Subaru Indonesia Bocorkan Model Baru Meluncur Bulan Depan, Bisa Tebak?

ulinulin.com – JAKARTA – Subaru Indonesia akhirnya resmi mengungkap model baru apa yang akan diluncurkan untuk pasar Indonesia tahun ini. Model baru ini akan menjadi yang pertama dipasarkan oleh Plaza Subaru sebagai APM (agen pemegang merek) baru Subaru di Indonesia, sebelum disusul oleh banyak model lainnya.

Oleh Subaru, model baru ditunjukkan melalui foto teaser yang ditampilkan saat menggelar acara buka puasa bersama media pada hari Rabu (20/4/2022) kemarin. Sosok yang hanya menunjukkan garis LED lampu depan itu sangat mencirikan Subaru Forester model terbaru. Tidak heran karena mengingat secara global tren pasar otomotif memang sedang gandrung model SUV (Sport Utility Vehicle).

Teaser forester terbaru ini juga sudah diunggah oleh Subaru melalui media sosial resminya, salah satunya di Instagram @subaru.indonesia. Disebut jelas dalam video reels pendek tersebut bahwa model yang dimaksud akan berjenis dan meramaikan pasar SUV. Jadwal peluncuran model baru pertama sudah ditentukan untuk kuartal ke-2 tahun 2022 ini. Bahkan tanggalnya sudah diungkap, yaitu diluncurkan pada tanggal 18 Mei 2022.

“Yang jelas hingga saat ini persiapan kami untuk meluncurkan produk terbaru di kuartal kedua masih on track sesuai rencana. Pada hari ini pun kami pertama kali akan membagikan sedikit informasi lebih lanjut tentang produk dan tanggal peluncuran, yang akan kami luncurkan dalam waktu yang tidak berapa lama lagi,” kata Arie Christopher, COO Subaru Indonesia.

Dijelaskan lebih lanjut, Arie mengatakan bahwa model baru ini telah melalui tahap uji alias test drive sejauh 20.000 kilometer dalam persiapannya menyapa pasar Tanah Air. Pengujian tersebut melalui berbagai kriteria sampai uji ketahanan yang diwajibkan oleh instansi pemerintah terkait katanya. Hal itu demi membuat produk baru ini memenuhi ekspektasi pasar.

Soal Forester sendiri, model yang akan meluncur adalah generasi kelima dengan kode body SK, yang telah beredar sejak tahun 2018. Tentunya yang akan diluncurkan di sini adalah versi facelift yang telah Subaru berikan untuk model year 2022. Wujudnya sedikit terlihat dari siluet LED DRL pada teaser yang disertai pendaran fog lamp yang cukup menampilkan bentuk body yang boxy khas SUV.

Tentunya produk Subaru akan menonjolkan teknologi khasnya yaitu mesin Boxer dan sistem penggerak Symmetrical All-Wheel Drive (AWD). Soal mesin, ada tiga pilihan tersedia untuk Forester, yaitu 1.8 liter turbo (CB18), 2.0 liter (FB20), dan 2.5 liter (FB25). Semuanya mesin bensin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis Lineartronic CVT.

Selain itu, Forester terbaru juga sudah mengusung rangkaian teknologi keselamatan standar yang dikemas sebagai Eyesight Driver Assist Technology. Beberapa fitur keselamatan yang ada di antaranya Subaru DriverFocus Distraction Mitigation System, yang bisa mendeteksi ketika pengemudi hilang fokus atau mengantuk di perjalanan. Bahkan sistem ini bisa mengenali lima profil pengemudi berbeda, untuk bisa mengatur posisi jok, spion, dan setelan AC.

Varian atau spesifikasi seperti apa Subaru Forester yang akan meluncur di Indonesia bulan depan, kita akan mengetahui persisnya saat peluncuran nanti.

Bukan hanya Forester, Arie juga mengatakan bahwa Subaru akan membawa beberapa model lainnya untuk diperkenalkan di Indonesia tahun ini. Tidak tertutup kemungkinan juga bahwa model lain tersebut akan diluncurkan pada tahun ini.

“Jadi ada beberapa model yang confirmed akan kita perkenalkan tahun ini. Jadi tahun ini tidak akan ada satu tapi berapa jumlah modelnya saya belum bisa ngomong,” tambah Arie saat ditanya lebih lanjut.

Beberapa model lain yang kemungkinan akan dibawa seperti tentunya Impreza sebagai ikon Subaru, lalu Legacy, XV, dan BRZ generasi terbaru. Menurut kami itu beberapa model yang kemungkinan besar akan menyusul Forester di Indonesia, mengingat popularitasnya di pasar global juga.

Diungkap juga bahwa Subaru Indonesia akan hadir ikut serta di GIIAS 2022 yang dijadwalkan bulan Agustus mendatang. Hal ini menyusul status Subaru yang sudah menjadi anggota resmi GAIKINDO per bulan April 2022 ini.(WAHYU HARIANTONO)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”