Sudahkah Anda Mengaplikasikan Dashcam Mobil? Inilah 7 Alasan Anda Harus Memilikinya

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/10/30/FdbNczfb/owl-car-cam-2-ad3f.jpg”>

Dashcam, Digital Video Recorder (DVR) atau Event Data Recorder (EDR) adalah sebuah kamera yang diposisikan pada kabin atau bodi luar mobil yang mampu merekam aktivitas secara berkala. Dari fungsi tersebut, akhirnya terciptalah banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengaplikasikan Dashcam mobil. Berikut Cintamobil.com menyimpulkan 7 alasan untuk memiliki Dashcam mobil.

Salah satu contoh Dashcam mobil yang memiliki banyak fungsi

FUNGSI DASHBOARD CAMERA

1. Bukti Otentik Kecelakaan

Bayangkan saja, ketika tiba-tiba sebuah mobil menyerobot dari arah samping dan hampir menimbulkan potensi kecelakaa dengan kendaraan Anda. Bahkan, tak sedikit dari pelaku tersebut datang lalu marah-marah kepada Anda untuk membuktikan bahwa dia benar dan Anda yang salah.

Hasil video dari Dashcam mobil bisa menjelaskan duduk perkara dari kecelakaan

Dalam kasus seperti itu, Dashcam sangat penting untuk menjadi sebuah bukti otentik kecelakaan. Tentu dari rekaman yang ada, Anda bisa membuktikan siapa yang benar dan salah dalam kejadian ini. Tak perlu berdebat panjang, Anda cukup memberikan cuplikan video tersebut kepada pelaku dan dijamin mereka akan tersipu malu akan kesalahannya sendiri.

2. Tindakan Kriminal

Tak jarang juga terjadi pemukulan atau aksi kriminal lainnya antara pelaku dengan Anda, untuk membuktikan bahwa pelaku adalah pihak yang benar. Bukankah cukup menjengkelkan apabila sudah tahu pelaku yang lalai dalam berkendara lalu memukul Anda yang benar? Dalam hal ini, Dashcam bisa menjadi alat yang efektif untuk merekam segala kejadian dan menyerahkan kepada pihak berwajib. Tak perlu repot-repot menjelaskan kepada polisi tentang kejadiannya, cukup berikan video tersebut maka Anda akan memenangkan kasus ini.

Dashcam mobil juga mampu merekam kejadian krimal yang menimpa Anda

3. Terhindar Dari Pungutan Liar

Di era saat ini, banyak sekali oknum polisi yang terkadang menyudutkan para pengendara mobil dengan melakukan penilangan tak beralasan. Namun jika memang Anda benar dalam hal berkendara, Anda bisa memanfaatkan Dashcam untuk membuktikan bahwa Anda benar dan tidak perlu adanya penilangan.

Video dari Dashcam mobil juga bisa menjadi alat bukti untuk terhindar dari kasus pungutan liar

4. Memantau Mekanik

Di sisi lain, Dashcam juga memiliki fungsi untuk memantau mekanik ketika melakukan proses servis. Tak sedikit orang yang terkadang kurang mempercayai mekanik terutama ketika tidak pantau secara langsung oleh Anda. Menjawab hal ini, Dashcam bisa memonitor proses kerja mekanik yang bahkan ketika Anda masih keluar untuk makan siang atau melakukan kegiatan lainnya. Lewat fungsi dashcam, kendaraan menjadi lebih terproteksi meskipun Anda sedang berpergian.

Anda juga bisa meninggalkan proses servis tanpa khawatir dengan adanya Dashcam yang dapat memantau proses kerja mekanik

5. Pejalan Kaki

Tak jarang juga, sering ditemukan banyak pejalan kaki yang menyebrang jalan tanpa hati-hati. Seperti halnya yang marak akhir-akhir ini adalah berjalan kaki sambil memainkan Handphone mereka. Sehingga bukannya fokus pada jalan tapi sibuk mengetik pesan atau lainnya. Hal inilah yang sering menjadi alasan utama penyebab kecelakaan.

Tak sedikit menemukan pejalan kaki yang sibuk dengan Gadget-nya, Dashcam dalam hal ini bisa menjadi bukti jika Anda sudah berkendara dengan benar

Terkadang banyak dari oknum seperti ini, menyalahkan pengendara bermotor dan hendak memperkarakannya ke jalur hukum. Dalam hal ini, Dashcam mobil mampu memberikan fungsi supaya Anda terhindar dari masalah tersebut. Catatan audio dan video, bisa menjadi bukti kuat akan kebenaran Anda dan merekalah yang salah.

6. Penipuan Bermodus Kecelakaan

Di negara China misalnya, sudah banyak diamati kasus penipuan bermodus kecelakaan. Banyak dari oknum tersebut sengaja menabrakkan diri dan berpura-pura terluka dan menyalahkan pengendara. Namun jangan salah, modus macam ini umumnya adalah taktik untuk mendapatkan klaim dana asuransi kesehatan milik mereka. Dengan adanya Dashcam mobil, Anda bisa terhindar dari kasus modus seperti ini dengan memberikan bukti video bahwa oknum tersebutlah yang sengaja menabrakkan diri.

Dashcam juga mampu menghindarkan Anda dari penipuan bermodus kecelakaan

7. Mengabadikan Momen

Hobi Videography yang kini sedang marak, membuat Dashcam menjadi salah satu alat yang harus Anda miliki. Fungsinya terbilang menarik seperti mengabadikan momen video berwisata bersama keluarga ataupun sahabat. Di sisi lain, alat satu ini juga sangat cocok untuk Anda yang hobi membuat video musik ala Youtuber. Coba Anda amati salah satu contoh video di bawah ini.

Video Midnight Drive yang menggunakan Dashcam di New York City

HARGA DASHBOARD CAMERA

Tak perlu bingung sobat, harga Dashboard Camera nyatanya terbilang cukup terjangkau. Dari hasil pengamatan kami, harganya dipatok mulai Rp. 150 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung spesifikasi dan fungsinya. Hal yang kami maksudkan adalah kualitas dashcam seperti High Definition (HD), tersedia fitur navigasi, kapasitas ruang penyimpanan, Wi-Fi dan hal menarik lainnya. Namun itu semua kembali kepada selera dan kebutuhan Anda.

Harga Dashcam bervariasi tergantung spesifikasi dan fitur yang ada di dalamnya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”