Sudah Benarkah Posisi Kaki Mengemudi Mobil Anda?

ulinulin.com

Bila mobil Anda bertransmisi manual artinya memiliki tiga pedal di bagian bawah kaki. Masing-masing pedal kopling, rem, dan gas. Berbicara mengenai posisi pedal ini, ada kebiasaan buruk yang dianggap kerap dilakukan sebagian pengemudi, yakni selalu meletakkan kaki kiri di atas kopling. Padahal meletakkan kaki kiri di atas kopling merupakan kebiasaan yang salah. Karena bisa membuat pengendara lebih reflek menginjak pedal kopling saat dihadapkan pada situasi darurat.

Letakkan kaki kiri di foot rest bila tersedia saat mengemudi mobil transmisi otomatis

Untuk posisi kaki mengemudi mobil manual yang benar, posisi kaki kiri disarankan tidak beranjak dari kopling artinya hanya difungsikan untuk mengoperasikan kopling. Namun bukan berarti terus menginjak kopling atau biasa disebut menggantung. Jika ini dilakukan bisa membuat kopling menjadi aus atau kopling slip.

Selain itu dikhawatirkan juga saat menginjak rem, kopling akan ikut terinjak. Sedangkan untuk posisi kaki kanan berada di tengah diantara pedal gas dan rem, disaat hendak jalan ya sudah pasti posisi kaki menginjak pedal gas dan saat mengerem menginjak pedal rem. Sudah paham bukan? Tetapi bagaimana posisi kaki mengemudi mobil bertransmisi otomatis?

Tidak disarankan menggunakan kaki kiri untuk mengerem karena berbahaya

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi manual kemudian berganti mengemudikan otomatis akan merasakan perasaan kaku dan kikuk ketika mengemudikannya. Hal ini disebabkan oleh yang biasanya menggunakan dua kaki untuk bekerja dan mengatur laju mobil, namun untuk mobil dengan transmisi otomatis hanya sebatas kaki kanan saja.

Sehingga untuk kaki kiri ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan. Seperti meletakkan kaki kiri di bagian floor board yang umumnya disediakan oleh pabrikan. Namun pastikan kaki tertekuk kurang lebih 90 derajat untuk menjaga reflek pengemudi tetap aman dalam berkendara. Hindari kaki selonjor meski rileks tetapi tidak tepat untuk kondisi darurat.

Tips penggunaan fitur Auto Brake Hold dari Cintamobil TV

Beberapa pengemudi juga sering menekuk kaki dan menyelipkannya dibawah paha kaki kanan. Ini justru berbahaya karena bisa menganggu peredaran darah. Akibatnya rasa lelah dan capek lebih cepat terasa. Membiarkan kaki beristirahat di foot rest akan lebih baik untuk mendapatkan posisi kaki mengemudi mobil otomatis yang ideal. Jadi, sudah benarkah posisi kaki mengemudi mobil Anda?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”