Situ Sangiang, Pesona Alam Eksotis yang Sarat Mitos di Majalengka

ulinulin.com – Situ Sangiang merupakan destinasi terkenal di Majalengka, dan menjadi salah satu yang wajib untuk dikunjungi. Pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam berupa pepohonan yang besar di pinggiran Danau. Dengan berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut, udaranya sangat sejuk. Birunya air Danau beserta hijaunya alam akan membuat mata terpesona.

Tempat wisata ini dianggap sebagai nilai bersejarah, karena dipercaya bahwa danau inilah yang menjadi sebab hilangnya kerajaan Talaga Manggung serta terdapat makam sultan yang dikenal dengan Sunan Parung. Selain menjadi objek wisata alam, juga menjadi tempat wisata religi. Pengunjung sekalian dapat berziarah ke makam Sunan Parung.

Selain dianggap tempat yang memiliki nilai sejarah, Situ Sangiang juga dipercaya sebagai tempat yang keramat. Terdapat banyak ikan yang bergerombolan, namun ikan tersebut tidak boleh ditangkap apalagi memakannya. Masyarakat sekitar percaya jika memakan ikan tersebut akan membawa musibah untuk keluarga beserta keturunannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Sangiang

Situ Sangiang merupakan sebuah nama Danau yang terdapat di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pemandangan alam yang masih terjaga menjadi daya tarik sendiri untuk pengunjung. Wisata ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi, hampir dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Kebanyakan dari mereka datang untuk berziarah serta menikmati pemandangan.

1. Memiliki Bentang Alam yang Indah

Selama perjalanan menuju ke wisata tersebut, pengunjung akan disuguhkan dengan pepohonan beserta tumbuhan yang masih alami. Ini yang membuat udara masih asri, segar, dan sejuk. Pemandangan ini terbentang luas hingga sampai ke bibir Danau. Danau tersebut merupakan bagian dari kawasan Gunung Ciremai sehingga tetap terjaga kelestariannya.

Memiliki luas 100 hektar untuk hutan alami serta Danau yang luasnya 19 hektar, membuat para pengunjung tidak ada hentinya untuk menelusuri area wisata tersebut. Selama penelusuran pengunjung akan melihat hewan liar seperti lutung, surii, hingga kijang dan pohon-pohon yang umurnya sudah ratusan tahun.

2. Memiliki Nilai-Nilai Historis

Selain bentang alam yang indah, Situ Sangiang juga menjadi peminat pengunjung karena memiliki nilai-nilai historis berupa cerita sejarah menarik. Konon, terdapat kerajaan Talaga Manggung yang dipimpin oleh Sultan Manggung. Kerajan ini mengalami kemajuan, namun ketika menikahkan anaknya bersama Patih Palembang, kerajaan ini mengalami kemunduran.

Kemunduran disebabkan karena Patih Palembang mengkhianati Sultan Manggung. Kemudian pada akhirnya kerajaan ini hilang dan hanya tinggal kubangan air besar yang dinamakan dengan Danau.

3. Memiliki Karakter dan Mitos

Daya tarik lainnya dari Situ Sangiang adalah memiliki ciri karakter berbeda dari pada Danau lainnya. Dimana ketika curah hujan sedang tinggi air danau akan surut, begitu pun sebaliknya ketika musim kemarau air danau akan naik hingga permukaan.

Hal ini akan membantu masyarakat sekitar, tidak akan kekurangan air pada musim kemarau dan kebanjiran pada musim hujan.

4. Memiliki Spot Terbaik

Dengan hamparan pohon yang menjulang tinggi, hutan-hutan terjaga, beserta air danau kebiruan dapat dijadikan sebagai spot foto terbaik untuk liburan, prewedding, hingga para model. Para pengunjung dapat melihat indahnya Danau dari dekat atau pun dari ketinggian Gunung Ciremai. Hal inilah yang membuat mata terasa dimanjakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi wisata ini terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Untuk rutenya sangat mudah sekali, karena telah tersedia plang-plang di setiap belokan jalan untuk menuju Situ Sangiang. Tempat ini sangat ramai pengunjung ziarah para wali, sehingga hampir semua orang tidak asing lagi dengan wisata tersebut.

Jarak yang dapat pengunjung tempuh adalah 27 km dengan waktu sekitar 48 menit hingga 1 jam dari alun-alun Majalengka dengan menggunakan kendaraan. Selama waktu perjalanan pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan sekaligus lintasan jalan yang bagus. Sehingga pengunjung tidak akan terasa melewati waktu selama itu.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali menuju wisata Situ Sangiang. Pengunjung dapat menanyakan mengenai rute kepada warga sekitar, sekaligus dapat menggunakan Goggle Maps. Hal ini sangat memudahkan pengunjung dalam mencari lokasi yang dituju. Sesampainya di sana, telah tersedia tempat parkir untuk berkendara sepeda, motor, mobil, angkot, hingga bus.

Harga Tiket Masuk Danau Wisata

Liburan merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini. Pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp 15.000 per orang agar dapat menuju ke Situ Sangiang. Tidak perlu khawatir, karena wisata ini buka 24 jam. Jadi Anda dapat menikmati pemandangan di siang hari mau pun malam hari.

