Sering Terabaikan, Berikut Ini Lima Gejala Transmisi Manual Bermasalah

ulinulin.com

Jadi penghubung antara mesin dengan roda, transmisi berfungsi menyalurkan sekaligus mengubah tenaga yang dikeluarkan mesin menjadi gaya gerak mobil. Meski tidak sepraktis otomatis, mobil bertransmisi manual masih jadi pilihan karena ketahanan dan kemudahan pemeliharaanya.

Begitu juga dengan cara kerja yang lebih sederhana, sehingga saat rusak proses perbaikannya tidak serumit otomatis. Belum lagi beberapa pecinta mobil masih menganggap transmisi manual adalah cara terbaik untuk menikmati performa sebuah mobil.

Jika sudah sangat rusak, bukan tidak mungkin Anda harus mengganti keseluruhan transmisi dan itu sangat mahal

Meski demikian, Anda tidak bisa langsung beranggapan bahwa transmisi manual bebas dari masalah. Karena pasti ada saja masalah meski tidak serumit mobil matic, sebut saja kopling terasa keras, gear slip, sampai kebocoran transmisi. Jika sudah parah, biaya perbaikannya juga tidak bisa dibilang murah loh.

Tapi tenang, jangan takut dulu. Anda bisa mencegah kerusakan transmisi mobil Anda menjadi lebih parah dengan mengetahui gejala transmisi manual bermasalah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Telat respons

Putaran mesin sudah tinggi namun akselerasi mobil masih lemot? Transmisi Anda bisa jadi bermasalah

Coba Anda rasakan saat memijak pedal gas agak dalam, namun mobil melaju dengan lambat serta tidak normal? Bila anda merasakn ini, bisa jadi ada masalah pada plat kopling mobil atau kondisi plat kopling telah menipis.Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengganti plat kopling dengan yang baru.

2. Keluar suara dengungan

Tanda-tanda transmisi manual bermasalah juga dapat diketahui dari suara dengungan yang serupa dengan suara yang datang dari mesin. Bahkan juga suara ini akan jadi bertambah keras serta disertai dengan timbulnya bunyi yang serupa seperti ketukan-ketukan benda tumpul yang tengah beradu. Suara itu keluar dari sebagian komponen yang saling berbenturan di dalam transmisi karena mekanisme gerakannya yang tidak lancar. Biasanya ini disebabkan minimnya kemampuan dorong dari oli transmisi.

Oli transmisi berperan untuk memberi tekanna saat perubahan gigi berlangsung. Untuk mengatasinya segerak check keadaan oli transmisi mobil anda. Untuk mengeceknya, anda dapat memakai dipstick untuk mengukur kada volume. Bila di rasa kurang, jadi selekasnya isi kembali sampai batas maksimum yang sudah ditetapkan.

3. Bau terbakar

Hal lain yang dianggap sebagai gejala transmisi manual bermasalah adalah timbulnya bau seperti terbakar yang keluar bahkan juga sampai masuk kedalam kabin mobil. Yang berarti transmisi Anda mengalami overheating dan memerlukan oli. Peranan pelumas di sini bukan sekedar menolong gerakan komponen, tetapi juga menyetabilkan suhu komponen yang dilumasinya.

Bila bau terbakar ini mendadak keluar, jadi mengisyaratkan bila oli yang terbakar terlalu berlebih serta mengakibatkan volumenya menyusut. Untuk mengatasinya, pastikan terlebih dulu apa ada kebocoran oli transmisi atau tidak. Bila iya, jadi perbaiki penyebabnya kebocoran. Kemudian jadi selekasnya kerjakan pengisian ulang oli transmisi sampai menjangkau batas volume yang ditetapkan.

4. Susah pindah gigi

Kalau sudah susah memindahkan posisi tuas gir, kondisi transmisi Anda sudah cukup parah

Masalah ini sering kali terjadi pada mobil bertransmisi manual, biasanya diawali dengan kesulitan memindahkan gear dari posisi N ke gigi 1. Penyebabnya awal karena masalah pada penghubung tuas serta withdrawl lever. Komponen pengubung ini berbentuk tali kopling yang umumnya dipakai pada mobil-mobil lawas maupun pada master kopling mobil baru. Bisa jadi juga disebabkan komponen lain yang telah mengalami keausan, dan harus segera diganti.

5. Kopling Seret

Last but not least, gejala transmisi manual bermasalah lainnya adalah kopling yang seret. Hal semacam ini umumnya karena disk kopling yang tidak melepas saat anda memijak pedal kopling. Keadaan ini mengakibatkan pengemudi tidak bisa mengubahkan gigi karena kopling yang masih tetap ada didalam putaran mesin. Bila anda memaksakan jadi mengakibatkan timbulnya bebrapa nada seret dair dalam transmisi. Penyebabnya kopling yang seret umumnya karena kendurnya pedal kopling.

Dengan mengetahui kelima gejala transmisi manual bermasalah di atas, Anda bisa melakukan tindakan prefentif dari kerusakan lebih lanjut dengan membawa mobil Anda ke bengkel mobil atau spesialis transmisi kepercayaan Anda. Untuk tips & trik lainnya dapat Anda lihat pada link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”