Suhu Kabin Mobil Bisa Mengancam Nyawa, Apa Penyebabnya?

ulinulin.com

Menginvestigasi hal tersebut sekelompok peneliti mencoba mencari tahu sebetulnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk suhu kabin mobil meningkat sampai batas mematikan. Eksperimen yang dipublikasi dalam jurnal Temperature ini dilakukan dengan suhu udara sekitar 35 derajat celsius.

Mobil yang terparkir dibawah terik matahari lebih cepat panas suhu dalam kabin

Diketahui dalam waktu satu jam suhu kabin mobil dapat meningkat sampai rata-rata 47 derajat celsius. Suhu di dasbor lebih tinggi mencapai 69 derajat celsius dan suhu bangku penumpang mencapai 51 derajat celsius.

Sementara itu ketika mobil parkir di bawah bayangan teduh, dalam satu jam suhu kabin mobil mencapai rata-rata 38 derajat celsius. Suhu dasbor mencapai 42 derajat celcius sedangkan bangku penumpang mencapai 41 derajat celsius.

Tentu bila anak-anak terperangkap dalam kabin dengan suhu kabin mobil tersebut maka udara terasa sangat lembap. Ketika udara lembap maka suhu tubuh tidak bisa turun karena keringat tidak menguap.

Jangan pernah meninggalkan anak Anda di dalam mobil sendiri meski hanya sebentar

Ketika suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat celcius maka risikonya adalah heat stroke. Kondisi itu terjadi ketika tubuh tidak bisa lagi mengendalikan suhu dan terjadi kegagalan fungsi organ. Nah, sudah paham bukan bahwa suhu kabin mobil bisa mengancam nyawa bila disepelekan. Semoga berguna tips dari kami.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”