Servis Pelek Peyang Atau Grepes Kini Lebih Mudah Dan Cepat

ulinulin.com

Pelek menjadi bagian dalam kaki-kaki mobil yang rentan terkena benturan atau hantaman keras ketika berkendara. Sebut saja seperti saat menerjang lubang dalam kecepatan tinggi atau tak sengaja terbentur trotoar saat parkir. Sehingga tak jarang menyebabkan pelek peyang atau grepes. Jenis kerusakan pelek tersebut paling sering menimpa. Namun jika Anda tak perlu khawatir karena kerusakan pelek seperti peyang atau grepes masih menjadi jenis kerusakan yang bisa diperbaiki atau diservis tanpa mengganggu struktur dari kekuatan pelek itu sendiri.

Pelek yang peyang membuat perputaran pelek menjadi tak balans sehingga menyebabkan getaran pada setir dalam kecepatan tertentu

Untuk servis pelek peyang atau grepes, kini lebih mudah dan cepat. Salah satunya seperti gerai Tirta Motorsport yang juga menerima perbaikan pelek. “Kalau pelek peyang bisa kita perbaiki dengan menggunakan mesin press,” ujar Rais dari gerai Tirta Motorsport Tendean, Jakarta Selatan. Sementara jika pelek grepes atau baret bisa kembali seperti semula dengan teknik ‘tambah daging’. “Jadi kita pakai bahan penambal atau filler yang disesuaikan dengan material, finishing dan warna pelek. Jadi grepes atau baret bisa diperbaiki hingga berpenampilan layaknya baru,” ujar Karman dari gerai Pesona Ban, di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Untuk memperbaiki pelek peyang bisa dengan menggunakan mesin press sehingga tak menganggu kekuatan struktur pelek

Servis pelek tersebut juga tak memakan waktu lama. Untuk memperbaiki pelek peyang atau grepes, bisa dilakukan dalam waktu maksimal 2-3 jam saja. “Tergantung kerusakannya kalau ringan bisa ditunggu,” tambah Rais. Jadi Anda bisa menyempatkan untuk memperbaiki kondisi pelek disela-sela kesibukan Anda. Untuk jasanya sendiri juga tak terlalu mahal, yakni berkisar Rp 200 hingga 300 ribuan per peleknya. Tentunya, nominal tersebut akan sangat tergantung pada tingkat kerusakannya.

Pelek grepes atau baret bisa diperbaiki hingga memiliki kondisi nyaris seperti baru

Namun servis pelek juga ada batasannya. Jenis kerusakan seperti pelek pecah atau retak merupakan kerusakan yang sulit untuk diperbaiki. “Kalau pecah atau retak bisa saja kita perbaiki tapi akan mempengaruhi kekuatan pelek dan biasanya tak bertahan lama,” wanti Karman. Namun jika Anda merasa setir bergetar akibar pelek peyang atau terganggu tampilan akibat pelek yang grepes atau baret, tak ada salahnya untuk mampir di bengkel spesialis ban atau pelek untuk segera diperbaiki.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”