Suki Kuah Tom Yum, Menu Penghangat Saat Hujan

ulinulin.com – Tom Yum Suki/ Foto: Shutterstock

Dream – Akhir pekan biasanya anggota keluarga ingin makan bersama dengan menu yang berbeda dari biasanya. Bagaimana kalau membuat tom yum suki yang kuahnya begitu menghangatkan.

Rasa gurih, pedas dan asam bercampur jadi satu. Cocok jadi menu utama untuk keluarga. Ikuti saja resep simpelnya berikut. Dijamin pada semangat makan, meskipun hanya di rumah.

Bahan :- 400 gram chikuwa, bakso ikan, fish dumpling, stick crab- 2 buah tahu putih- 4 bungkus jamur enoki- 3 ikat sawi putih- 1 ikat sawi hijau

Bahan Kuah Tom Yum:- 500-700 ml air- 5 butir bawang merah- 4 siung bawang putih- 1 butir kemiri- 5 buah cabe merah keriting

Bumbu Pelengkap kuah:- 1 cm jahe geprek- 1 ruas lengkuas geprek- 1 lembar daun jeruk- 1 batang serai geprek- 1 sdm saus sambal- 1/4 sdt lada bubuk- Secukupnya garam dan gula- 1/2 buah jeruk nipis

© Shutterstock

Cara membuat :- Haluskan seluruh bahan kuah tomyum dengan ulekan atau blender- Panaskan minyak, tumis bumbu tomyum hingga keluar aromanya harumnya- Masukkan serai, jahe, dan lengkuas geprek serta daun jeruk- Tambahkan air, saus sambal, lada, garam, dan gula. Tes rasa- Sesaat sebelum api dimatikan, masukkan perasan jeruk nipis- Saat ingin dinikmati, nyalakan kembali api, tunggu hingga kuah mulai hangat- Masukkan bahan isian, sajikan hangat-hangat

Sumber: Diadona

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai ‘etalase’.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Ini Sebabnya Kuah Tom Yum Sering Disajikan di Restoran AYCE

Dream – Ketika berjalan-jalan ke luar negeri, banyak orang mencicipi makanan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Wisata kuliner bisa membuat momen berkunjung ke suatu tempat menjadi lebih berarti.

Apalagi, jika kamu mengunjungi negara di benua Asia yang kulinernya sangat beragam. Rasanya belum lengkap jika tidak menyicipi makanan lokalnya.

Sayangnya selama pandemi Covid-19, perjalanan keluar negeri menjadi semakin sulit. Kini, biaya pesawat maupun penginapan pun kian meningkat imbas naiknya harga minyak dan meredanya kasus Covid-19.

Jika ingin lebih hemat biaya, kamu bisa mencicipi kudapan khas negara yang ingin dikunjungi. Misalnya ketika ingin liburan ke Thailand, kamu bisa membuat Tom Yum. Bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan di supermarket agar bisa mendapatkan rasa yang autentik.

Terlepas dari kudapan yang lezat, pernahkah Sahabat Dream penasaran mengapa Tom Yum begitu digemari masyarakat lokal? Padahal, rasanya cukup unik dan tajam. Makanan Thailand lain juga kerap menjadi favorit di berbagai restoran.

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Berdasarkan penuturan Bhornbhat Punngok, Direktur Kantor Atase Perdagangan Thailand, Jakarta, cita rasa makanan Thailand yang unik menjadi daya tarik utama bagi orang Indonesia.

” Umumnya, orang Indonesia tidak terlalu sering makan makanan asam. Tapi, tom yum rasanya sedikit asam. Jadi, rasanya berbeda dan baru. Mungkin, itu alasannya tom yum sangat populer,” ujarnya dalam pembukaan acara GrandLucky Superstore ‘Experience Thailand 2022’ di SCBD, Jakarta Selatan, Rabu 6 Juli 2022.

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain itu, tom yum banyak ditemukan di berbagai restoran yang tidak menyajikan khusus makanan Thailand, seperti saat menyantap makanan All You Can Eat (AYCE). Hal itu menunjukkan bahwa tom yum, terutama kuahnya sangat cocok dipadukan dengan jenis makanan lain serta cocok untuk lidah lokal.

” Sebenarnya, produk (masakan) Thailand bisa dicampur dengan masakan Indonesia. Mix and match. Masakan Indonesia dan Thailand bisa dicampur menjadi menu yang lezat” .

Selain tom yum, padthai, tom kha kai, mango sticky rice, serta som tam atau salad pepaya bisa jadi santapan khas Thailand yang wajib dicoba. Semua makanan tersebut juga bisa dibuat di rumah.

Jika ingin membeli bahan masakan, makanan, buah-buahan, atau minuman khas Thailand, kamu bisa mengunjungi pameran ‘Experience Thailand 2022’ di GrandLucky SCBD dan Mall of Indonesia dari 6-17 Juli 2022.

© GrandLucky Superstore

Foto: GrandLucky Superstore

Di samping bahan makanan dan minuman, kamu juga bisa menyaksikan demo memasak masakan khas Thailand dari chef di restoran Tom Tom serta memenangkan lucky dip dengan hadiah voucher penginapan serta restoran.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”