Semakin Dibutuhkan, Ketahui Pentingnya Bahasa Mandarin Bisnis di Sini!

ulinulin.com – Tak banyak orang yang paham pentingnya bahasa Mandarin dalam bisnis. Padahal, beberapa pekerjaan saat ini menjadikan keterampilan bahasa tersebut sebagai salah satu persyaratan.

Bahasa merupakan faktor penting dalam berbisnis. Agar dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan lain di seluruh dunia, kamu harus mengetahui bahasa yang banyak digunakan di dunia.

Salah satu bahasa yang belakangan ini semakin penting dipelajari adalah Mandarin.

Sudah bukan rahasia bahwa bahasa Mandarin memang menjadi bahasa dengan penutur asli (native speaker) terbanyak yang di seluruh dunia.

Menurut Babbel, terdapat 1,17 miliar orang yang berbicara dalam bahasa tersebut di seluruh dunia.

Tak heran jika banyak perusahaan yang menjadikan kemampuan bahasa Mandarin menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki.

Mengetahui hal ini, maka akan timbul pertanyaan lainnya, seberapa penting bahasa Mandarin digunakan dalam dunia bisnis?

Pada artikel ini, Glints akan berikan penjelasannya untukmu. Yuk, simak!

Kondisi saat Ini

© Xinhuanet.com

Tiongkok saat ini bertengger di urutan kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Dilansir dari Investopedia, negara ini memiliki GDP sebesar 14,14 triliun dolar AS.

Saat ini, sudah banyak perusahaan Tiongkok yang berhasil menjadi pemimpin di banyak bidang.

Kamu tentu tak asing dengan Alibaba, Xiaomi, Tencent, hingga TikTok. Perusahaan-perusahaan tersebut tentu telah membuka pabrik atau kantornya di berbagai negara.

Selain itu, sudah bukan rahasia juga jika banyak pekerja dari Tiongkok yang bekerja di berbagai negara.

Tentu dengan mengetahui Bahasa Mandarin, akan lebih mudah berkomunikasi dengan mereka.

Oleh karenanya, menjadi wajar jika kebutuhan akan orang yang dapat berbahasa Mandarin meningkat.

Pentingnya Bahasa Mandarin Bisnis

© Chinabusinessreview.com

Penjelasan di atas tentu memberikan pandangan mengapa menjadi penting untuk menggunakan bahasa Mandarin dalam dunia bisnis.

Selain itu, terdapat hal lain yang juga perlu diketahui.

1. Dituturkan oleh mayoritas penduduk dunia

Sebagai negara dengan jumlah penduduk tertinggi, wajar jika bahasa Mandarin banyak dituturkan di seluruh dunia.

Penduduk negeri tirai bambu ini juga kerap bermigrasi ke berbagai negara di seluruh dunia, yang tentu berdampak pada penggunaan Bahasa Mandarin dalam aktivitas sehari-hari.

2. Ekspansi perusahaan Tiongkok di berbagai bidang

Tak hanya itu, Tiongkok juga dikenal memiliki banyak perusahaan dan memproduksi beragam barang yang sering kita gunakan.

Meningkatnya kondisi bisnis di sana menuntut perusahaan asal Tiongkok melakukan ekspansi ke berbagai negara.

Hal ini tentu diikuti dengan pimpinan perusahaan, dan beberapa pekerja yang berasal dari negara aslinya.

Dengan begitu, penggunaan bahasa Mandarin tentu diperlukan sebagai komunikasi antarpekerja domestik dengan pekerja yang berasal dari Tiongkok.

Dalam berbisnis, tentu akan timbul adanya kerja sama. Sangat besar kemungkinan untuk menjadikan perusahaan Tiongkok menjadi mitra bisnis.

Oleh karenanya, tentu kerja sama akan lebih mudah terjalin jika piawai menggunakan bahasa Mandarin.

3. Baik untuk karier

Di tengah ekspansi yang luar biasa dari Tiongkok, menguasai bahasa Mandarin untuk bisnis bisa memberikan keuntungan untuk kariermu.

Kamu berkesempatan untuk memiliki banyak pilihan karier. Sebagai gambaran, kamu bisa memiliki karier yang lebih baik karena mampu berinteraksi dengan klien asal negeri tirai bambu.

Tak hanya itu, bidang karier lain yang terbuka adalah dengan menjadi penerjemah atau translator.

Menjadi penerjemah ini tak hanya terbatas pada terjemahan bahasa yang terucap. Kamu juga akan bisa menggeluti pekerjaan translator untuk media tulisan seperti buku manual instruksi.

Masih ada lagi, dengan dengan ekspansi perusahaan teknologi asal Tiongkok, berbagai karier di bidang tersebut juga bisa terbantu jika belajar bahasa Mandarin.

Kamu bisa saja lebih mudah mendapat kerja atau memiliki prospek karier lebih cerah di perusahaan asal Tiongkok jika mampu berbahasa Mandarin.

Oleh karena itu, pekerjaan sebagai programmer, business development, dan customer service juga dapat mengambil manfaat dengan mempelajari bahasa tersebut.

Itulah penjelasan singkat dari Glints mengenai pentingnya bahasa Mandarin bisnis pada kondisi saat ini.

Untuk kamu yang ingin mengetahui informasi tentang keterampilan penting lain di dunia kerja, kamu bisa berlangganan newsletter Glints.

Cukup langganan secara gratis, beragam informasi bermanfaat akan dikirim langsung ke emailmu.

Langsung daftarkan dirimu, ya!

Sumber

    The 10 Most Spoken Languages In The World

    The Top 25 Economies in the World

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”