Situ Buleud, Destinasi Wisata Hits dengan Sejuta Keindahan di Purwakarta

ulinulin.com – Situ Buleud adalah sebuah situ yang sangat terkenal di Purwakarta sekaligus menjadi tempat persinggahan Obor Asian Games 2018. Situ Buleud adalah suatu lokasi wisata yang sebelumnya menjadi hutan dan tempat badak bercula satu untuk berkubang. Terdapat patung badak sebagai simbol bahwa objek wisata cantik ini dulunya merupakan kawasan perkubangan badak bercula satu.

Semenjak tahun 2014, situ ini diresmikan menjadi lokasi wisata yang terbuka untuk umum. Objek wisata satu ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Situ Buleud ini cukup luas yaitu sekitar 4 hektar yang terletak tepat di tengah-tengah Kota Purwakarta.

Situ Buleud yang berarti danau yang berbentuk bulat ini merupakan sebuah objek wisata yang dapat dikunjungi oleh siapapun. Pemandangan indah nan asri akan dapat Anda nikmati secara puas dan aman di kawasan wisata cantik ini. Terdapat banyak lampu-lampu berwarna-warni dan daya tarik lainya yang akan menemani waktu liburanmu disini. Ulasan dibawah ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai situ indah satu ini. Jadi, yuk simak penjelasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Buleud

Situ ini menawarkan sejuta keindahan yang dapat Anda nikmati secara langsung. Anda tidak hanya dapat memandang danau bulat saja namun banyak daya tarik lainnya yang dapat Anda rasakan secara bersamaan. Berikut merupakan daya tarik dari situ cantik satu ini:

1. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman air indah ini merupakan salah satu daya tarik terbesar di wisata situ elok ini. Pasalnya taman air merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan keindahan air mancur yang ditampilkan bersamaan dengan indahnya warna-warni lampu sekitar air mancur. Air mancur Sri Baduga ini merupakan air mancur terbesar yang ada di Indonesia. Atraksi di taman indah ini akan berlangsung hanya pada hari Sabtu malam. Jadi pastikan Anda dapat mengunjunginya, ya.

2. Terdapat Banyak Ikan

Untuk Anda yang menyukai atraksi pemberian makan ikan, Situ Buleud ini sangat sesuai untuk Anda. Di situ elok satu ini, Anda dapat melihat banyak ikan seperti ikan koi dan ikan mas yang dapat Anda beri makan, namun makanan ikan sudah disediakan sehingga pengunjung tidak diperbolehkan memberi makanan yang bukan seharusnya kepada ikan. Anda dapat memandangi indahnya danau, ikan, dan udara segar secara bersamaan. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan memancing atau mengambil ikan yang ada di kolam ini.

3. Trek Jogging dan Sepeda

Anda dapat memanfaatkan wisata cantik ini sebagai wilayah untuk berolahraga baik untuk jogging atau bersepeda. Hal ini dikarenakan tersedianya trek untuk sepeda dan jogging sekitar danau. Anda akan dapat berolahraga dengan santai ditemani dengan sejuknya udara, indahnya danau, dan suasana yang membuat Anda tentunya akan lebih bersemangat untuk berolahraga.

4. Spot Menikmati Indahnya Sunset

Banyak remaja yang mengunjungi tempat bersejarah satu ini untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset. Kegiatan ini juga umumnya dipenuhi dengan kegiatan berswafoto karena kejadian ini akan sangat berkesan dan sulit ditemukan di tempat lainnya

5. Panggung untuk Pergelaran Seni

Terdapat sebuah panggung yang dapat digunakan untuk menggelar konser, pertunjukan tari, atau kegiatan lainnya yang membutuhkan panggung sebagai medianya. Panggung ini umumnya digunakan oleh masyarakat setempat untuk menggelar acara besar berupa pertunjukan tari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Situ Buleud terletak di Desa Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Anda dapat mencapai lokasi situ cantik ini dengan menggunakan Google maps karena titik situ indah ini sudah terdapat di aplikasi tersebut sehingga Anda tidak perlu repot untuk menghapal atau bertanya kepada warga sekitar untuk sampai ke lokasi situ cantik satu ini.

Untuk Anda yang ingin menggunakan angkutan umum, Anda dapat naik angkot 03 jurusan Ciganea ke arah Simpang. Anda juga dapat berjalan menuju lokasi situ indah ini dari Stasiun Purwakarta karena jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 300 meter. Akses yang tersedia cukup lengkap sehingga Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Untuk menikmati keindahan situs nan megah ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Anda dapat langsung masuk tanpa membayar biaya masuk atau retribusi apapun. Hal ini memungkinkan untuk Anda yang masih remaja atau yang belum berpenghasilan untuk mengunjungi lokasi situ indah ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Buleud

Banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di situ bersejarah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berolahraga

Sebagian besar pengunjung yang mengunjungi Situ Buleud pada pagi dan sore hari bertujuan untuk melakukan kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga yang sering dilakukan oleh pengunjung adalah jogging dan bersepeda. Kegiatan ini didukung dengan tersedianya trek untuk jogging dan sepeda. Selain itu terdapat suatu wilayah yang dapat digunakan sebagai tempat senam bersama yang umumnya digunakan oleh pengunjung yang datang secara berkelompok untuk melakukan kegiatan senam.

