Sudah Tahu Manfaat Tranexamic Acid untuk Kulit?

ulinulin.com – Seiring waktu, inovasi dalam skincare terus berkembang. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya kandungan skincare yang disinyalir punya khasiat untuk merawat kulit. Belakangan ini nama tranexamic acid atau asam tranexamat popular karena manfaatnya dalam mengatasi hiperpigmentasi. Apakah hanya itu? Nah, artikel ini akan membahas berbagai manfaat dari zat asam ini lebih lanjut.

Di industri kecantikan, asam tranexamic acid mungkin belum begitu familiar. Namun, jika diperhatikan beberapa merek skincare terkenal baik lokal dan luar negeri mulai menambahkan zat asam ini pada produk kecantikan yang dikeluarkannya. Pasalnya tranexamic acid punya khasiat yang menjanjikan dan pastinya aman digunakan. Nah, apa itu tranexamic acid dan manfaatnya bagi kulit?

Penggunaan Tranexamic Acid Yang Tepat

Berbeda dengan zat asam lainnya yang biasa digunakan dalam berbagai produk skincare, tranexamic acid tidak akan membuat kulit terkikis atau menjadi agen eksfoliator bagi kulit. Namun, sebagai salah satu bahan aktif dalam perawatan kulit, penggunaan tranexamic acid tidak bisa sesuka hati.

Ada aturan pakai yang aman digunakan bagi kulit agar kandungan zatnya bisa bekerja dengan baik merawat kulit, bukan malah merusak kulit. Meskipun sudah banyak produk perawatan kulit yang menggunakan zat asam ini, namun menemukan toner atau pelembap dengan kandungan tranexamic acid lebih sulit. Pasalnya zat ini kebanyakan ditemukan dalam bentuk serum.

Di samping itu, kemungkinan tranexamic acid bisa didapatkan dari perawatan kulit khusus berupa injeksi asam traneksamat pada skin treatment tertentu. Namun, jika ingin menjajal zat asam ini dalam rangkaian perawatan kulitmu, produk yang berbentuk serum memang pilihan yang terbaik.

Tidak disarankan langsung mencoba treatment injeksi kecuali ada kasus tertentu yang mengharuskan dilakukannya tindakan tersebut, itupun harus sesuai dengan anjuran ahli.

Manfaat Tranexamic Acid untuk Kulit

Dulu, kandungan ini lebih banyak digunakan sebagai obat minum. Obat ini diklaim dapat menghambat sintesis tyrosinase pada melanin sehingga dapat mencerahkan wajah. Tidak hanya itu, Tranexamic Acid juga punya manfaat lainnya untuk kulit. Nah, penasaran ‘kan apa saja manfaat dari tranexamic acid bagi kulit? Penjelasan selanjutnya akan lebih menarik. Simak yuk!

1. Perawatan Anti-Aging yang Baik

Dilansir dari Elle.com, tranexamic acid diyakini dapat mengatasi tanda penuaan pada wajah. Zat asam ini mempunyai sifat yang bekerja sebagai agen depigmentasi. Ia mengacaukan jalur kimia yang menyebabkan pigmentasi pada kulit.

Penggunaan tranexamic acid yang berbentuk oles atau topikal dapat membantu mengatasi melasma yang timbul saat terjadi kehamilan dan bintik hitam pada wajah akibat penuaan. Zat asam ini juga berpengaruh pada kadar kelembapan dan produksi sebum pada wajah.

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Melindungi kulit dari dampak buruk akibat terpapar sinar matahari tidak cukup hanya dengan menggunakan tabir surya. Kita memerlukan produk kecantikan yang mengandung vitamin C dan produk lain dengan kandungan tranexamic acid yang cukup tinggi.

Kombinasi zat ini menjadi bahan yang efektif untuk menghindari kulit dari kerusakan akibat sering terkena sinar matahari. Apalagi jika kamu sering berada di luar dan terkena polusi dan berbagai kotoran yang menempel pada wajah. Tranexamic acid dan vitamin C yang mengandung antioksidan tinggi akan menjadi pelindung wajah yang baik sehingga kulit akan aman meskipun diterpa sinar UV.

3. Mencerahkan Warna Kulit

Permasalahan kulit, terutama bagi orang Asia, yang sering dihadapi adalah warna kulit yang lebih gelap dan kusam. Banyak alasan yang dikemukakan oleh orang-orang mengapa mereka ingin punya warna kulit yang lebih cerah. Oleh sebab itu, produk dengan iming-iming mencerahkan kulit laris manis di pasaran.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang ingin mendapatkan warna kulit lebih cerah, banyak merek skincare yang memasukan tranexamic acid ke dalam kandungan bahan-bahan produknya. Pasalnya, zat ini punya manfaat yang bagus sekaligus aman untuk mencerahkan warna kulit yang kusam dan mengalami pigmentasi tinggi.

Beberapa merek skincare luar negeri bahkan melakukan rekayasa pada tranexamic acid untuk dijadikan sebagai bahan yang efektif untuk kulit dengan klaim mampu mengatasi kulit gelap dalam waktu yang relatif cepat.

4. Meratakan Warna Kulit Wajah

Salah satu efek buruk seringnya terpapar sinar matahari adalah warna kulit yang tidak merata, apalagi untuk kamu yang berhijab. Tidak heran jika bagian wajah yang tertutup hijab dan terekspos mempunyai warna yang berbeda. Warna kulit yang tidak merata ini cukup mengganggu karena kita jadi tidak percaya diri saat tampil melepas hijab atau tampil dengan muka polos.

Nah, selain mempunyai khasiat untuk mencerahkan warna kulit, tranexamic acid juga membantu meratakan warna kulit wajah. Fakta mengejutkan ini terjadi saat paramedis memberikan terapi obat yang mengandung tranexamic acid pada pasien.

Setelah beberapa lama, mereka mendapati bahwa warna kulit pasien yang luka menjadi lebih rata. Selanjutnya, tranexamic acid mulai digunakan sebagai bahan skincare lantaran khasiatnya yang bagus untuk mengatasi permasalahan kulit belang.

Skincare dari Jepang dan Amerika sudah banyak menggunakan asam tranexamat ke dalam produk perawatan kulit yang berfokus pada perbaikan warna kulit yang lebih merata.