Serba-serbi Asana: Fitur Unggulan dan Biayanya

ulinulin.com – Saat ini ada banyak aplikasi yang digunakan baik oleh individu maupun perusahaan untuk manajemen kerja. Salah satu aplikasi yang sering digunakan saat ini adalah Asana.

Asana adalah sebuah tool untuk manajemen proyek untuk tim dan individual yang sederhana dan intuitif. Tool ini memudahkan leader untuk membagi tugas kepada tim dan mengatur penjadwalan project tersebut.

Dilansir dari Usefyi, Asana didirikan oleh co-founder Facebook Dustin Moskovitz dan mantan teknisi Facebook Justin Rosenstein. Keduanya bekerja sama untuk meningkatkan produktivitas karyawan Facebook.

Aplikasi ini diluncurkan secara komersil pada April 2012. Saat ini, Asana dapat diakses melalui website ataupun aplikasi pada android dan iOS.

Fitur-Fitur Asana

© Asana

Asana terintegrasi dengan berbagai aplikasi penunjang kerja, seperti Microsoft Teams, Jira Cloud, GMail, hingga Slack. Selain itu terdapat berbagai fitur yang memudahkan manajemen proyekmu.

Fitur-fitur Asana tersebut adalah:

1. Timeline

Asana memiliki fitur timeline yang memudahkanmu untuk memetakan rancangan proyek. Rancangan proyek ini juga bisa kamu bagikan kepada rekan-rekan kerjamu yang membutuhkan.

Jika sebelumnya kamu telah memiliki timeline yang dibuat dalam bentuk spreadsheet, kamu juga bisa memindahkannya selama file tersebut memiliki format CSV.

Dengan begitu, kamu tidak perlu membuat timeline baru dalam aplikasi. Kamu juga dapat memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan timmu.

Timeline ini dapat disesuaikan dengan metode manajemen proyek yang biasa kamu gunakan. Salah satunya adalah menggunakan metode kanban yang umum digunakan dalam manajemen proyek.

2. Portofolio

Fitur ini memudahkanmu untuk mengorganisir dan melacak semua proyek timmu dalam satu halaman saja. Fitur ini juga memberikan gambaran tentang progres proyek secara real time.

Kamu juga bisa membagikan portofolio ini dengan atasan ataupun stakeholders. Hal ini membuat mereka dapat memantau progres dan status dan proyekmu.

3. Workload

Fitur berikutnya dari Asana adalah workload. Dengan fitur ini, kamu bisa mengelola beban kerja timmu secara real time. Kamu akan mendapat gambaran tentang kapasitas kerja setiap orang.

Melalui fitur ini, kamu juga bisa memberikan target terhadap masing-masing tugas, bisa berupa poin atau waktu.

Hal ini membuatmu bisa memperkirakan apakah ada rekan tim yang memiliki beban kerja terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Pilihan Paket Asana

© Asana

Asana menyediakan berbagai paket pilihan. Mulai dari basic, premium, business, dan perusahaan. Perbedaan masing-masing paket pilihan ini terletak dari harga dan fitur yang ditawarkan.

1. Paket basic

Paket basic Asana adalah paket gratis untuk tim hingga 15 pengguna. Tidak ada batasan jumlah tugas yang dapat dibuat atau pada banyak lampiran file untuk tugas.

Batasan utama untuk pengguna gratis adalah tidak adanya akses pada fitur timeline ataupun dashboard khusus.

2. Paket premium

Paket premium mematok harga 10,99 dolar AS per pengguna per bulan (ditagih setiap tahun). Fitur yang ditawarkan paket ini adalah fitur timeline, dashboard khusus, forms, hingga panel kontrol admin untuk manajer.

3. Paket business

Paket business memiliki harga 24,99 dolar AS per orang per bulan. Pilihan paket ini diperuntukkan bagi kelompok yang perlu mengelola pekerjaan lintas inisiatif.

Paket ini adalah paket yang paling banyak dipilih oleh pengguna Asana.

Paket business menawarkan semua fitur yang ada dalam paket premium, ditambah dengan fitur-fitur lainnya.

Fitur itu misalnya portofolio, workload, proofing, kemampuan untuk mengunci bagian-bagian tertentu, hingga opsi untuk berintegrasi dengan Adobe Creative Cloud.

Paket ini juga menawarkan fitur otomatisasi. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur jadwal tugas rutin sehingga tidak ada yang melupakan tugas tersebut.

4. Paket perusahaan

Asana juga menawarkan paket perusahaan yang fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut. Untuk menggunakan paket ini, kamu harus menghubungi pihak penjualan Asana terlebih dahulu.

Fitur yang ditawarkan pada paket perusahaan adalah semua fitur yang terdapat pada paket bisnis dengan berbagai tambahan yang dapat disesuaikan.

Fitur itu misalnya dukungan prioritas, kustomisasi brand agar sesuai dengan perusahaan, hingga fitur keamanan data.

Asana juga memiliki dukungan online jika kamu mengalami masalah. Platform ini menawarkan berbagai video pelatihan dan webinar melalui Asana Academy.

Selain itu, ada banyak contoh kasus penggunaan dan panduan pengembang. Ada juga forum komunitas tempat kamu bisa mendapatkan jawaban dari pengguna Asana lainnya.

Itu dia sekilas tentang serba-serbi Asana. Kamu juga bisa mencari tahu berbagai aplikasi hingga tips manajemen kerja melalui newsletter blog dari Glints. Yuk, daftar sekarang!

Sumber

    Asana’s Rise to a $1.5 Billion Valuation

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”