Sesuaikan Kebutuhan, Kenali Tiga Mode Berkendara Yang Umum Digunakan

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/10/18/6kDubyiR/vw-driving-mode-sele-046d.jpg”>

Salah satu fitur yang mulai banyak digunakan pada mobil-mobil modern adalah mode berkendara. Bila dahulu fitur ini hanya ditemui pada mobil mewah seperti Mercedes-Benz atau BMW, kini sudah bisa ditemui pada mobil-mobil seperti Nissan Serena atau Toyota Kijang Innova. Meski begitu sistem dan cara kerja antara fitur mode berkendar dengan mobil premium berbeda dengan merek massal tersebut.

Beberapa mobil menampilkan pilihan mode berkendara pada head unit

Umumnya ada tiga mode berkendara yang sering ditemukan, mulai dari mode Normal, Eco dan Sport. Ada perbedaan antara ketiga mode tersebut, apa saja bedanya? Kapan juga waktu yang tepat menggunakan setiap mode tersebut? Berikut kami paparkan informasinya.

1. Mode Eco

Saat mode Eco diaktifkan, komputer akan mengatur mesin menjadi lebih hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Salah satu yang membuat terasa mode ini aktif adalah putaran mesin terjaga pada putaran rendah disertai perpindahan gigi yang lebih cepat di awal. Selain itu pada panel instrumen, biasanya ada lampu indikator Eco yang menyala untuk memberi tanda bahwa mode ini sedang aktif. Mode ini tentu akan sangat efektif bila ANda ingin menghemat bahan bakar atau sisa bahan bakar yang sedikit dan posisi jauh dari SPBU.

Toyota Kijang Innova terbaru juga disematkan fitur mode berkendara melalui tombol

2. Mode Sport

Bila Anda berorientasi kecepatan dan tenaga, mode sport ini akan memanjakan dengan pengaturan komputer yang membuat pedal gas lebih responsif. Selain itu perpindahan gigi dibuat pada putaran mesin yang tinggi agar mencapai tenaga maksimal dan umumnya diatas 3.000 rpm.

Namun perubahan tidak hanya di mesin untuk mobil mewah tapi juga suspensi terasa lebih keras ketika mode sport diaktifkan. Mode ini akan efektif digunakan saat di jalan tol dalam kondisi jalan kosong. Meski membuat mesin lebih responsif dan kencang, Anda tetap harus mematuhi rambu lalu lintas seperti batas kecepatan maksimal agar tetap aman di jalan.

Salah satu perbedaan mode berkendara paling terasa adalah respon mesin seperti RPM yang lebih agresif

3. Mode Normal

Mode normal membuat mobil lebih fleksibel sesuai dengan gaya mengemudi, bila ingin kencang bisa injak pedal gas lebih dalam atau bila ingin menghemat bahan bakar bisa lebih halus menekan pedal gasnya. Mesin juga tidak dipaksa apakah harus menghemat bahan bakar atau lebih kencang. Pada mode normal ini sering disebut sebagai mode Comfort. Mode ini cocok digunakan ketika Anda sedang berkendara sehari-hari.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”