2. Memberi Makan Ikan

Terdapat beberapa jenis ikan di danau ini diantaranya adalah ikan koi dan ikan mas. Ikan-ikan ini dapat Anda nikmati keindahannya dan Anda dapat memberi makan ikan tersebut menggunakan makanan yang sudah disediakan. Pemberian makanan ikan diluar aturan akan dilarang karena dapat membahayakan Kesehatan ikan dan ekosistemnya.

3. Berswafoto

Memiliki pemandangan yang indah serta suasana yang sangat tentram membuat tidak jarang pengunjung untuk datang hanya untuk berfoto atau mengabadikan suasana indah situ cantik ini. Terdapat banyak spot foto yang terkenal di situ indah satu ini salah satunya adalah spot sunset yang menyuguhkan kuning dan indahnya pemandangan dari matahari terbenam. Untuk Anda yang menyukai kegiatan hunting foto, situ hits satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

4. Berjalan-Jalan

Kegiatan wisata umumnya dihabiskan dengan kegiatan jalan santai. Anda dapat menikmati keindahannya dengan mengitari seluruh Situ Buleud dengan berjalan santai. Jika Anda lelah, akan terdapat bangku-bangku yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat sementara sebelum melanjutkan perjalananmu.

5. Menikmati Pertunjukan Air Mancur

Pertunjukan air mancur akan dilakukan setiap Hari Sabtu malam. Dalam pertunjukan ini akan disuguhkan pemandangan indah dari air mancur terbesar di Indonesia dilengkapi dengan hiasan lampu-lampu sorot indah dengan berbagai warna, serta umumnya akan ada pertunjukan tari tradisional. Untuk menikmati pertunjukan ini jangan sampai Anda datang di hari yang salah, ya.

6. Naik Becak

Jika Anda ingin mengitari seluruh taman namun tidak ingin kelelahan, Anda dapat menggunakan fasilitas becak yang tersedia di situ indah satu ini dengan membayar biaya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Dengan biaya ini, Anda dapat menikmati indahnya seluruh situ tanpa mengeluarkan keringat yang berlebih.

7. Bersantai di Taman

Terdapat sebuah taman yang dapat Anda gunakan sebagai tempat bersantai baik sendiri, maupun bersama teman, pasangan, atau keluarga. Taman yang ada menawarkan udara yang segar dan suasana yang sejuk karena sekitar situ terdapat pepohonan hijau yang menyumbang oksigen segar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Situ

Berkunjung ke Situ Buleud, Anda akan menemukan beragam fasilitas yang cukup memadai, seperti:

    Air Mancur – Air Mancur Sri Baduga merupakan fasilitas utama yang umumnya menjadi daya tarik bagi pengunjung. Air mancur ini didesain mengelilingi Patung Sri Baduga. Air mancur ini digunakan dalam pertunjukan yang hanya dibuka satu hari dalam seminggu.

    Toilet Umum – Akan disediakan toilet untuk pengunjung. Toilet yang disediakan cukup bersih dan nyaman untuk digunakan.

    Mushola – Untuk Anda yang beragama Islam, Anda dapat melakukan kewajiban Sholat Anda di wilayah situ cantik ini karena sudah tersedia Mushola di dalamnya. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mencari tempat untuk menunaikan kewajiban Anda sebagai umat beragama Islam.

    Pintu Masuk Bagi Lansia, Disabilitas dan Ibu Hamil – Situ Buleud tidak hanya diperuntukkan untuk remaja, namun kepada semua kalangan. Bahkan terdapat bantuan khusus untuk saudara kita yang memiliki disabilitas, ibu hamil, bahkan lansia berupa penyediaan pintu masuk khusus agar dapat masuk ke lokasi wisata dengan baik dan aman.

    Bangku-Bangku – Bersantai di sekitar situ atau danau dengan menggunakan bangku yang disediakan oleh pengelola tentunya akan memudahkan dan membantu Anda dalam menikmati kegiatan wisata Anda. Bangku yang disediakan pun cukup nyaman dan cantik sehingga Anda dapat berlama-lama menghabiskan waktu Anda di situ cantik ini.

    Trek Jogging dan Sepeda – Terdapat trek jogging dan trek sepeda di sekitar danau yang dibuat untuk pengunjung yang ingin berolahraga pada pagi atau sore hari. Anda dapat berolahraga di tempat wisata eksotis ini hanya pada pagi dan sore hari.

    Panggung – Tersedia panggung yang umumnya digunakan sebagai pentas pertujukan musik, tari, dan pertujukan lainnya. Panggung ini banyak dikerumuni umumnya pada saat sabtu malam karena terdapat acara yang diselenggarakan di panggung ini.

Demikian ulasan mengenai Situ Buleud di Purwakarta lengkap dengan daya tariknya yang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Semoga informasi ini bisa dijadikan referensi Anda untuk menemukan kesan wisata yang lebih baik dan menyenangkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”