Skincare Routine Sederhana dan Efektif untuk Kulit Kering

ulinulin.com – Kulit yang kering rentan mengalami masalah kulit lainnya. Beberapa diantaranya adalah tekstur terasa kasar, gatal, kemerahan, luka-luka, mengelupas dan sensitif. Tidak sedikit orang yang memiliki kulit kering dengan masalah seperti ini.

Mengurus kulit kering pun terbilang tricky, bahkan tidak sedikit orang keliru dalam mengambil langkah. Untuk itu, kamu perlu mengetahui skincare routine yang tepat untuk kulit kering agar kulit tetap terjaga kelembapannya serta tampak sehat.

Langkah Penting Untuk Perawatan Wajah Kering

Sebenarnya perawatan untuk jenis kulit apapun terasa sama, yakni cleansing, toning, treatment, dan moisturizing. Namun yang membedakan adalah produk apa saja yang digunakan dan bagaimana langkah yang tepat agar kulit terjaga kelembapannya.

1. Lakukan Tahap Cleansing dengan Produk yang Tepat

Pemilik kulit kering biasanya sulit menemukan pembersih yang cocok untuk kulit kering dan tidak terasa stripping di wajah. Karena itu, setidaknya lakukan tahap cleansing dengan micellar water atau dengan air di pagi hari untuk menghilangkan residu produk skincare malam.

Kemudian pada malam hari, wajib lakukan double cleansing untuk menghilangkan kotoran, debu, minyak, dan lainnya. Tahap pertama, bersihkan sisa makeup atau angkat kotoran dengan cleansing oil, milk cleanser, atau sejenisnya. Kemudian dilanjut membersihkan wajah dengan sabun.

Idealnya sabun wajah cukup digunakan sekali agar kulit tetap lembap. Namun jika dirasa kurang nyaman, cleansing gel bisa jadi solusi bila ingin mencuci muka dua kali sehari. Produk ini dapat membuat kelembapan kulit tetap terjaga sekaligus mempersiapkan kulit untuk dipoles dengan produk lainnya.

Opsi lainnya adalah dengan meggunakan sabun yang mengandung glycerin untuk memberikan efek melembapkan dan melembutkan wajah sehabis dibersihkan.

2. Gunakan Toner yang Tepat Untuk Toning Kulit

Pada tahap ini gunakan hydrating toner, di mana jenis toner ini berfungsi memberikan hidrasi pada kulit yang kering. Gunakan hydrating toner pagi dan malam setiap harinya dalam keadaan setengah kering setelah membersihkan wajah. Selain menambah hidrasi wajah, toner pun berfungsi untuk menyegarkan wajah.

Selain hydrating toner, kulit kering juga tetap membutuhkan exfoliating toner yang bisa digunakan dua kali dalam seminggu. Kulit kering biasanya memiliki sel-sel kulit mati yang mengendap, dan exfoliating toner dapat membantu melepas sel kulit mati tersebut agar tidak menumpuk dan menjadi sarang bakteri penyebab jerawat.

Saat memilih toner, kamu bisa mencari kandungan yang baik untuk kulit kering. Hydrating toner biasanya diperkaya dengan asam hialuronat atau Hyaluronic Acid, Sodium Ascorbyl Phosphate, dan Vitamin E yang baik untuk menghidrasi kulit kering.

Sementara untuk memilih exfoliating toner, bisa gunakan produk exfoliating toner dengan kandungan AHA. Karena selain mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, AHA pun mampu mempercepat regenerasi sel kulit.

3. Berikan Treatment Tambahan Pada Kulit

Merawat kulit kering memang cukup sulit, apalagi bila memiliki masalah kulit yang sangat kering. Biasanya, menggunakan produk perawatan dasar saja tidak cukup untuk mengatasi masalah ini. Tentunya, kulit pun butuh produk penunjang untuk menjaga kelembapannya.

Pada tahap ini biasanya produk essence dan serum bisa jadi pilihan untuk menunjang cara kerja produk perawatan dasar. Gunakan essence setelah toner untuk menunjang kerja toner dan menambah hidrasi kulit. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan serum.

Serum yang digunakan pun bisa beragam, tergantung target yang ingin dicapai. Misalnya, jika ingin meningkatkan kelembapan sekaligus mencerahkan kulit, gunakan serum yang mengandung Niacinamide. Bisa juga gunakan serum Hyaluronic Acid yang ditunjang dengan bahan aktif lainnya.

4. Tutup dengan Pelembap

Setelah kondisi kulit sudah mulai lembap atau setengah kering, kamu bisa langsung menggunakan pelembap. Hal ini dilakukan agar pelembap dapat bekerja dengan baik sekaligus mengunci kadar air pada kulit.

Selain mengunci kelembapan dan kadar air pada kulit, pelembap pun berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit yang kering. Hal ini juga berlaku apabila kulit sering terpapar sinar matahari yang membuat kulit terasa lebih kering dari biasanya. Cukup gunakan pelembap untuk menenangkan kulit.

Khusus kulit kering, gunakan pelembap dengan kandungan yang baik untuk menghidrasi kulit seperti Glycerin, Hyaluronic Acid, Ceramide, Peptide, dan masih banyak bahan aktif lainnya. Biasanya, pelembap yang diperuntukkan kulit kering pun memiliki tekstur yang berbeda.

Sementara itu, ada kandungan lainnya yang perlu diperhatikan bagi kulit kering. Biasanya terdapat bahan alami pada produk juga yang baik untuk melembapkan kulit seperti minyak alpukat, minyak jojoba, shea butter, dan masih banyak lagi.

Pelembap untuk kulit kering umumnya memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal dari losion, lebih tepatnya terasa seperti krim. Tentunya tekstur krim ini mampu memberikan kelembapan yang tahan lama dan mencegah kulit terasa kasar dan flaky bila dibandingkan losion.

Treatment Lainnya yang Perlu Diperhatikan

Selain Penggunaan produk di atas, ada hal lain juga yang perlu dilakukan untuk pemilik kulit kering. Jika di atas adalah perawatan kulit yang dilakukan setiap hari dan setahap demi setahap. Kali ini adalah treatment tambahan yang perlu dimasukkan juga dalam treatment dasar kulit kering.