Untuk para pengunjung diharapkan datang pada saat cuaca yang cerah dan pergi sebelum hari mulai gelap. Ditakutkan untuk para pengunjung yang belum hafal terkait lokasi tersebut bisa tersesat saat berada di alam bebas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Sangiang

1. Penjelajah Alam

Wisata ini menjadi tempat paling cocok untuk penjelajah alam bebas. Karena hutan ini masih alami dan selalu terjaga ekosistemnya. Sehingga tumbuhan-tumbuhan langka masih tersedia dan berbagai hewan-hewan liar pun masih banyak. Untuk para penjelajah pramuka diharapkan harus berhati-hati dan didampingi dengan orang dewasa.

Namun, hutan wisata ini tidak diperbolehkan untuk camping, menghidupkan api unggun, dan memakan ikan dari hasil Danau. Karena dipercaya oleh penduduk sekitar wisata tersebut keramat dan mistis.

2. Bersepeda Menuju Danau

Bagi Anda pecinta sepeda, wisata ini adalah tempat yang cocok untuk berolahraga menggunakan sepeda.

Terdapat jalur khusus yang bisa dilewati dengan sepeda, masyarakat sekitar biasa melakukan aktivitas pagi atau sore untuk menikmati pemandangan alam Situ Sangiang menggunakan sepeda. Walaupun jalanan banyak belokan, tidak menjadi penghalang rintangan.

3. Berziarah

Selain berwisata untuk menikmati pemandangan alam yang cantik, pengunjung dapat berziarah ke makam Sunan Parung untuk memanjatkan doa. Liburan sekalian mencari pahala pastinya akan membuat Anda tenang.

4. Menelusuri Danau

Untuk para pengunjung yang berkeinginan menelusuri Situ Sangiang. Wisata tersebut menyediakan perahu atau sampan untuk berkeliling di air Danau nan indah ini. Selain itu, pengunjung dapat memberi makan segerombolan ikan yang cantik-cantik. Dengan ini para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang cantik dengan lebih dekat.

5. Tempat Piknik untuk Keluarga

Pengunjung dapat berpiknik atau berkumpul di pinggiran Danau atau di bawah pohon-pohon besar bersama keluarga. Hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk berlibur bersama keluarga sambil dimanjakan pemandangan yang indah dan sejuknya suasana pegunungan. Namun, para pengunjung tidak diperbolehkan mengotori tempat wisata dan merusak tanaman di sekitarnya.

6. Berfoto-foto

Para pemuda-pemudi biasa melakukan hal ini untuk memenuhi galeri mereka jika sedang berkunjung di Situ Sangiang. Karena tempatnya yang indah dapat menambah baground foto-foto Anda. Para pengunjung dapat mengambil foto-foto dengan lebih dekat maupun dari ketinggian Gunung Ciremai.

7. Bersantai di Rumah Pohon

Para pengunjung yang sedang berlibur biasa menghilangkan penat mereka sambil bersantai di rumah pohon. Pohon-pohon yang besar mampu dijadikan sebagai rumah pohon agar pengunjung dapat leluasa memandang Danau dari ketinggian tanpa harus ke Gunung Ciremai. Pengunjung sambil bersantai bisa menikmati berbagai minuman seperti wedang jahe, kopi, dan minuman segar lainnya.

8. Belanja Sayur-Sayuran

Karena tempat wisata ini memiliki suhu yang sejuk, banyaknya sayuran yang ditanam di sekitar kawasan wisata. Para pengunjung bisa belanja atau membeli sayuran segar untuk dibawa pulang ke rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Danau

Fasilitas merupakan penyedia, tempat, atau alat sebagai penunjang keunikan dan memiliki manfaat. Setiap tempat wisata memiliki sebuah fasilitas. Situ Sangiang memiliki beberapa fasilitas sebagai pendukung wisata yang dapat menambah kenyamanan para pengunjung. Berikut beberapa fasilitasnya:

    Gazebo – Gazebo merupakan tempat atau ruang-ruang yang terbuka. Biasanya sangat cocok sebagai tempat kumpul. Di wisata ini, berkumpul di gazebo sambil disuguhkan dengan pemandangan alam serta hawa sejuk.

    Tempat Parkir – Para pengunjung tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraan, karena telah tersedia tempat dan tukang parkir. Sehingga kendaraan akan rapi dan aman.

    Mushola – Terdapat mushola untuk beribadah, para pengunjung tidak perlu khawatir ketika sudah memasuki waktu sholat.

    Warung Wisata – Di wisata ini terdapat banyak sekali warung-warung penjual makanan dan khas oleh-oleh Kabupaten Majalengka. Selain itu, para pengunjung dapat membeli aksesoris dari wisata ini.

    Toilet Umum – Tersedia banyak toilet untuk para pengunjung agar tidak kesulitan untuk buang air kecil.

    Spot Foto Intagenic – Terdapat fasilitas spot foto yang sengaja dibuat. Ini akan menambah tempat-tempat foto di wisata ini. Spot foto yang dibuat tidak kalah menarik dengan pemandangan alami, malah menambah perpaduan dari keduanya menambah keindahan.

    Rumah Pohon – Tempat bersantai yang cocok dengan menikmati pemandangan indah milik Danau sangiang.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas, dan rute menuju kawasan wisata Situ Sangiang di Majalengka. Fasilitas dan indahnya pemandangan membuat para pengunjung semakin nyaman dan puas untuk menikmati masa liburan mereka.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”