirik dan Sejarahnya

    Memahami Urutan dan Arti 5 Lambang Pancasila, Jangan Sampai Tertukar

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”