Sering Dilakukan, Aktivitas Ini Sebenarnya Mengganggu Konsentrasi Mengemudi

ulinulin.com

Mengemudi adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Tidak boleh ada aktivitas lain yang dilakukan selama Anda berada dibalik setir. Nyatanya, tanpa sadar Anda sering kali melakukan berbagai aktivitas sembari tetap nyetir mobil.

Berikut ini beberapa aktivitas yang sering Anda lakukan dan tanpa sadar mengganggu konsentrasi mengemudi:

1. Menggunakan Ponsel

Diseluruh dunia muncul larangan berponsel sambil mengemudi

Tanpa dipungkiri lagi, penggunakan ponsel saat berkendara adalah hal yang berbahaya. Karena itu banyak sekali larangan akan aktivitas ini. Menggunakan ponsel saat berkendara bukan hanya menelopon, namun membaca dan mengetik teks atau mengecek media sosial juga sama berbahayanya.

2. Makan dan Minum

Makan dan minum selama nyetir sama berbahayanya dengan menggunakan telepon

Sering kali Anda menyimpan beberapa makanan dan minuman di dalam mobil. Gunanya agar Anda tidak lapar atau haus saat diperjalanan atau terjebak macet. Namun ternyata makan dan minum sembari nyetir adalah aktivitas yang mengganggu konsentrasi mengemudi. Kegiatan ini dinilai sama bahayanya dengan menggunakan telepon, karena konsentrasi seseorang akan terpecah.

3. Meletakan Barang di Dasbor

Barang-barang di atas dasbor bisa saja sewaktu-waktu terjatuh

Kacamata hitam, ponsel, kepingan CD, dompet, atau kartu tol, sering kali Anda letakkan di atas dasbor ketika sedang nyetir. Alasannya, agar barang-barang tersebut mudah digapai saat dibutuhkan. Padahal ketika Anda ngerem mendadak, pasti semua barang itu akan bergeser atau jatuh. Tentunya ini akan membuat konsentrasi mengemudi Anda terganggu karena timbul hasrat ingin memungut barang-barang itu kembali. Apalagi jika barang tersebut jatuh dekat pedal-pedal gas atau rem di mobil Anda.

4. Melihat GPS

Jangan terlalu sering lihat GPS saat mengemudi

Adanya peta digital tentu saja memudahkan seseorang saat akan mencari alamat atau tujuan tertentu. Namun terkadang hal ini akan menggangu konsentrasi mengemudi Anda. Agar Anda tetap mendapat arahan menuju ke titik tujuan Anda tanpa harus selalu melihat ke arah GPS, sebaiknya Anda aktifkan fitur “Bantuan Suara”. Sehingga nantinya ada arahan kapan Anda harus belok kiri, belok kanan, putar balik, atau sudah akan tiba di lokasi tujuan melalui perintah suara dari GPS tersebut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”