Subaru Siapkan Mobil Sport Listrik Debut di Tokyo Auto Salon 2022

ulinulin.com – TOKYO – Mobil listrik dengan orientasi performa tinggi akan hadir dari Subaru, yang dijadwalkan melantai di Tokyo Auto Salon 2022. Masih berupa konsep, mobil listrik ini disebut akan menandai era listrik dari divisi performa Subaru, yaitu STI. Bahkan nama yang sudah diungkap menandakan dimulainya “era” baru ini, yaitu STI E-RA Concept.

Debut STI E-RA Concept akan dibarengi dengan diperkenalkannya konsep versi STI Performance untuk beberapa model lain. Disebutkan model-model tersebut antara lain WRX S4, Levorg, dan BRZ terbaru. Bahkan informasi ini telah disertai pula dengan foto teaser konsep yang dimaksud di atas.

Dengan menampilkan fascia depan yang agresif, STI E-RA Concept dijelaskan sebagai “model studi kendaraan motorsport untuk era netral karbon”. Maka dari itu, belum tentu konsep ini akan dibawa ke jalur produksi dalam waktu dekat nantinya. Tapi kemungkinan besar konsep ini akan menjadi prototipe mobil balap bertenaga listrik untuk basis pengembangan teknologi dari Subaru.

Selain itu, teaser juga mengisyaratkan akan diperkenalkannya elemen desain baru yang akan diterapkan pada model Subaru akan datang. Contohnya seperti lampu depan LED berbentuk seperti C yang diposisikan cukup rendah di area fender. Lalu bonnet dengan ventilasi ganda, logo STI menyala di grille, lalu bumper depan dengan splitter besar.

Meski tidak disebutkan informasi mengenai spesifikasi powertrain, kita tahu kalau mobil ini akan gunakan motor listrik murni. Konsep motorsport masa depan bertenaga listrik akan menjadi salah satu sajian utama Subaru di Tokyo Auto Salon 2022. Tapi seperti dikatakan di atas, akan ada debut beberapa model konsep dengan label “STI Performance” juga.

Konsep pertama dari lini STI Performance adalah WRX S4 yang mendapatkan peningkatan dari sisi aerodinamika. Terlihat highlight warna jingga menyala pada eksteriornya, seperti di spion luar, lip spoiler depan-belakang, dan side skirt juga. Ini adalah versi dress up dan upgrade pertama dari WRX generasi baru, yang diperkenalkan tahun ini. Dibandingkan WRX S4 STI Sport R yang sudah dijual di Jepang, tampilannya lebih agresif dan sporty, namun belum ketahuan apakah ada upgrade performa juga.

Lalu disusul oleh konsep Levorg STI Performance, yang disebut berbasis pada varian Levorg STI Sport R. Subaru akan menyajikan aksen merah pada komponen aerodinamika, knalpot sport, dan berbagai ubahan yang tingkatkan sisi kegunaan station wagon kencang ini. Kemudian model ketiga adalah BRZ STI Performance, yang akan mendapatkan sejumlah upgrade performa dari STI.

Tidak ketinggalan, Subaru juga akan pamerkan mobil balap mereka yang sukses menjuarai kategori di Super GT, yaitu BRZ GT300 2021. Penampilannya akan disertai dengan pengumuman Subaru mengenai tim balapnya untuk tahun 2022. Bahkan pengunjung yang beruntung di Tokyo, akan berkesempatan memenangkan WRX STI Sport R EX untuk dibawa pulang sebagai hadiah.WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”